Brexit Berpotensi Menimbukan Kekacauan di Skuat Real Madrid

Oleh Defri Saefullah pada 18 Jan 2019, 22:40 WIB
Calon Pemain Penyelamat Manchester United

Jakarta - Inggris masih disibukkan dengan belum jelasnya nasib Brexit (keluar dari Uni Eropa). Tak hanya berpengaruh kepada masyarakat umum, brexit juga berpengaruh kepada pemain sepak bola termasuk pemain Real Madrid.

Saat ini, deadline untuk keputusan Brexit tinggal 72 hari lagi atau 30 Maret 2019. Belum jelasnya brexit juga memengaruh atlet yang bekerja di Spanyol termasuk Gareth Bale di Madrid.

Setidaknya ada 800 ribu orang Inggris di Spanyol yang bisa terpengaruh oleh ketidakjelasan Brexit. Skuat Real Madrid yang terpengaruh yaitu Bale dan Vinicius.

Kalau Bale menjadi pemain non Eropa di Real Madrid ini bisa membuat Vinicius tak boleh main di Liga Spanyol. Soalnya, ini sudah melebihi kuota tiga pemain non Eropa.

Seperti dilansir as yang mengutip pasal 230 peraturan La Liga menyebutkan, setiap tim hanya bisa memainkan tiga pemain asing di skuat La Liga dan dua di segunda division.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 2

Solusi Casemiro

Real Madrid Vs Kashima Antlers
Gelandang Real Madrid, Gareth Bale, (AFP/Giuseppe Cacace)

Solusi dari kekacauan ini bisa dipecahkan oleh Casemiro. Saat ini gelandang asal Brasil itu dikabarkan sedang mengurusi paspor Spanyol tapi belum memenuhi persyaratan administrasi.

Kalau sudah beres, Casemiro tak akan dianggap sebagai pemain asing lagi. Ini membuat posisi Vinicius aman.

"Mengurusi izin kerja di Spanyol belakangan ini tidak mudah. Tapi ada hukum yang menyebut, kalau Anda punya pekerjaan spesial, itu bisa jadi mudah," kata pengacara di La Liga, Juan Ignacio Navas.

Saat ini nasib Brexit belum jelas. Parlemen Inggris mempertanyakan kepastian Brexit dan memaksa Perdana Menteri Inggris, Theresia May mundur.

Kalau Brexit batal diberlakukan, ini artinya pemain atau atlet yang berkebangsaan Inggris raya tidak terpengaruh. "Kami mengusahakan agar ada kesepakatan khusus dengan La Liga kalau brexit benar-benar diterapkan," ujar agen Bale, Jonathan Barett.

Lanjutkan Membaca ↓