Sukses


Fakta Kompetisi La Liga Menghidupkan Denyut Perekonomian Spanyol

Bola.com, Jakarta - Firma konsultasi PricewaterhouseCoopers (PwC) mengeluarkan studi independen mengenai dampak sosial ekonomi industri sepak bola profesional di Spanyol yang menghasilkan 185 ribu lapangan pekerjaan, pajak sebesar 4,1 miliar euro, dan penghasilan yang setara dengan 1,37 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Spanyol. Fakta ini menujukkan kalau sepak bola menghidupkan denyut ekonomi di Negeri Matador.

Laporan berjudul ‘Financial, Fiscal, and Social Impact of Professional Football in Spain’(Finansial, Fiskal, dan Dampak Sosial dari Sepak Bola Profesional di Spanyol) yangdipresentasikan oleh perwakilan dari PwC, Jordi Esteve dan Pablo Bascones, disusunberdasarkan data yang diambil dari musim 2016/17, menggantikan versi sebelumnya yangdisusun dari data musim 2012-2013.

Presiden La Liga, Javier Tebas, juga menganalisa hasil dari laporan ini dan mengatakan bahwa: “Laporan ini menegaskan betapa pentingnya aspek sosial dan finansial untuk sepak bola profesional di Spanyol, dan selain itu juga menekankan betapa pentingnya membuat keputusanyang bertanggung jawab dan dipikirkan dengan matang tentang segala sesuatu yangmemengaruhi industri yang sangat relevan bagi masyarakat kita."

Acara presentasi ini diakhiri dengan acara diskusi Bersama Asisten Manajer Periklanan Espana Global, Ester Borras, Sekretaris Jenderal Hosteleria de Espaana, Emilio Gallego, dan KepalaKonten Movistar+, Ignacio Fernandez-Vega.

Hasil dari laporan ini menyimpulkan bahwa lapangan pekerjaan telah meningkat sebesar 28 persen dibandingkan dengan laporan dengan topik yang sama empat tahun lalu, kontribusi fiskal jugameningkat sebanyak 41 persen, dan kontribusi untuk aktivitas finansial La Liga meningkat sebanyak dua kali lipat.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 4 halaman

Kontribusi buat Produksi

Total penghasilan yang berasal dari industri sepak bola profesional di Spanyol pada musim 2016-2017 yaitu lebih dari 15,69 miliar euro, setara dengan 1,37 persen dari PDB (Pendapatan Domestik Bruto) negara. Artinya, setiap euro yang diterima oleh La Liga berkontribusi sebanyak 4,20 euro untuk keseluruhan ekonomi negara.

Gelandang Real Madrid, Marco Asensio, berebut bola dengan gelandang Valencia, Daniel Parejo, pada laga La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Sabtu (1/12). Madrid menang 2-0 atas Valencia. (AFP/Oscar Del Pozo)

Kontribusi terhadap lapangan pekerjaan industri ini juga berkontribusi terhadap lapangan pekerjaan dengan secara total menelurkan185 ribu pekerjaan baru di musim 2016-2017, yang mana setiap satu pekerjaan yang langsung berasal dari LaLiga juga menghasilkan empat pekerjaan baru lainnya di Spanyol, mencakup rata-rata 0,98 persen dari total pekerja di Spanyol.

Sebanyak 180 ribu pekerjaan yang telah diciptakan menghasilkan sejumlah besar pekerjaan di sektor dankegiatan lain dalam perekonomian Spanyol.

Contohnya, jika membandingkan pekerjaan yangdihasilkan di industri tekstil, manufaktur, dan kulit, nilainya setara dengan 1,2 kali jumlah orangyang dipekerjakan pada tahun 2016 atau 2,4 kali jumlah pekerja yang bekerja di bidangmetalurgi dan pembuatan produk-produk besi, baja, dan paduan besi.

 

3 dari 4 halaman

Efek Ganda

La Liga juga menciptakan penghasilan tambahan bernilai hampir EUR 4 miliar di sektor lain,seperti katering, akomodasi, bar, dan wisata lokal.

Apabila dinilai dari dampak yang dihasilkan oleh sepak bola terhadap sektor ekonomi lainnya, maka kontribusi yang sangat besar terlihat dari katering, transportasi, dan akomodasi untuk acara olahraga yang diadakan di stadion,dengan angka mencapai 2,4 miliar euro untuk musim 2016-2017.

7. Antoine Griezmann – 131 gol: Total 40 gol berhasil dicatatkan bersama Real Sociedad. Hasil tersebut membuat Atletico Madrid berani menebus pemain Prancis tersebut dengan mahar yang tidak sedikit. (BCWGlobal)

Selain dampak yang dihasilkan oleh pengunjung stadion, angka penonton yang tinggi untukpertandingan LaLiga telah membantu bar-bar di Spanyol meraup sekitar EUR 1,23 miliar sertamenghasilkan 19.415 pekerjaan.

Penggemar sepak bola juga menikmati pertandingan melalui paket TV berlangganan. Total 58 persen dari6,6 juta pelanggan mendaftar untuk saluran-saluran sepak bola dan 41 persen dari mereka tidak ingin berlangganan apabila tayangan sepak bola tidak tersedia di channel TV berlangganan tersebut.

4 dari 4 halaman

Dampak Sosial

Sebuah survei yang melibatkan 800 orang juga diadakan untuk lebih memahami dampak positifLaLiga bagi masyarakat Spanyol melalui sepak bola.

Sebanyak 79 persen partisipan merasa bahwa sepak bola profesional di Spanyol membawa dampak positif untuk hubungan sosial dan hampir 70 persen menganggap bahwa sepak bola membawa efek menguntungkan bagi hubungan mereka dengan keluarga masing-masing.

Aksi gelandang Real Madrid, Luka Modric pada laga lanjutan La Liga yang berlangsung di stadion Cornellà-El Prat, Espanyol, Senin (28/1). Real Madrid menang 4-2 atas Espanyol. (AFP/Josep Lago)

Menurut laporan tersebut, sepak bola profesional mempromosikan nilai-nilai yang terdapatdalam masyarakat Spanyol, seperti tanggung jawab, pembinaan, integritas, persahabatan, rasahormat, dan sportivitas.

Selain itu, 78 persen responden percaya bahwa sepak bola profesional Spanyol memiliki dampakpositif untuk reputasi negara Spanyol, mengungguli cabang olahraga lain seperti tenis danbasket.

Video Populer

Foto Populer