4 Nama yang Bisa Menggantikan Peran Isco di Real Madrid

Oleh Nurfahmi Budi pada 15 Des 2018, 14:25 WIB
Real Madrid vs AS Roma

Bola.com, Jakarta - Suka tidak suka, pada musim ini Real Madrid 'operasionalisasi' peran lini tengah kepada Isco. Yup, sang gelandang muda Timnas Spanyol tersebut sudah mengemban beban berat, terutama sepeninggal Cristiano Ronaldo.

Memang, di sana masih ada Luka Modric ataupun Gareth Bale, serta bisa saja Marco Asensio. Namun, faktor pengalaman dan kualitas permainan, membuat Isco menjadi tulang punggung area dapur serangan El Real.

Statistik individu Isco memang tak terlalu menonjol pada musim ini, namun fungsinya tergolong krusial. Pelatih Real Madrid, Santiago Solari menganggap Isco bakal selalu menjadi instrumen penting pada setiap aliran bola Si Putih.

Sayang, performa tak menawan Isco sedang mendapat sorotan negatif dari para fan Real Madrid. Terakhir, ia mendapat siulan tak mengenakkan kala Real Madrid kalah dari CSKA Moskow, pada matchday terakhir fase grup Liga Champions.

Saat itu, Real Madrid takluk 0-3, dan menjadi gambaran kalau performa area tengah Real Madrid tengah bermasalah. Tidak heran jika Isco dianggap menjadi kambing hitam atas kekalahan Real Madrid dari wakil Rusia tersebut.

Fans yang dulu memuja Isco kini menjadi berbalik mencemooh sang pemain untuk pertama kalinya. Mereka sepertinya sangat tidak puas dengan kontribusi Isco sejauh ini.

Mengingat sudah mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari para fans, Isco sepertinya bisa meninggalkan klub dalam waktu dekat. Jika itu terjadi maka Los Merengues harus mencari pengganti sang pemain.

Berikut ini empat pemain yang bisa menggantikan Isco di Real Madrid seperti dilansir Fox Sports.

 

2 of 5

Christian Eriksen (Tottenham)

Gol Tunggal Eriksen Bawa Tottenham Hotspur Kalahkan Inter Milan
Selebrasi Christian Eriksen usai mencetak gol ke gawang Samir Handanovic di menit ke-80 pada laga lanjutan Liga Champions yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris, Kamis (29/11). Tottenham Hotspur menang 1-0 atas Inter Milan (AFP/Ben Stansall)

Pemain Denmark ini akan menjadi pembelian yang sangat mahal jika Galacticos memutuskan untuk membuat kesepakatan untuknya pada musim panas. Namun, jika Madrid menganggapnya sebagai kebutuhan mutlak, dia akan bermain untuk Blancos.

Mantan superstar Ajax itu telah menjadi detak jantung Spurs di bawah asuhan Mauricio Pochettino. Visi dan tipu muslihatnya di lapangan yang membuat tim London Utara itu terus berdetak. Dengan 6 assist dalam 13 pertandingan Premier League musim ini, servisnya sangat memanjakan pemain depan.

 

3 of 5

Miralem Pjanic (Juventus)

FOTO: Cristiano Ronaldo dan 6 Pemain Serie A dengan Gaji Tertinggi
4. Miralem Pjanic (Juventus) - 6,5 juta euro. (AFP/Marco Bertorello)

Superstar Juventus ini adalah satu di antara gelandang yang tidak banyak mendapat sorotan dunia. Pjanic memulai karirnya sebagai gelandang serang sebelum digeser ke depan pertahanan di Juventus.

Ini memungkinkan permainannya secara keseluruhan berkembang dan dia sekarang adalah tipe pemain yang menemukan ruang di lini tengah dan menghubungkan timnya dengan umpan apiknya.

Dia hanya mencetak dua gol dan satu gol dalam 13 pertandingan Serie A tetapi pengaruhnya yang sebenarnya mengatur tempo tim.

 

4 of 5

James Rodriguez (Bayern Munchen)

Pemain Pinjaman, Klub Eropa, Bintang Sepak Bola
1. James Rodriguez (Real Madrid) - Berstatus pemain bintang tak membuat ia masuk skuat utama Real Madrid. Pria kolombia ini dipinjamkan ke Bayern Muenchen dan mampu membuktikan diri dengan menjuarai Bundesliga musim ini. (AFP/Oscar Del Pozo)

Real Madrid bisa memenangkan Liga Champions pada musim 2015-16 karena mereka punya Isco dan James Rodriguez di dalam tim. Pasangan ini dirotasi dengan sangat baik oleh Zinedine Zidane meski pemain Spanyol itu mendapatkan kesempatan lebih banyak daripada pemain Kolombia tersebut.

Pada akhirnya, itulah yang menyebabkan mantan pemain AS Monaco itu meninggalkan Bernabeu untuk Bayern Munchen dengan status pinjaman. Ada laporan James ingin kembali dan itu sangat adil dan masuk akal bagi Galacticos apabila memberinya kesempatan seperti yang mereka lakukan dengan Isco.

 

5 of 5

Mateo Kovacic (Chelsea)

Chelsea Kalahkan Manchester City
Striker Manchester City, Raheem Sterling menggiring bola dari kawalan gelandang Chelsea, Mateo Kovacic selama pertandingan lanjutan Liga Premier Inggris di Stamford Bridge di London (8/12). Chelsea menang 2-0 atas City. (AP Photo/Tim Ireland)

Pemain Real Madrid lainnya yang harus pergi karena lini tengah mereka menumpuk. Kovacic menyadari bahwa dengan Lopetegui sebagai pelatih, Isco akan lebih disukai dan karenanya ia terpaksa pindah dengans status pinjaman ke Chelsea.

Di Stamford Bridge, ia dengan cepat menjadi pemain favorit penggemar dan para penggemar The Blues menginginkan klub untuk mempermanenkan statusnya. Karena Isco hampir selalu bermain di lini tengah, memulangkan Kovacic dan melepas Isco akan masuk akal karena ia bukan hanya seorang penggiring yang cerdik tetapi juga belajar seni membuat keputusan di bawah Maurizio Sarri.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓