Sukses


Legenda Liverpool Bicara Sketsa Barcelona dan Real Madrid pada Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Barcelona dan Real Madrid menjadi dua kuda pacu yang secara tradisi terjadi lagi pada musim ini. Hal itu terlihat dari klasemen sementara La Liga 2018-2019. Dua raksasa tersebut berada di atas.

Hingga jornada 4, Barcelona berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi 12 poin. El Barca unggul 2 angka dari Real Madrid. Latar selisih adalah hasil berbeda pada akhir pekan lalu; Barcelona menang, Real Madrid tertahan di markas Bilbao.

Legenda Liverpool, Luis Garcia, memiliki pendapat guna menggambarkan Barcelona dan Real Madrid. Bagi pria berusia 40 tahun tersebut, Barcelona memiliki 'kecerdasan' di atas rata-rata dalam membaca kebutuhan masa depan.

Satu di antaranya terlihat dari kedatangan Arthur, Lenglet dan Malcolm. Seperti dirilis La Liga, Garcia menganggap trio tersebut memiliki komponen sebagai bintang, dan itu terlihat saat sesi pramusim.

Arthur punya kepercayaan diri, Malcolm bermain tajam dan cepat, sementara Lenglet menjadi alternatif berharga di area pertahanan. "Tim Barcelona sangat bagus tahun ini. Menurut saya, Barcelona sangat fokus di pentas Liga Champions, tapi tidak melupakan La Liga, karena itu juga hal penting," ucap Garcia.

Ucapan Garcia terlihat dari bagaimana Ernesto Valverde membagi tim. Hal itu berujung hasil sempurna pada 4 laga awal di panggung La Liga dan satu kemenangan pada ajang Liga Champions kontra PSV Eindhoven, dua hari lalu.

Kekuatan Barcelona tergolong berimbang di setiap sisi. Walhasil, mereka sudah mencetak 14 gol dan kebobolan 3 gol dalam persaingan La Liga. Surplus 11 gol menjadi yang tertinggi dibanding tim lain di liga domestik paling bergengsi Spanyol tersebut.

Produktivitas tersebut selaras dengan catatan tak terkalahkan. Pada jornada 1 (18/8/2019), Barcelona menekuk Alaves dengan skor 3-0, lalu membekap Real Valladolid (1-0, 25 Agustus 2018), berpesta gol ke gawang Huesca (8-2, 2 September2018) dan menggulung tuan rumah Real Sociedad, Sabtu (15/9/2018), dengan skor 2-1 di San Sebastian.

 

2 dari 2 halaman

Ancaman dari Real Madrid

Sementara itu, dari sisi Real Madrid, Luis Garcia menganggap faktor Cristiano Ronaldo menjadi pemicu. Ia mengaku, efek positif ketiadaan CR7 bakal lebih besar. Artinya, ada beberapa individu yang dulu 'terkekang', kini bisa bermain dengan cara mereka sendiri.

"Saya melihat Benzema, Isco, Asensio sampai Gareth Bale bisa tampil menawan, dan itu sudah terlihat dalam empat pekan awal," sebut Garcia. Ia yakin, para pemain tersebut bakal tertantang tampil maksimal saat tak ada Cristiano Ronaldo.

Secara khusus, Garcia menyebut kehadiran Thibaut Courtois menjadi kekuatan anyar yang bisa memberi keseimbangan pada Real Madrid. "Ini adalah Real Madrid yang baru dan berbeda, sehingga saya yakin Barcelona tak boleh lengah," tegas alumni tim junior Barcelona ini.

Ucapan Garcia merujuk pada agresivitas permainan Real Madrid. Sebelum meraih hasil imbang 1-1 kontra Athletic Bilbao, akhir pekan lalu, El Real memetik tiga kemenangan. Pada raihan maksimal tersebut, mereka mampu mencetak 10 gol.

Gawang yang menjadi korban antara lain Getafe (2 gol), Girona (4 gol) dan Leganes (4 gol). Bagi Garcia, komponen skor tersebut menjadi bukti konsistensi, dan menjadi ancaman bagi Barcelona.

Sumber: La Liga

Video Populer

Foto Populer