Sukses


Frenkie de Jong dan 5 Pemain Belanda yang Memesona di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Klub raksasa La Liga, Barcelona akhirnya berhasil mendapatkan gelandang muda Frenkie de Jong dari Ajax. Barca menggaet De Jong dengan biaya mencapai 75 juta euro plus 11 juta euro dalam bentuk bonus.

De Jong baru akan bergabung dengan tim Catalan tersebut mulai musim panas mendatang, tepatnya mulai 1 Juli 2019. Dengan demikian, sang pemain akan mengikuti jejak legenda Belanda yang datang ke Camp Nou sebelumnya.

Gelandang berusia 21 tahun itu akhirnya mengakhiri spekulasi tentang masa depannya dengan bergabung juara La Liga tersebut. De Jong diikat dengan kontrak selama lima tahun.

De Jong bisa mengembangkan bakatnya di klub yang pernah diperkuat oleh sejumlah pemain hebat dari Belanda. Sejauh ini sudah ada 19 pemain Belanda yang pernah bermain untuk Barca.

Banyak pemain asal Belanda yang sudah merasakan kesuksesan selama di Camp Nou. Namun, pemain-pemain seperti Edgar Davids dan Ronald de Boer tidak terlalu menikmati kesuksesan saat mengenakan seragam Barca.

Berikut ini lima pemain terbaik Belanda yang pernah membela Barcelona seperti dilansir Fox Sports Asia.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 6 halaman

Johan Cruyff

Mustahil memulai daftar ini tanpa Johan Cruyff, legenda sepak bola yang sangat identik dengan Barcelona. Seperti De Jong, Cruyff bergabung dari Ajax dan memenangkan La Liga dan Copa del Rey selama lima tahun bermain.

Penyerang asal Belanda itu kemudian kembali ke Camp Nou sebagai pelatih. Ia berhasil membawa klub memenangkan empat gelar LaLiga, Copa, Piala Winners dan Piala Champions dengan gaya "Total Football" di era keemasan mereka.

3 dari 6 halaman

Johan Neeskens

Johan Neeskens memiliki jalan karier yang sangat mirip dengan Johan Cruyff. Meskipun begitu, Neeskens tidak terlalu banyak memenangkan gelar seperti saat di Ajax setelah hanya meraih satu gelar La Liga dan satu Copa dalam lima tahun di Barcelona.

Kendati demikian, Neeskens tetap dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik Belanda sepanjang masa. Ia mencapai putaran final Piala Dunia 1974 dan 1978.

4 dari 6 halaman

Ronald Koeman

Dikenal karena ketenangannya dengan bola, pelatih timnas Belanda sekarang itu mampu beroperasi di lini tengah atau pertahanan. Setelah bermain untuk Ajax, Ronald Koeman tiba di Barcelona dari PSV Eindhoven.

Koeman untuk bermain untuk Johan Cruyff dan merupakan pemain kunci di tim yang mengumpulkan banyak trofi pada era keemasan mereka. Salah satu trofi yang dimenangkan Koeman adalah Piala Champiosn di mana ia menjadi penentu kemenangan Barca di final melawan Sampdoria.

 

5 dari 6 halaman

Patrick Kluivert

6 dari 6 halaman

Frank De Boer

Digambarkan oleh mantan pelatih dan rekan senegaranya Louis van Gaal sebagai "striker sempurna", Patrick Kluivert meraih kesuksesan di Camp Nou. Striker asal Belanda itu mencetak 145 gol dalam 308 pertandingan selama enam tahun yang produktif di Barca.

Kluivert memang hanya berhasil meraih satu gelar saja bersama Barcelona yaitu La Liga pada musim 1998-99. Meskipun begitu, Kluivert tetap menjadi sosok yang populer di kalangan para penggemar klub.

Sumber: Bola.net

Video Populer

Foto Populer