Gareth Bale Disarankan Ikuti Cara Bermain Cristiano Ronaldo

Oleh Marco Tampubolon pada 22 Jan 2019, 22:30 WIB
Real Madrid

Madrid - Nasehat bijak diberikan oleh mantan pelatih Real Madrid dan Wales, John Toshack, kepada Gareth Bale. Dia meminta agar Bale menjiplak apa yang dilakukan Cristiano Ronaldo.

Gareth Bale selama ini kerap berada di balik bayang-bayang Ronaldo. Namun saat pemain asal Portugal itu hengkang ke Juventus, Bale tak kunjung bersinar. Sempat mencuri perhatian di awal-awal kehadiran Santiago Solari, sinar Bale belakangan kembali meredup.

Cedera yang dialami membuat penampilannya tidak stabil. Pemain asal Wales tersebut terakhir kali tampil saat Real Madrid imbang melawan Villarreal, 3 Januari lalu.  

Toshack pernah menangani Bale saat menjalani debutnya bersama timnas Wales. Menurutnya, mantan anak asuhnya itu masih bisa bangkit dan bertahan di Real Madrid. Caranya, Bale harus mampu menjiplak apa yang sudah dilakukan Ronaldo di sana. 

"Sebagai pemain sayap, Cristiano mencetak gol dan merancang gol untuk yang lain. Tidak perlu diragukan lagi, Gareth adalah pemain terbaik sepanjang masa, bila dia ingin bertahan di sana, dia harus menjiplak apa yang telah dilakukan Ronaldo," kata Toshack dilansir AS.

"Jika Anda melihat apa yang sudah diraihnya, Anda akan bertanya-tanya apa yang bisa dia lakukan seandainya tidak cedera," ujar Toshack menambahkan.

 

2 of 2

Ubah Gaya Bermain

Calon Pemain Penyelamat Manchester United
1. Gareth Bale - Sepeninggal Ronaldo, otomatis Real Madrid bergantung kepada Bale di sektor lini depan. Terbukti 11 laga sudah dilakoni pemain timnas Wales tersebut. (AFP/Joe Klamar)

Toshack menilai, Bale juga sebaiknya mengubah gaya bermainnya. Menurutnya, mantan peemain Tottenham Hotspur itu harus mampu bermain dengan bola-bola pendek. 

"Jelas, dengan pengalaman yang dia punya, mungkin dia bisa sedikit terun dan bermain bola pendek, turun lebih dalam dan membaca permainan lebih jeli. Saya harap dia terus melakukan lebih dari apa yang dilakukan sejauh ini, karena ketika Anda kembali dari cedera, Anda tahu bahwa Anda harus memulai dari awal lagi," ujar Toshack.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓