Sukses


Fakta Jelang El Clasico: Persaingan Alumni Akademi Real Madrid dan Barcelona

Bola.com, Jakarta - Pekan ini menjadi momen panas bagi fans dua tim raksasa asal Spanyol, Real Madrid dan Barcelona. Duo tersebut bakal bertempur secara beruntun, di tengah dan akhir pekan.

Kamis (28/2/2019) dini hari WIB, Real Madrid dan Barcelona bakal bersua pada Leg 2 Babak Semifinal Copa del Rey 2018-2019. Tiga hari berselang, Santiago Bernabeu kembali menjadi altar perseteruan di pentas La Liga.

Atensi publik dunia terhadap El Clasico pekan ini memunculkan beragam fakta. Satu di antaranya adalah persaingan dua tim tradisional Spanyol tersebut dalam urusan akademi.

Rilis La Liga mengungkapkan, Real Madrid dan Barcelona mendominasi angka terbanyak lulusan akademi yang bermain di lima liga terbesar di Eropa. Tak pelak, El Clásico mewakili dua sekolah junior terbaik di persepakbolaan Benua Biru.

Barcelona memiliki La Masia, sedangkan Real Madrid punya La Fábrica. Dua sekolah tersebut terkenal memiliki reputasi tak pernah berhenti menghasilkan pemain-pemain berbakat.

Masing-masing akademi menghasilkan beberapa legenda La Liga, seperti Xavi, Carles Puyol, Andrés Iniesta, Iker Casillas, Raúl dan Guti. Selain itu masih ada bintang sepak bola yang tengah bersinar, yakni Lionel Messi, Gerard Piqué, Sergio Busquets, Dani Carvajal, Nacho dan Lucas Vázquez.

Beberapa jebolan dua akademi sepak bola elit ini menjadi bintang di klub senior Barcelona dan Real Madrid. Tidak hanya itu saja, lulusan dua akademi ini banyak yang berkarier di klub lain, baik di Spanyol ataupun non-Spanyol.

 

2 dari 2 halaman

Fakta Alumni

Fakta dari CIES Football Observatory, yang dirilis akhir tahun 2018, mengungkapkan, Real Madrid lebih banyak memiliki 36 alumni yang bermain pada klub- klub di lima liga Eropa terbesar. Lima kompetisi tersebut adalah La Liga Spanyol, Premier League Inggris, Liga Italia Serie A, Bundesliga Jerman dan Ligue 1 Prancis.

Catatan tersebut membuat Real Madrid memiliki kuantitas lebih banyak dibanding tim lain, termasuk Barcelona. Sementara itu, Barcelona menduduki peringkat ketiga dengan mengirim 34 lulusan yang bermain di liga-liga top Eropa. Barcelona berada satu peringkat di bawah akademi Lyon (35 alumni)

Laporan tersebut juga menemukan, Real Madrid memiliki 53 mantan pemain muda yang bersaing di divisi teratas 31 liga terbaik di Eropa. Sedangkan akademi La Masia milik Barcelona, memiliki 47 lulusan yang bermain di 30 liga top lainnya di luar Spanyol.

Realitas tersebut menjadi pencapaian luar biasa bagi Real Madrid dan Barcelona. Selain itu, angka tersebut juga mewakili persepakbolaan Spanyol secara keseluruhan. Delapan akademi klub-klub lain peserta La Liga berada di posisi 50 teratas, berdasarkan jumlah lulusan yang bermain di lima liga top lain.

Sumber: La Liga

Video Populer

Foto Populer