4 Pemain Didikan Akademi La Masia yang Ingin Diboyong Balik Barcelona

Oleh Ario Yosia pada 19 Feb 2019, 11:30 WIB
Para pemain Barcelona merayakan gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Valladolid. (AFP/Pau Barrena)

Bola.com, Jakarta - Barcelona punya akademi La Masia yang dikenal tak pernah kering memproduksi talenta berbakat. Bahkan, beberapa di antara mereka mampu menjadi tulang punggung Barcelona selama bertahun-tahun.

Lionel Messi, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Victor Valdes, dan Carles Puyol adalah contoh pemain didikan akademi La Masia. Mereka sudah merasakan kesuksesan besar selama merumput di Camp Nou.

Namun, tidak semua pemain akademi bisa menembus tim utama Barcelona. Bahkan kebanyakan dari mereka justru harus menjalani kariernya di tempat lain.

Meskipun begitu, Barcelona juga tidak pernah ragu memulangkan pemain akademi mereka sudah dilepas ke klub lain. Sebagai contohnya adalah Gerard Pique, Jordi Alba dan Cesc Fabregas.

Barcelona kini dikabarkan tengah tertarik memulangkan beberapa mantan pemain akademi La Masia yang sedang bermain di klub lain. Siapa saja mereka? Berikut ini daftarnya seperti dilansir Sportskeeda.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 of 5

Dani Olmo (Dinamo Zagreb)

Dani Olmo
Gelandang muda Dinamo Zagreb, Dani Olmo.(Instagram/@daniolmo7)

Dani Olmo adalah pemain sayap berbakat yang saat ini bermain untuk Dinamo Zagreb, dan penampilannya untuk klub Kroasia sangat mengesankan sehingga ia dinobatkan sebagai pemain terbaik di liga Kroasia pada 2018.

Pemain berusia 20 tahun itu sebelumnya pernah bermain untuk tim junior Barcelona antara 2009 dan 2014 setelah bergabung dari klub rival Espanyol sebelum sang pemain secara mengejutkan memutuskan untuk pindah ke Zagreb.

Laporan menyatakan bahwa Barcelona tertarik untuk membawa Olmo kembali ke Nou Camp, meskipun mereka akan menghadapi persaingan dari musuh bebuyutannya Real Madrid.

  

3 of 5

Andre Onana (Ajax)

Persiapan Ajax Amsterdam Jelang Menjamu Real Madrid
Kiper Ajax Amsterdam Andre Onana ambil bagian dalam sesi latihan jelang menjamu Real Madrid pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di De Toekomst di Ouder-Amstel, Amsterdam, Selasa (12/2). (Robin van Lonkhuijsen/ANP/AFP)

Setelah bergabung dengan tim junior Barcelona pada tahun 2010, Onana pergi ke Ajax lima tahun kemudian. Ia sempat memperkuat tim junior sebelum membuat debut di tim utama Ajax pada tahun 2016.

Onana membuat 32 penampilan di liga pada musim 2016-17 dan kemudian 33 pada musim lalu. Sejauh musim ini, Onana sudah menjaga gawang Ajax dalam 20 pertandingan di Eredivisie dan juga membantu raksasa Belanda itu menembus babak 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 1995.

Performa Onana mampu menarik perhatian sebagian besar tim papan atas Eropa. Barcelona juga dikabarkan tertarik untuk membawanya kembali pada musim depan jika kiper cadangan Jasper Cillensen memutuskan untuk pergi.

4 of 5

Alex Grimaldo (Benfica)

Alex Grimaldo
Aksi Alex Grimaldo (kanan) saat membela Benfica kontra Besiktas pada laga Grup B Liga Champions 2016-2017, di Stadion Da Luz, Lisbon (13/9/2016). Grimaldo menjadi incaran Josep Guardiola pada bursa transfer musim dingin tahun depan. (EPA/Mario Cruz)

Alex Grimaldo berada di tim junior Barcelona dari 2011 - 2015. Ia sempat dianggap sebagai salah satu prospek paling cemerlang di La Masia dan digadang-gadang bakal menjadi pengganti Jordi Alba di masa depan.

Namun, bek kiri asal Spanyol itu justru dilepas pada tahun 2016 saat Barcelona mendatangkan Lucas Digne dari PSG. Menariknya, Digne justru gagal di Barcelona dan kemudian dijual ke Everton.

Seolah-olah ingin menebus kesalahan mereka, Barcelona dikabarkan sedang memantau perkembangan Alex Grimaldo di liga Portugal. Oleh karena itu, tidak akan mengejutkan jika pada akhirnya Grimaldo kembali ke Camp Nou dalam waktu terdekat.

5 of 5

Thiago Alcantara (Bayern Munchen)

Bursa Transfer, Manchester United
Gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara menjadi salah satu pemain incaran Manchester United menurut sumber Independent. (AFP/Gabriel Bouys)

Thiago sempat bermain di tim utama Barcelona pada era kepemimpinan Josep Guardiola. Namun, sang pemain jarang mendapatkan kesempatan bermain reguler dan memutuskan mengikuti Guardiola ke Bayern Munchen pada tahun 2013.

Sejak itu, pemain berusia 26 tahun tersebut terus memperkuat reputasinya sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia. Bahkan, pelatih Barcelona saat ini Ernesto Valverde juga sangat mengagumi sang pemain.

Selama beberapa tahun belakangan ini, Thiago sudah cukup sering dikaitkan dengan kembalinya ke Barcelona. Sang pemain sudah mengisyaratkan dirinya bersedia kembali ke klub yang sudah ia anggap seperti rumahnya sendiri.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓