Seperti Apa El Clasico Tanpa Messi dan Ronaldo?

Oleh Defri Saefullah pada 27 Okt 2018, 19:00 WIB
El Clasico

Jakarta - El Clasico bakal tampil beda saat digelar di La Liga musim ini. Tak lain penyebabnya karena ketiadaan dua megabintang, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di lapangan.

Bertempat di Camp Nou, Minggu (28/10/2018), El Clasico bakal terasa lain. Messi tak bisa tampil karena harus berkutat dengan cedera patah tangan saat melawan Sevilla.

Sedangkan Ronaldo memang sudah tak ada lagi di La Liga. Itu setelah sang mega bintang memutuskan untuk hijrah ke Juventus setelah meraih segalanya di Real Madrid.

Dalam 10 musim terakhir, dua megabintang ini selalu memengaruhi hasil akhir di pertandingan ini. Memang, ada kalanya salah satu dari mereka tidak tak tampil di El Clasico karena cedera atau sanksi. Namun mayoritas El Clasico dalam satu dekade terakhir selalu diwarnai oleh kehadiran mereka.

Kini, duel terbaik di dunia itu akan menampilkan sesuatu yang berbeda. El Clasico kali ini bakal menampilkan wajah baru dimana para 'pemeran kedua' akan unjuk gigi menjadi yang terbaik.

Mayoritas kekuatan kedua tim tak banyak berubah di El Clasico kali ini. Real Madrid masih punya Gareth Bale dan Karim Benzema, dua pemain lawas yang diharapkan benar-benar bersinar di El Clasico nanti.

Pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo membantu pemain Barcelona Lionel Messi untuk bangkit dalam laga El Clascio Liga Spanyol di Santiago Bernabeu, Sabtu (23/12/2017). Barcelona menang 3-0 di laga itu. (AP Photo / Francisco Seco)

Sedangkan Barcelona akan mencoba tancapkan dominasi dengan berharap kepada ketajaman Luis Suarez. Selain itu, ada pula senjata rahasia Rafinha yang tampil memukau saat melawan Inter Milan.

Perbedaan lainnya yaitu terpuruknya Real Madrid di La Liga belakangan ini. Saat ini, mereka sudah melalui 5 laga tanpa kemenangan dengan torehan 4 kali kalah dan satu kali imbang.

Akibat hasil buruk itu, Madrid terpuruk di peringkat ke-7 menjelang laga El Clasico nanti. Nasib pelatih Julen Lopetegui pun sedang ada di persimpangan.

 

2 of 3

Komentar Valverde

FIFA 2018, Pelatih Terbaik, Didier Deschamps
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde (AFP/Lluis Gene)

Meski menghadapi lawan yang konon sedang melemah, pelatih Barcelona, Ernesto Valverde tak mau lengah. Dia menilai justru Real Madrid akan mencoba untuk menunjukkan kekuatan di pertandingan nanti.

"Real Madrid bisa menjadi lebih berbahaya di pertandingan nanti. Mereka akan habis-habisan melawan kami, meski saat ini dalam krisis," kata Valverde seperti dikutip barcablaugranes.

Valverde ingin menegaskan laga El Clasico berbeda dengan pertandingan-pertandingan biasa. Laga ini sangat spesial dimana pemain siap habis-habisan untuk memberi yang terbaik.

Tak heran banyak sekali intrik yang terjadi di laga El Clasico. Entah itu dipicu oleh keputusan wasit atau permainan kasar dari masing-masing tim baik Real Madrid maupun Barcelona.

Gelandang Barcelona, Rafinha. (AP Photo/Emilio Morenatti)

Valverde juga menegaskan, Barcelona sudah membuktikan bisa 'survive' tanpa Lionel Messi. Barcelona membuktikan itu pada laga melawan Inter Milan.

"Kami sudah bereaksi dengan baik tanpa kehadiran Messi. Banyak sekali yang penasaran bagaimana penampilan kami setelah Messi absen," ujar Valverde.

"Kami selalu bermain sebagai tim dan kami punya gaya bermain yang dikenal. Namun benar, Messi memberi kami sentuhan yang brilian. Kalau dia tak main, kami harus mencari pengganti."

3 of 3

Statistik Messi dan Ronaldo

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo
Pemandangan saat Lionel Messi bermain dengan Ronaldo di El Clasico tak akan terlihat lagi (AP Photo/Manu Fernandez)

Meski Messi dan Ronaldo tak bermain di El Clasico, masih menarik untuk diungkap siapa yang paling banyak mencetak prestasi secara statistik. Seperti dilansir goal.com, Messi jelas lebih unggul dalam hal jumlah pertandingan yang dimainkan.

Sebelum El Clasico hari Minggu nanti, Messi tercatat sudah tampil di 38 laga El Clasico. Statistik yang dicatatkan Messi yaitu 17 kali menang, 8 imbang dan 12 kali kalah.

Bagaimana dengan Ronaldo? CR7 tercatat sudah 30 kali tampil di El Clasico. Ronaldo tercatat hanya mampu mencetak 8 kali menang, 8 kali imbang dan 14 kali kalah.

Untuk urusan cetak gol, Messi kembali unggul. Dia sudah mencetak 26 gol dari 38 kali penampilan.

18 gol Messi terjadi di 24 pertandingan La Liga, 6 di laga Piala Super Spanyol dan 2 gol di Liga Champions. Satu-satunya kompetisi dimana Messi tak bisa cetak gol ke gawang Madrid yaitu Copa del Rey dimana dia selalu dibungkam sebanyak 6 kali.

Sedangkan Ronaldo mencetak 18 gol dari 30 kali penampilan di El Clasico. Untuk urusan assist, Messi menang jauh dengan 14 assist, sedangkan Ronaldo hanya satu kali assist saja.

Lanjutkan Membaca ↓