Sukses


Analisis Taktik Jose Mourinho Berkaitan Barcelona Bocor ke Publik

Jakarta - Jose Mourinho beberapa tahun lalu ternyata pernah menilai skuat Barcelona. Di periode pertamanya sebagai manajer Chelsea pada 2004-07, Mourinho ternyata pernah menilai skuat Barca secara keseluruhan.

Kala itu, Chelsea dijadwalkan bertemu Barcelona di babak 16 besar Liga Champions 2005/06. Seperti biasa, pelatih satu tim selalu berusaha membaca kekuatan tim lawan dan mewaspadai ancaman pemain-pemain top mereka.

Persiapan ini dikenal dengan istilah scouting alias penilaian kemampuan tiap-tiap individu pemain. Mourinho melakukan ini pada skuat Barcelona era tersebut.

Saat itu, Mourinho sudah bisa melihat bakat istimewa Lionel Messi di Barcelona. Penilaian Jose Mourinho soal skuat Catalan kini bocor ke publik.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 3 halaman

Ronaldinho dan Puyol

The Blues akhirnya takluk dengan agregat 2-3 dari Barcelona, artinya pengintaian yang dilakukan Mourinho tidak benar-benar bekerja dengan baik. Kendati demikian, tetap saja penilaian Mourinho patut diperhatikan.

Mengutip tribalfootball, soal kemampuan Ronaldinho, Mourinho menuliskan: "Sangat buruk dalam transisi defensif dan kemampuan defensif - bisa dieksploitasi. Selalu bermain curang - mudah terjatuh."

Dia juga mendeskripsikan Carles Puyol demikian: "Agresif tetapi sangat emosional. Lepas kontrol ketika wasit mengabaikan pelanggaran pada dia dan mudah marah ketika diprovokasi. Bek agresif, mengantisipasi dengan tubuhnya. Pemahaman posisi yang buruk dan kepemimpinan pertahanan yang buruk [ingin melakukan jebakan offside ketika tidak mungkin."

 

3 dari 3 halaman

Messi dan Iniesta

Hal yang sama juga Mourinho lakukan pada kemampuan Lionel Messi dan Iniesta. Saat itu Messi masih sangat muda, tetapi sudah berbahaya. Mourinho juga mewaspadai kemampuan Iniesta,

Soal Messi, Mourinho berkata: "Berkualitas dan memiliki kecepatan baik tetapi sangat mengandalkan kaki kiri. Memiliki sikap yang sama persis dengan Ronaldinho. Bermain di lini dalam atau diagonal. Mendorong semangat tim dengan menggiring bola. Hebat dalam 1 vs 1."

Dan untuk Iniesta: “Selalu datang dari bangku cadangan. Pemain yang sangat dinamis. Memiliki radius aksi yang hebat. Punya kecepatan saat bergerak dan melakukan eksekusi. Pemain yang penuh trik,” tandas dia

Sumber: Bola.net

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça
    Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol

    Barcelona

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues
    Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005

    Chelsea

  • La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga merupakan sebuah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.
    La Liga adalah liga sepak bola divisi tertinggi yang ada di Spanyol.

    La Liga

  • Bola.net

Video Populer

Foto Populer