Presiden Barcelona Risau jika Lionel Messi Pensiun

Oleh Liputan6.com pada 05 Apr 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 05 Apr 2019, 21:00 WIB
Josep Maria Bartomeu
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, akan antisipasi agar klubnya tidak terpuruk setelah Lionel Messi pensiun. (LLUIS GENE / AFP)

Jakarta - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengakui bahwa klubnya bisa jadi kerepotan pasca Lionel Messi memutuskan gantung sepatu beberapa tahun ke depan. Messi adalah bagian besar dari Barcelona itu sendiri, jadi kehilangan pemain seperti Messi tentu bakal jadi pukulan berat.

Sudah banyak contoh klub-klub besar yang terpuruk pasca kehilangan sosok terpenting mereka, entah itu pelatih atau pemain. Manchester United mengalaminya ketika Sir Alex Ferguson pensiun - bahkan sampai saat ini MU masih belum bangkit sepenuhnya.

Rival Barcelona, Real Madrid juga menjalani musim terburuknya di 2018-2019 ini pasca kepergian Cristiano Ronaldo dan Zinedine Zidane, meski akhirnya Zidane kembali jelang akhir musim ini. Artinya, klub besar pun masih begitu bergantung pada pemain andalan mereka.

Bartomeu menyadari itu, dia juga mengakui Barca bergantung pada Messi. Pun demikian, dia yakin Barca sudah berasa sebaik mungkin untuk menghindari keterpurukan tersebut.

Pertama-tama, Bartomeu tidak membantah kemungkinan klubnya bakal terpuruk pasca ditinggal Messi. Ya, dia mengakui nasib yang dialami MU dan Madrid bisa saja terjadi pada Barcelona, tetapi yang terpenting adalah berusaha menghindarinya sebaik mungkin.

"Ya, tentu saja [Barca bisa jatuh seperti MU atau Madrid], itulah yang sedang kami usahakan untuk menghindarinya," tegas Bartomeu kepada ESPN FC.

"Terkadang saya menjelaskan pada anggota klub dan dewan pengurus, yang kami lakukan saat ini adalah mendatangkan pemain-pemain yang sangat muda."

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

2 dari 3 halaman

Era Messi

Top Scorer La Liga
Penyerang Barcelona, Lionel Messi. (AFP/Lluis Gene)

"Pemain-pemain muda yang kami pikir sangat bertalenta: [Clement] Lenglet, Ousmane Dembele, Arthur Melo, Frenkie de Jong, Marc-Andre ter Stegen masih sangat muda," sambung dia.

Sebab itu, Bartomeu yakin pemain-pemain muda itulah yang bakal jadi tumpuan Barca pasca era Messi. Dia yakin Barca tidak akan terjatuh sedemikian dalam seperti klub-klub besar lainnya.

"Ada banyak pemain yang akan terus bermain setelah era Messi."

3 dari 3 halaman

Selalu Spesial

Juga, Meski Messi pensiun nanti, dia menjamin hubungan Barca-Messi akan selalu spesial. Barcelona tidak akan pernah dibicarakan tanpa Lionel Messi, begitu pun sebaliknya.

"Hubungan dia dengan Barca akan bertahan selamanya. Saya memberikan contoh Pele, yang selalu bermain di Santos. Kami ingin Messi selalu bersama Barca, entah dengan bermain atau dihubungkan dengan klub [ketika dia pensiun]," tandas Bartomeu.

Sumber: Bola.net 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓