Menguji Ketangguhan Barcelona Tanpa Messi

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 24 Okt 2018, 17:35 WIB
Barcelona vs Sevilla

Jakarta Barcelona akan menjamu Inter Milan di Camp Nou tanpa kehadiran Lionel Messi pada matchday 3 Grup B Liga Champions 2018/19, Kamis dini hari WIB (25/10). Padahal Barcelona membawa modal positif setelah berhasil memperbaiki performa mereka menyusul kemenangan 4-2 atas Sevilla, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Barcelona meraih rangkaian hasil kurang baik. Dalam enam laga terakhir, Barcelona hanya dua kali menang; empat laga lainnya berakhir dengan tiga hasil imbang dan satu kekalahan.

Namun, sinyal positif Barcelona bakal terganggu lagi setelah mereka harus kehilangan bintangnya Lionel Messi gara-gara cedera. Messi mengalami cedera retak tulang lengan kanan dan diperkirakan akan menepi selama tiga pekan.

Kabar buruknya Messi akan absen dalam pertandingan melawan Inter. La Pulga juga dipastikan akan absen di pertandingan El Clasico yang akan dihelat pada Minggu 28 Oktober 2018 mendatang.

Absennya Messi tentu akan menjadi kerugian tersendiri bagi Barcelona. Pasalnya Messi adalah pemain dengan keterlibatan gol paling tinggi di La Liga musim ini.

Dalam sembilan pertandingan, Messi sudah mencetak tujuh gol dan lima assist. Itu artinya Messi terlibat langsung dalam separuh gol Barca musim ini.

2 of 4

Kerugian

Lionel Messi
Megabintang Barcelona, Lionel Messi mengerang sambil memegangi sikut kanannya setelah mendarat tak sempurna saat terjatuh dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Minggu (21/10). Messi cedera saat Barca mengalahkan Sevilla. (AP/Manu Fernandez)

Barcelona memang masih memiliki pemain-pemain hebat, seperti Ousmane Dembele, Ivan Rakitic, Luis Suarez atau Philippe Coutinho. Namun, tanpa Messi Barcelona jadi sedikit diragukan.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, sangat menyayangkan cedera lengan kanan yang menimpa Messi, setelah berbenturan dengan pemain Sevilla, Franco Vazquez.

"Ini kerugian yang signifikan mengingat siapa yang kami bicarakan. Kami tahu apa yang bisa Leo berikan kepada kami, apa artinya bagi oposisi ketika Messi di tim kami," ungkap Valverde dikutip dari ESPN.

3 of 4

Ketergantungan

Barcelona Hajar Boca Juniors 3-0 di Camp Nou
Penyerang Barcelona, Lionel Messi berselebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Boca Juniors pada pertandingan Piala Joan Gamper di stadion Camp Nou, Spanyol (15/8). Barcelona menang telak 3-0 atas Boca Juniors. (AP Photo/Manu Fernandez)

Ketiadaan Messi di lapangan selama ini selalu dikaitkan dengan hasil buruk Barcelona. Harapan Barcelona terhadap pemain Argentina ini memang sangat tinggi, sehingga muncul istilah Messidependencia, atau ketergantungan terhadap Messi.

Namun, sebenarnya situasi ini tak harus selalu dikhawatirkan. Messi sendiri sebenarnya sudah mengisyaratkan agar timnya tetap tenang jika tidak ada dirinya.

Selain itu, data statistik juga menunjukkan sebaliknya. Dalam 22 pertandingan Liga Champions tanpa Messi, Barcelona meraih 17 kemenangan; sisanya berakhir dengan tiga hasil imbang dan satu kekalahan.

4 of 4

Belajar Menang

Barcelona vs Sevilla
Pemain Barcelona, Philippe Coutinho, merayakan gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Sevilla pada laga La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu (20/10). Barcelona menang 4-2 atas Sevilla. (AFP/Lluis Gene)

Sebelumnya, rekan satu timnya, Luis Suarez, meminta rekan-rekannya untuk belajar menang tanpa Messi.

"Dia [Messi] yang terbaik di dunia," kata Suarez seperti dikutip Marca. "Namun, kami tidak boleh tergantung pada Leo untuk mengatasi segalanya."

Menurut psikolog sepak bola, Oriol Mercade, Barcelona harus segera mengurangi ketergantungan pada Messi jika ingin sukses di Eropa.

Oriol pun berpendapat bahwa Valverde harus segera membereskan masalah tersebut agar tak berkepanjangan dan kian memperburuk Barcelona. Caranya pun tidak terlalu sulit, yakni mempersiapkan tim untuk melakukan pergerakan khusus setiap kali mereka kebobolan.

Lanjutkan Membaca ↓