Sukses


Malcom, Juru Selamat Barcelona yang Sering Terpinggirkan

Jakarta - Malcom Filipe Silva de Oliveira yang biasa dikenal dengan Malcom tampil mengagumkan sebagai juru selamat Barcelona pada laga leg pertama babak semifinal Copa del Rey, Kamis (6/2/2019) dini hari WIB.

Laga El Clasico antara Barcelona vs Real Madrid yang digelar di Camp Nou tersebut membuat Barcelona tertekan ketika tertinggal 1-0 oleh aksi Lucas Vazquez.

Barca baru mampu menyamakan skor menjadi 1-1, yang bertahan hingga laga usai, pada menit 57 dari aksi Malcom.

Berkat Gol-nya ini, Malcom mendapat pujian besar dari berbagai kalangan Blaugrana. Sosok Malcom dinilai mampu menjadi pembeda dan membuat Barcelona terhindar dari kekalahan atas sang rival abadi tersebut.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 4 halaman

Maclom pemain luar biasa

Malcom didatangkan Barcelona pada awal musim 2018/19 ini dari klub Ligue 1, Girondins de Bourdeaux. Barcelona akhirnya menuntaskan pembelian pemain asal Brasil tersebut dengan membayar 40 juta euro.

Malcom selama ini memang agak kesulitan untuk bisa menembus skuat utama Barcelona. Malcom terkadang hanya menjadi opsi ketika Ousmane Dembele atau Lionel Messi tidak sedang dalam kondisi fit. Itu pun Malcom masih harus bersaing dengan Coutinho.

Dikutip Liputan6.com dari Squawka, Jumat (8/2/2019), Malcom tercatat melakukan kontak dengan bola sebanyak 57 kali.

Dia mampu menciptakan tiga peluang mencetak gol, paling banyak dibanding pemain Barca lainnya di el clasico.

Malcom mencetak gol usai menyambar bola liat di hadapan gawang Madrid. Ini adalah gol pertama pemain berusia 21 tahun di el clasico. Secara menyeluruh, ini adalah gol kedua untuk Barca di laga kompetitif.

"Penampilan Malcom? Itu adalah sebuah kinerja yang luar biasa darinya. Dia mampu melakukan kombinasi dengan baik bersama rekan-rekannya dan sungguh itu adalah sebuah penampilan yang bagus," puji Valverde dilansir Liputan6.com dari Bola.net.

3 dari 4 halaman

Diisukan segera pindah klub

Sebelum hengkang ke Barca, Malcom menarik minat beberapa klub Inggris dan Italia, termasuk Roma, Tottenham, dan Arsenal. Guangzhou Evergrande dari Chinese Super League juga berpeluang mendapatkan dia.

Malcom sempat mendapatkan kesempatan bermain pada laga-laga pramusim Barcelona. Penampilannya pun dinilai cukup bagus di posisi winger.

Tapi, begitu musim 2018/19 dimulai, Malcom tenggelam karena jarang mendapatkan menit bermain dari pelatih Ernesto Valverde.

Valverde bahkan pernah menyebut Malcom sebagai "a signing made by the club". Sejak saat itu, Valverde juga telah memberikan beberapa opsi bagi Malcom untuk membuktikan kemampuannya di Barcelona.

Sehingga Barcelona berencana untuk menjual kembali Malcom sebelum harganya di brusa transfer menurun.

Barcelona sendiri sejatinya tidak keberatan melepaskan Malcom sebagai pemain pinjaman. Mereka sadar mereka tidak bisa memberikan jam bermain reguler untuk sang pemuda.

Mereka memilih untuk meminjamkannya tanpa opsi pembelian permanen karena mereka percaya Malcom punya potensi yang besar.

4 dari 4 halaman

Diminati Arsenal dan Klub China

Arsenal sejatinya benar-benar serius untuk mendatangkan Malcom. Namun mereka memutuskan mundur setelah Barcelona mematok harga yang tinggi untuk sang pemain.

Arsenal kabarnya terkejut dengan harga yang ditetapkan oleh Barcelona tersebut.

Mereka menilai Barcelona mematok harga yang terlalu mahal untuk peminjaman Malcom. Pasalnya sang pemuda hanya dipinjam selama enam bulan saja tanpa opsi pembelian permanen.

Arsenal akhirnya memutuskan untuk mundur dari perekrutan sang pemain dan memilih Denis Suarez sebagai pemain pinjaman dengan mahar peminjaman sebesar 2 juta pounds.

Tidak hanya Inggris, Malcom juga masih dinantikan oleh salah satu raksasa China, Guangzhou Evergrande.

Guangzhou kabarnya ingin memperkuat lini serang mereka musim depan, dan mereka menilai Malcom akan menjadi tambahan yang bagus untuk lini serang mereka.

Guangzhou menyadari bahwa Barcelona baru saja mendatangkan Malcom pada musim panas kemarin. Alhasil mereka menyiapkan uang yang cukup besar agar Barcelona melepaskan Malcom.

Menurut kabar tersebut, Guangzhou sudah mengajukan proposal pembelian sang winger ke Barcelona.

Mereka kabarnya akan membeli Malcom seharga 50 juta Euro. Barcelona sendiri kabarnya akan mempertimbangkan tawaran ini, karena mereka hanya mengeluarkan 42 juta Euro saat merekrut Malcom

 

 

Video Populer

Foto Populer