Sukses


Sensasi Baru Teknologi Tiga Dimensi pada El Clasico Akhir Pekan Ini

Bola.com, Jakarta - El Clasico jilid pertama bakal berlangsung akhir pekan ini, tepatnya Minggu (28/10/2018) malam WIB. Barcelona akan menjadi tuan rumah bagi Real Madrid, yang menjadi pertarungan wajib tonton bagi Sahabat Bola.com.

Meski tak ada Cristiano Ronaldo dan jagoan tuan rumah, Lionel Messi yang masih cedera, faktor gengsi kekuatan tradisional dan perebutan posisi di klasemen sementara, membuat El Clasico tetap menarik. Tak pelak, ratusan juta pemirsa televisi bakal menantikan ragam atraksi para seniman lapangan hijau Barcelona dan Real Madrid.

Sadar dengan animo penonton di luar stadion, otoritas La Liga sudah menyiapkan teknologi terbaru yang bakal memberi sensasi khusus kalah menonton via televisi. Kali pertama siaran El Clásico musim ini menggunakan teknologi audio yang membuat penonton merasa seperti berada di tengah lapangan.

Kali ini, La Liga akan menggunakan teknologi inovatif guna menghadirkan pengalaman menonton pertandingan sepak bola terbaik bagi para penggemarnya di seluruh dunia. Siaran El Clásico akan kembali diproduksi dengan menggunakan resolusi 4K-HDR berkat 30 kamera UHD (Ultra High Definition) yang disematkan di sekitar Camp Nou.

Siaran El Clásico tahun ini juga menggunakan teknologi suara yang canggih. Nantinya, penonton bisa merasakan suasana pertandingan secara nyata, seolah-olah mereka berada di stadion. Sistem baru ini mampu melacak bola melalui perekaman otomatis dan mengaktifkan mikrofon di sekitarnya.

Penonton dapat mendengar semua hal yang terjadi di lapangan, mulai dari sorakanpenggemar hingga tendangan ke gawang. Uniknya lagi, sistem ini mampu tetapmenghormati privasi pemain saat berbincang di lapangan.

La Liga tak main-main dengan sodoran inovasi penyajian tersebut. Mereka bekerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi untuk mengombinasikan serangkaian peralatan teknologi terkini, seperti 4K-HDR, replay 360o, kamera aerial, serta fitur Be The Player, yang membuat lebih dari 650 juta penggemar sepak bola di 183 negara merasa lebih dekat dengan pertandingan tersebut.

 

2 dari 2 halaman

Fakta Terobosan

Konten eksklusif internasional tanpa gangguan akan dimulai dua jam sebelum kick-off dan akan terus ditayangkan hingga konferensi pers yang digelas setelah pertandingan berakhir. Secara keseluruhan, terdapat 40 kamera, termasuk beberapa kamera yang disematkan di helikopter atau crane, dan enam kamera super-slow yang akan mengikuti para bintang Barcelona dan Real Madrid selama pertandingan.

Selain itu, berkat 38 kamera 5K yang terletak di sekeliling stadion, siaran pertandingan akan menampilkan video replay 360°. Teknologi tersebut sama dengan yang dipakai NBA dan NFL. Fitur replay 360° dapat menampilkan gambar dari setiap sudut lapangan, sementara fitur Be The Player memungkinkan penonton melihat setiap aksi dari sudut pandang pemain.

Teknologi canggih ini terdapat di enam stadion, yaitu Camp Nou, Santiago Bernabéu, Sánchez Pizjuán, Wanda Metropolitano, Mestalla, dan San Mamés. Kamera aerial LaLiga berada 21 meter di atas lapangan, sehingga para penonton diseluruh dunia dapat menikmati tampilan spektakuler tampak atas untuk setiap aksi yang terjadi di stadion.

Walhasil, El Clasico akhir pekan ini tak sekadar menyajikan 90 menit pertarungan Luis Suarez dkk kontra Gareth Bale dkk, melainkan juga kenikmatan mata melalui aplikasi teknologi terapan ala La Liga. Bagi Sahabat Bola.com yang tak bisa hadir di Camp Nou, sepertinya tak perlu kecewa karena semua teknologi di atas akan membawa Anda seperti ada di venue.

Sumber: La Liga

Video Populer

Foto Populer