Barcelona dan Andres Iniesta Segera Bereuni

Oleh Aning Jati pada 20 Apr 2019, 16:40 WIB
Chelsea-Barcelona-Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Untuk kali pertama, Barcelona dan Andres Iniesta dijadwal berhadapan dalam sebuah pertandingan. Andres Iniesta pernah jadi icon Bluagrana dan hingga sekarang masih jadi simbol loyalitas seorang pemain pada klub, meski ia kini berstatus pemain J-League, Vissel Kobe.

Andres Iniesta resmi gabung Vissel Kobe pada 24 Mei 2018. Sejak itu, kedua pihak sudah tak lagi berjumpa. Hingga, sebuah laga uji coba dalam persiapan musim 2019-2020 pada musim panas nanti membawa Barcelona ke Jepang.

Dengan difasilitasi sponsor utama Barcelona asal Jepang, Rakuten, Barcelona akan menyambangi Negeri Matahari Terbit itu dalam masa pramusim. Satu di antara klub yang dijadwalkan jadi lawan dalam partai ekshibisi itu adalah Vissel Kobe.

"Semua tahu kami punya tiga mantan pemain kami di Kobe, ada Sergei Samper, Andres Iniesta, David Villa. Mereka mengetahui filosofi Barcelona. Mereka di sini untuk membantu sepak bola Jepang bertumbuh, membantu pemain muda mengetahui bagaimana sepak bola di Barcelona," kata Eric Abidal, mantan bek Blaugrana yang kini jadi Sekretaris Teknik Barcelona.

Andres Iniesta juga menyatakan antusiasme dengan rencana ini. Meski, itu berarti ia harus melawan klub yang jadi bagian penting dalam hidupnya dan klub yang sudah dianggapnya "rumah" sepanjang 20 tahun. 

"Saya menghabiskan banyak waktu di sana sebelum datang ke Kobe, dan sangat menarik kami bisa bertanding dengan mereka di stadium kami," kata Iniesta.

"Ini jadi pengalaman baru bagi saya. Saya tak pernah bermain untuk tim lain, selain Barcelona. Saya ingin pertandingan ini menyuguhkan yang terbaik dari kami, dan saya pikir ini akan jadi peluang penting untuk bertumbuh," lanjutnya.

Selain melawan Vissel Kobe, Blaugrana juga akan menghadapi Chelsea dalam rangkaian tur pramusim ini. Uji coba melawan Chelsea akan digelar di Saitama Stadium, Tokyo, pada 23 Juli, kemudian dilanjutkan melawan Vissel Kobe di Noevir Stadium pada 27 Juli 2019.

Ini akan jadi kunjungan pertama Barcelona ke Jepang sejak kali terakhir pada Desember 2015, ketika mereka mengalahkan River Plate di International Stadium Yokohama pada Piala Dunia Antarklub.

Sumber: Japan Times