Sukses


Hasil La Liga: Barcelona Tekuk Levante 1-0 dan Jadi Kampiun

Bola.com, Jakarta - Barcelona sukses menyegel gelar juara La Liga musim 201-2019 pada Jornada ke-35. Menjamu Levante di Camp Nou, El Blaugrana menang dengan skor tipis 1-0.

Gol penentu gelar juara Barcelona dicetak bintang andalan mereka, Lionel Messi, yang masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Jalannya Pertandingan

Meski sang pelatih, Ernesto Valverde, memilih menyimpan Lionel Messi, Barcelona tetap tampil dominan sejak awal laga. Mereka langsung menggempur pertahanan Levante sejak wasit meniupkan peluit tanda pertandingan dimulai.

Baru lima menit pertandingan berjalan, Aitor Fernandez sudah membuat dua penyelamatan krusial. Di menit kedua, ia menggagalkan tembakan Suarez dengan kakinya, sementara di menit kelima, ia menepis tembakan terukur Philippe Coutinho.

Dominasi Barcelona terus berlanjut. Lenglet sempat mengancam melalui sundulan, memanfaatkan skema sepak pojok, tetapi bola masih melebar dari gawang Aitor.

Secara garis besar tuan rumah mendominasi jalannya pertandingan, namun tim tamu berhasil bermain dengan disiplin untuk menahan mereka.

Di menit ke-20, Barcelona mendapatkan dua peluang emas. Peluang pertama kembali dibuat Luis Suarez yang bermanuver di sisi kiri serangan Barcelona dan melepaskan tembakan dengan kaki kanannya, namun lagi-lagi Aitor mampu menepis peluang tersebut.

Enam menit berselang giliran Jordi Alba mengirimkan umpan silang ke kotak terlarang Levante, namun bola yang disundul Coutinho, mengarah tepat ke Airtor.

Di sisa babak pertama ini dominasi Barcelona tidak berubah. Mereka terus menggempur pertahanan Levante, sementara tim tamu terus bermain dengan solid sembari sesekali melancarkan serangan balik.

Menjelang akhir babak pertama Barcelona kembali hampir membuka keunggulan, tembakan bebas Philippe Coutinho berhasil melewati pagar betis, namun bola mengarah ke mistar gawang sehingga gagal berbuah gol. Skor 0-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, kedua pelatih melakukan pergantian pemain. Ernesto Valverde menarik keluar Philippe Coutinho dan digantikan dengan Lionel Messi. Sementara di kubu tim tamu, pelatih Paco Lopez menarik keluar Moses Simon untuk digantikan dengan Jose Luis Morales.

Masuknya Messi ke skuat Barcelona langsung berdampak besar. Aliran permainan Barcelona menjadi lebih cepat dan mereka semakin agresif dalam menggempur pertahanan Levante, sementara tim tamu masih bermain dengan disiplin di babak kedua ini.

Dala, 15 menit pertama, Barcelona yang tampil dominan tidak memiliki peluang yang cukup berarti. Mereka sempat mengancam melalui tembakan keras Ivan Rakitic dan tembakan melengkung Ousmane Dembele, namun bola masih melebar dari gawang Aitor.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta di menit ke-62. Lionel Messi yang memecah kebuntuan. Bola umpan sundulan Vidal berhasil dikonversikan menjadi gol berkat tembakan mendatar yang tidak mampu dihalau Aitor. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Tertinggal satu gol membuat Levante mengubah gaya bermain. Mereka menjadi lebih agresif dalam menyerang gawang Barcelona. Berselang satu menit pasca gol Messi mereka langsung mengancam setelah Mayoral lolos jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Marc Andre Ter Stegen. Namun, peluangnya itu masih bisa dihalau kiper asal Jerman tersebut.

Empat menit berselang giliran Morales yang mengancam gawang Ter Stegen, hanya ia tidak mengontrol bola dengan baik sehingga tembakannya masih melambung di atas mistar gawang Barcelona.

Di pertengahan babak kedua, kedua pelatih kembali melakukan pergantian pemain. Di kubu Levante, Nikola Vukcevic ditarik keluar dan digantikan Enis Bardhi sementara di kubu Barcelona, Arthur dipanggil keluar, digantikan Sergio Busquets.

Di menit ke-75, Barcelona mendapatkan sebuah peluang emas melalui tembakan roket Arturo Vidal. Namun, tembakan itu kurang terkontrol sehingga bola masih melambung di atas gawang Aitor.

Di sisa babak kedua, dua pelatih kembali melakukan pergantian terakhir mereka. Di kubu tuan rumah, Ousmane Dembele ditarik keluar untuk digantikan Sergi Roberto sementara Levante mengganti Ruben Rochina dengan Roger Marti.

Jual beli serangan di sisa babak kedua terus berlangsung. Barcelona masih mendominasi pertandingan sementara Levante mengancam melalui serangan balik mereka.

Di menit ke-87, Levante hampir merusak pesta juara Barcelona setelah Borja Mayoral melepaskan tembakan yang luput dari pengawasan Ter Stegen. Namun, bola hanya mengenai mistar gawang Barcelona dan bola pantulan berhasil diamankan Ter Stegen.

Jual beli serangan terus terjadi, namun hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, skor 1-0 tidak berubah untuk keunggulan Barcelona.

Berkat kemenangan ini, Barcelona resmi dinobatkan sebagai kampiun La Liga musim 2018-2019, di mana gelar ini merupakan gelar ke-26 mereka sepanjang sejarah. Sementara Levante harus tertahan di peringkat ke- 15.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Arthur (Busquets 75'), Vidal, Rakitic; Coutinho (Messi 46'), Suarez, Dembele (Roberto 84')

Pelatih: Ernesto Valverde

Levante (4-1-4-1): Fernandez; Luna, Pier, Vezo, Coke; Vukcevic (Bardhi 65'); Simon (Morales 46'), Campana, Rochina (Marti 84'), Jason; Mayoral

Pelatih: Paco Lopez

Video Populer

Foto Populer