3 Bek Tengah Incaran Barcelona Persiapan sebagai Pengganti Gerard Pique

Oleh Liputan6.com pada 24 Okt 2018, 10:00 WIB
Barcelona-Sevilla

Jakarta - Barcelona selalu mengandalkan Gerard Pique di lini belakang dalam beberapa musim terakhir. Namun ketergantungan Barca terhadap Pique nampaknya harus diakhiri dalam waktu dekat.

Maklum bek timnas Spanyol itu sudah berusia 31 tahun. Sementara lawan Barcelona selalu punya deretan lini depan yang menakutkan.

Seiring bertambahnya usia, tentu saja permainan Pique akan ikut menurun. Padahal klub sebesar Barcelona membutuhkan bek tangguh yang bisa bermain di level tertinggi.

Meski usianya sudah 31 tahun, Pique memang masih bisa bermain untuk Barcelona selama beberapa tahun lagi. Namun, Blaugrana juga harus mulai mencari penggantinya.

Berikut ini tiga bek yang bisa diproyeksikan sebagai pengganti Gerard Pique di Barcelona seperti dilansir Sportskeeda.

 

 

2 of 4

1. Matthijs de Ligt

Matthijs de Ligt
Matthijs de Ligt (OLAF KRAAK / ANP / AFP)

Barcelona sudah mengejar De Ligt dan dia adalah pilihan yang tepat untuk klub. Bek tengah berusia 19 tahun itu bermain untuk Ajax dan tim nasional Belanda.

Manajemen Barcelona terlihat semakin yakin untuk mengejar pemain muda tersebut setelah Samuel Umtiti mengalami cedera dan mengurangi opsi pemain bertahan. Cedera atau suspensi lainnya akan memaksa Barcelona memanggil pemain dari Tim B.

Pada musim ini, pemain internasional Belanda itu sudah bermain dalam tujuh pertandingan dan Ajax tidak terkalahkan. Dalam tujuh pertandingan tersebut, Ajax hanya kebobolan satu gol dan pertandingan itu berakhir dengan hasil imbang.

De Ligt tidak bermain ketika Ajax menelan kekalahan. Dia adalah aset bagi tim dan dengan menurunnya performa Pique, De Ligt bisa meningkatkan pertahanan Barcelona dengan berduet dengan Samuel Umtiti.

3 of 4

2. Virgil van Dijk

Final Liga Champions-Liverpool-Real Madrid
Bek Liverpool, Virgil van Dijk berusaha mengontrol bola saat sesi pelatihan di stadion Anfield, Inggris (21/5). Final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid akan berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskiy di Kiev. (AFP Photo/Paul Ellis)

Virgil van Dijk adalah pemain lainnya yang bisa menggantikan Gerard Pique di Barcelona. Van Dijk memiliki segalanya, fisik untuk memenangkan bola dari lawan, kecepatan dan bisa mengambil keputusan yang tepat ketika pemain lawan menekan.

Dia adalah tembok tebal di Premier League untuk Liverpool sejauh ini. Berduet dengan Clement Lenglet atau Samuel Umtiti akan membuat Barcelona tidak sering membuat kesalahan di lini belakang.

Dalam delapan penampilan Van Dijk di Premier League musim ini, Liverpool hanya kebobolan tiga gol dan juga mencatatkan clean sheet dalam 4 pertandingan.

4 of 4

3. Eric Bailly

FOTO: Marcus Rashford Antar Manchester United Bungkam Liverpool
Bek Manchester United, Eric Bailly bersitegang dengan striker Liverpool, Dominic Solanke pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (10/3/2018). MU menang 2-1 atas Liverpool. (AFP/Oli Scarff)

Salah satu bek tengah paling agresif saat ini adalah Eric Bailly. Meski Manchester United belum mendapat permainan terbaiknya pada musim ini, Bailly bisa meningkatkan kekuatan lini belakang Barcelona.

Eric Bailly dan Samuel Umtiti bisa membentuk duet tangguh di jantung pertahanan Barcelona. Hal itu bisa membuat tugas Marc-Andre ter Stegen di bawah mistar semakin lebih mudah.

Musim ini Bailly tidak terlalu sering diturunkan oleh Jose Mourinho dan baru terlibat dalam lima pertandingan untuk Setan Merah di Premier League sejauh ini. Bailly baru berusia 24 tahun dan bisa menjadi aset berharga bagi Blaugrana.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓