3 Pesepak Bola Papan Atas Premier League yang Gagal Total di Barcelona

Oleh Thomas pada 08 Feb 2019, 20:00 WIB
Logo Barcelona

Jakarta - Gelandang serang Barcelona, Philippe Coutinho tengah mendapat sorotan terkait penampilan sepanjang 2018-2019. Eks Liverpool tersebut belum sanggup tampil konsisten dan memberi kontribusi maksimal terhadap performa Barcelona.

Bagi pencinta Barcelona, kegagalan Philippe Coutinho tampil menawan membuat pikiran mereka melayang ke belakang. Trauma terhadap beberapa pemain yang pernah menjadi bintang di pentas Premier League, kembali muncul.

Coutinho bergabung dengan Barcelona pada Januari 2018 setelah melalui perburuan yang rumit dan panjang. Blaugrana harus membayar mahal untuk memiliki Coutinho Sayangnya Coutinho lebih banyak duduk di bangku cadangan.

Performa Coutinho tidak sebaik saat masih di Liverpool. Barcelona konon memertimbangkan menjualnya dalam waktu dekat. Beberapa klub, seperti Chelsea dan Manchester United, bersaing mendapatkan jasa mantan pemain Inter Milan itu.

Barcelona memiliki beberapa catatan terkait performa buruk eks bintang Premiership. Berikut ini beberapa nama yang mendapat sorotan tajam setelah tampil melempem kala berkostum Barcelona, setelah sebelumnya bersinar di Inggris. 

 

 

2 of 4

Emmanuel Petit

Skuat Juara Dunia Prancis 1998 Pamer Skill di Lapangan Hijau
Gelandang Emmanuel Petit menggiring bola dari kawalan Edgar Davids saat pertandingan tim Prancis 98 dengan tim FIFA 98 di Arena U, Paris (12/6). Pertandingan ini memperingati 20 tahun kemenangan Prancis di Piala Dunia 1998. (AFP Photo/Thomas Samson)

Petit bergabung dengan Barcelona di tahun 2000. Saat itu Barcelona merekrut Petit bersama Marc Overmars dari Arsenal. Petit dibeli setelah bersinar bersama Arsenal dan timnas Prancis.

Sayangnya, Petit tampil buruk selama di Nou Camp. Dia cuma main 38 kali dengan mayoritas masuk sebagai pemain pengganti. Petit kemudian menyerah dan cuma semusim saja membela Barcelona.

Petit menyesali keputusannya pindah ke Barcelona. Dalam buku autobiografinya, Petit mengecam pelatih Barcelona saat itu Llorenc Serra Ferrer.

3 of 4

Alex Song

Alex Song
Alex Song (AFP/Lluis Gene)

Barcelona membeli Alex Song dari Arsenal di musim panas 2012. Blaugrana tertarik dengan Song karena bisa bermain sebagai gelandang bertahan dan juga bek tengah.

Song dibeli setelah Barcelona gagal mendapatkan Javi Martinez dari Athletic Bilbao. Sial bagi Barcelona, Song ternyata tidak cocok. Dia tak mampu menunjukkan permainan bagus baik sebagai bek maupun gelandang.

Pemain Kamerun itu akhirnya hanya dua musim saja bermain di Barcelona dan kemudian pindah ke West Ham United. Sejak saat itu, karier Song tidak jelas.

4 of 4

Aleksandar Hleb

10 Bintang Dunia yang Meredup saat Dilatih Pep Guardiola
Aleksandr Hleb (AFP/Josep Lago)

Hleb diboyong Barcelona tahun 2008, juga dari Arsenal. Hleb dibeli setelah tampil sangat bagus bersama Arsenal selama tiga musim.

Akan tetapi Hleb kesulitan beradaptasi di Barcelona. Hleb tak banyak bermain pada musim saat Barcelona meraih treble. Bahkan Hleb tak bisa membuat gol untuk Barcelona.

Hleb kemudian dipinjamkan ke VfB Stuttgart, Birmingham City dan VfL Wolfsburg. Karier pria Belarusia itu hancur lebur selepas dibeli Barcelona.

Lanjutkan Membaca ↓