Sukses


Lionel Messi Diyakini Bisa Bermain hingga Usia 40 Tahun

Bola.com, Barcelona - Mantan kapten Barcelona, Xavi, meyakini karier Lionel Messi sebagai pesepak bola masih panjang. Bahkan, menurutnya Messi bissa bermain sampai usia 40 tahun. 

Ini adalah musim pertama Messi sebagai kapten utama Barcelona. Dia menerima ban kapten setelah kepergian Andres Iniesta ke klub Jepang, Vissel Kobe. 

Pemain berkewarganegaraan Argentina itu sudah memasuki usia 31 tahun. Namun, banyak pihak yang meyakini Messi masih belum habis dan bisa bermain di level tertinggi untuk beberapa tahun ke depan.

Messi sudah menyatakan pensiun dari timnas Argentina. Namun, Xavi percaya Messi masih bisa memberikan banyak hal di level klub. 

Menurut Xavi, La Pulga tak bisa dibandingkan dengan pemain mana pun. Dia percaya Messi hanya butuh sedikit tambahan tenaga untuk terus bermain sampai 40 tahun. Xavi menilai Messi tak akan kehilangan kekuatan mentalnya.

"Terkadang saya berpikir bahwa dia (Lionel Messi) masih bisa bermain sampai usia 38, 39, atau 40 tahun. Dia hanya butuh sedikit kekuatan untuk melakukan itu," tegas Xavi seperti dilansir Tribalfootball, Kamis (1/11/2018). 

"Apa yang hilang dari Anda saat bertambah tua? Kecepatan Anda? Ya, dia tak akan kehilangan kecepatan mentalnya. Lionel Messi tidak bisa dibandingkan."

 

2 dari 2 halaman

Memahami Peran

Xavi juga percaya Messi bisa bermain di posisi mana pun, tak hanya sebagai penyerang. Dia menilai Messi sudah membaca sepak bola secara keseluruhan dan memahami setiap peran yang bisa dimainkan di lapangan.

"Saya pikir dia mampu bermain di mana pun yang dia inginkan di lapangan. Dia sudah bermain di tengah lapangan dan tampil efektif di sana"

"Dia juga melakukannya dengan baik saat bertahan karena dia sangat kuat secara mental," imbuh Xavi.

Adapun peran Messi dalam beberapa tahun terakhir memang cukup berbeda dari tahun-tahun awalnya. Kini Messi lebih doyan menjadi pelayan rekan setimnya dan membangun serangan dari belakang.

Sumber: Bola.net

  

Video Populer

Foto Populer