4 Alasan Barcelona Terpincut Kevin-Prince Boateng

Oleh Okky Herman Dilaga pada 22 Jan 2019, 16:15 WIB
Kevin-Prince Boateng (fcbarcelona.com)

Bola.com, Barcelona - Barcelona meresmikan transfer Kevin-Prince Boateng dari Sassuolo pada Senin (21/1/2019). Pemain asal Ghana itu datang dengan status pinjaman selama enam bulan.

"Sebuah kehormatan berada di klub sebesar Barcelona. Setiap anak-anak yang baru belajar sepak bola selalu bermimpi bisa berkostum Barcelona. Jadi, ini adalah realitas yang luar biasa," kata Boateng, di situs resmi Barcelona.

"Mereka sudah punya bentuk permainan sendiri. Artinya, tugasku adalah berusaha keras memberikan warna berbeda, dan semua itu demi Barcelona. Itu fokusku," lanjut Boateng.

Boateng telah memilih nomor punggung yang akan dikenakan pada sisa musim ini. Dia memutuskan mengambil nomor punggung 19.

Keputusan Barcelona mendatangkan Boateng menimbulkan pro dan kontra. Ada yang menilai, El Barca frustrasi mencari striker baru dan akhirnya memilih pemain yang 6 Maret nanti akan berusia 32 tahun itu.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan Barcelona merekrut Boateng versi Bola.com:

 

 

2 of 5

1. Butuh striker

Dalam sebulan terakhir, pelatih Barcelona Ernesto Valverde telah mengungkapkan kebutuhan timnya mendatangkan striker baru. Dengan formasi baku tiga penyerang, Valverde masih belum menemukan pelapis Lionel Messi dan Luis Suarez.

Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho secara bergantian menemani duet Messi-Suarez. Sementara itu, Malcom dan Munir El Haddadi tidak menunjukkan performa terbaik dan Rafinha kerap mengalami cedera.

Imbasnya, Munir dilego ke Sevilla pada Januari 2019. Keputusan itu semakin membuat stok striker Barcelona menipis.

Sebelumnya, Barcelona dikabarkan mengincarkan striker-striker lain seperti Alvaro Morata dan Krzysztof Piatek. Namun, keduanya sulit didapat sehingga klub memilih mendatangkan Boateng.

3 of 5

2. Tampil di banyak posisi

Boateng merupakan tipe pemain yang bisa bermain di banyak posisi. Pada awal karier, Boateng biasa ditempatkan sebagai gelandang serang.

Seiring waktu berganti, Boateng sering dimainkan sebagai striker. Musim tertajam Boateng adalah saat memperkuat Las Palmas pada 2016-2017 dengan mencetak 10 gol dalam setahun.

4 of 5

3. Berpengalaman

Barcelona tidak memberikan garansi Boateng bermain reguler di tim. Namun, bila dibutuhkan, El Barca bakal memaksimalkan tenaga Boateng.

Barcelona dikabarkan tidak perlu waktu lama untuk membuat Boateng beradaptasi dengan cepat. Boateng merupakan pemain yang sering berganti klub, sehingga terbukti bisa bermain di liga manapun.

Dari rekam jejaknya, Boateng pernah bermain di kompetisi papan atas Eropa, seperti Jerman, Inggris, Italia, dan Spanyol. Mungkin, Barcelona bisa memanfaatkan pengalaman Boateng pada saat ini hingga enam bulan mendatang.

5 of 5

Murah Meriah

Barcelona kesulitan merekrut dua striker incarannya, Alvaro Morata dan Krzysztof Piatek. Dua pemain tersebut dibanderol mahal oleh klubnya masing-masing.

Sementara itu, ketersediaan striker di bursa transfer musim dingin sangat sedikit. Alhasil, pilihan mendatangkan Boateng dengan status pinjaman merupakan opsi terbaik.

Barcelona dikabarkan hanya mengeluarkan dana 2 juta poundsterling demi meminjam Boateng dari Sassuolo. Blaugrana bisa mengirit demi mendatangkan striker yang lebih mahal pada musim panas mendatang.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Lanjutkan Membaca ↓