Sukses


5 Pemain Bintang yang Pernah Berkostum Barcelona dan Valencia

Bola.com, Jakarta - Barcelona menjamu Valencia, pada jornada 22 La Liga 2018-2019, di Estadio Camp Nou, Minggu (3/2/2019) dini hari WIB. Pertemuan tersebut memantik ingatan publik terkait para pemain yang pernah berkostum Barcelona dan Valencia.

Sederet pemain bintang pernah berkelana dengan jersey Barcelona dan Valencia. Mereka memiliki nasib berbeda, ada yang sukses dan ada juga yang tak berkembang.

Pertandingan Barcelona kontra Valencia bakal menjadi daya tarik bagi publik jika melihat kepentingan masing-masing. Barcelona ingin tetap menjaga jarak aman dengan para pesaing. Sementara itu, Valencia ingin menang agar bisa masuk zona empat besar klasemen sementara.

Berikut ini 5 pemain yang pernah menjadi keluarga besar Mestalla dan Camp Nou:

 

2 dari 6 halaman

David Villa

Tak banyak pemain yang berhasil menjadi legenda di dua klub berbeda. Satu di antara yang sedikit itu adalah David Villa. Ia sukses meniti karier bersama Valencia dan Barcelona.

Penyerang asal daerah Asturia Spanyol ini datang ke Valencia pada 2005. Ia berhasil mencetak 129 gol dalam lima musim, dan menjadikan dirinya tops korer ke-5 sepanjang sejarah klub tersebut.

Villa sudah lama dikabarkan akan hengkang dari Mestalla, dan akhirnya pindah ke Barcelona pada 2010 setelah meraih piala dunia pada musim panas 2010. Jika ia cepat meraih sukses di Valencia, ia besar lebih cepat bersama Barcelona.

Villa berhasil meraih trofi liga dan Liga Champion pada musim pertamanya. Kepindahannya menjadi satu di antara transfer paling cerdik yang dilakukan Barcelona.

David Villa mengumpulkan 129 gol bersama Valencia pada periode 2005-2010, menjadi topskorer ke-5 sepanjang sejarah klub, sebelum sukses di Barcelona dengan memenangi gelar LaLiga dan Liga Champion.

 

3 dari 6 halaman

Jordi Alba

Meskipun Jordi Alba adalah jebolan akademi Valencia, ia mulai menimba ilmu sepak bola di La Masia, akademi sepak bola milik Barcelona. Setelah dilepas akademi tim Katalan tersebut, ia pindah ke Cornellà lalu ke Valencia. Di sini, ia berhasil menembus tim utama.

Ia menghabiskan 3 musim di tim utama Valencia, dan sempat bertransisi dari sayap kiri menjadi bek kiri. Ia dibeli Barcelona dan berhasil memberikan efek positif di sisi kiri permainan Barcelona.

Bek kelahiran Barcelona, Jordi Alba, pertama kali dikenal dunia di Valencia sebelum kembali ke klub masa kecilnya pada tahun 2012. Sejak itu ia berhasil mengukuhkan reputasinya sebagai salah satu full-back terbaik di dunia.

 

4 dari 6 halaman

Paco Alcacer

Paco Alcácer adalah pemain bintang di Valencia sebelum beralih ke Barcelona pada 2016. Ia menghabiskan dua musim bersama Barcelona.

Lahir di pinggiran kota Valencia, Alcácer bergabung dengan akademi tim masa kecilnya dan berhasil menembus tim utama pada usia 17 tahun. Ia berhasil membukukan 43 gol dalam 124 penampilan.

Di Camp Nou, ia mencatat rasio 1 gol setiap 153 menit. Ia menjadi bagian Barcelona saat meraih gelar Copa Del Rey (2) dan satu titel La Liga. Ia pindah ke Borussia Dortmund dimana berhasil melanjutkan performa mencetak golnya untuk pertandingan-pertandingan penting.

Paco Alcácer sempat menjadi kapten klub idola masa kecilnya, Valencia, sebelum bergabung dengan Barcelona pada tahun 2016.

 

5 dari 6 halaman

Gaizka Mendeita

Eks pemain timnas Spanyol, Gaizka Mendieta, terkenal di Valencia pada periode 1992 - 2001. Setelah itu, pemain kelahiran Basque ini menjadi pemain Spanyol termahal ketika pindah ke Lazio sebelum kembali ke La Liga untuk bermain di Barcelona dengan status pinjaman.

Sekarang ia menjadi duta La Liga. Ia menjadi satu di antara kapten terbaik dalam sejarah Valencia. Mendieta memimpin timnya menembus final Liga Champion dua kali berturut-turut pada akhir 1990-an.

Ia menjadi pemain Spanyol termahal dalam sejarah sebelum pindah ke Camp Nou. Ia bermain dengan nama-nama besar seperti Luis Enrique dan Patrick Kluivert.

 

6 dari 6 halaman

Andre Gomes

Saat ini ia bermain untuk Everton. André Gomes datang ke Premier League dari Valencia dan Barcelona. Gelandang berkebangsaan Portugal ini pindah dari Benfica ke Valencia pada musim panas 2014 dan menjalani dua musim yang impresif Bersama Los Che.

Setelah memenangi Euro 2016, ia menandatangani kontrak dengan Barcelona, menghabiskan dua musim di tim tersebut. Ia berhasil meraih empat trofi sebelum pindah ke Premier League dengan status pinjaman.

André Gomes menikmati dua musim yang sukses di Valencia pada periode 2014-2016 sebelum pindah ke Barcelona.

Sumber: La Liga

Video Populer

Foto Populer