Sukses


5 Laga Penting Barcelona Dalam Menjuarai La Liga Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Barcelona berhasil merengkuh trofi juara La Liga Spanyol musim ini. Kemenangan atas Levante pada laga pekan ke-35, Sabtu (27/4/2019), membuat Los Cules makin kukuh di puncak klasemen.

Menjamu Levante di Camp Nou, skuat Catalan tampil dominan sejak bola digulirkan. Mereka berhasil mencatatkan 62 persen penguasaan bola, berbanding 38 persen milik Levante.

Los Cules juga melepaskan 23 tembakan yang 12 di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Granotas hanya memiliki dua peluang bagus dari tujuh kesempatan.

Meski menguasai jalannya pertandingan, Barcelona hanya mampu menang 1-0 atas Levante. Gol tunggal kemenangan Blaugrana disarangkan Lionel Messi pada menit ke-62.

Berkat kemenangan tersebut, posisi Barca di puncak klasemen La Liga sudah tak tergoyahkan. Mereka mendulang 83 poin hasil dari 35 laga, unggul sembilan angka atas Atletico Madrid di urutan kedua.

Pertandingan musim ini, sebenarnya masih menyisakan tiga laga. Akan tetapi, Atletico sudah tak mungkin lagi menyalip Blaugrana karena kalah head to head.

Bagi Barcelona, ini adalah trofi La Liga yang ke-26 sepanjang sejarah dan yang kedelapan dalam 11 musim terakhir. Mereka masih terpaut tujuh gelar juara dari Real Madrid yang merupakan klub tersukses di La Liga.

Kendati terus bercokol di puncak klasemen, Barcelona harus berjuang keras untuk bisa keluar sebagai juara. Berikut ini adalah lima pertandingan kunci bagi El Barca dalam menjuarai La Liga musim ini.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

 

2 dari 6 halaman

Versus Real Sociedad

Barcelona melawat ke markas Real Sociedad di Stadion Anoeta pada laga pekan ke-4 La Liga, 15 September 2018. Mereka sempat tertinggal lebih dulu setelah Aritz Elustondo mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-12.

Akan tetapi, Barca mampu bangkit. Mereka berhasil membalikkan kedudukan dan mengunci kemenangan dengan skor 2-1. Sepasang gol Barcelona disarangkan Luis Suarez pada menit ke-63 dan Ousmane Dembele menit ke-66.

Hasil berbeda didapatkan dua rival Barca, yakni Atletico Madrid dan Real Madrid. Atletico ditahan 1-1 Eibar, sedangkan Madrid bermain sama kuat 1-1 melawan Athletic Bilbao.

Torehan itu membuat Barca nyaman berada di puncak klasemen dengan nilai 12. Mereka unggul dua poin atas Real Madrid di urutan kedua, lima angka atas Celta Vigo di posisi tiga.

3 dari 6 halaman

Versus Real Madrid

Duel El Clasico edisi perdana pada musim ini terjadi pada pekan ke-10 La Liga, 28 Oktober 2018. Menjamu Madrid di Camp Nou, Barca tampil tanpa Lionel Messi yang mengalami cedera pada lengannya.

Meski tanpa La Pulga, Barcelona berhasil melumat El Real dengan skor 5-1. Philippe Coutinho (11'), Luis Suarez (30', 75', 83'), dan Arturo Vidal (87') saling bergantian membobol gawang Real Madrid. Sementara itu, gol tunggal Madrid dicetak Marcelo menit ke-50.

Kemenangan ini makin mendongkrak kepercayaan diri tim asuhan Ernesto Valverde tersebut. Apalagi, dalam lima laga sebelumnya di La Liga, Barcelona meraih satu kemenangan, tiga hasil imbang, dan sekali kalah.

Mereka tetap mempertahankan posisi di puncak klasemen dengan nilai 21. Los Cules hanya unggul satu poin atas Celta Vigo yang naik ke peringkat kedua.

4 dari 6 halaman

Versus Sevilla

Barcelona menjalani duel krusial lainnya yakni kontra Sevilla pada pekan ke-25 di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, 23 Februari 2019. Skuat Catalan sempat mendapat perlawanan sengit dari Los Rojiblancos.

Meski begitu, mereka berhasil mencuri tiga poin dengan kemenangan 4-2. Lionel Messi tampil sebagai bintang Barca berkat hattricknya pada menit ke-26, 67', dan 85'.

Selain Messi, gol Barcelona juga disarangkan Luis Suarez pada menit ke-90+3. Sementara itu, dua gol Sevilla dicetak Jesus Navas pada menit ke-22 dan Gabriel Mercado menit ke-42.

El Barca makin menjauh dari para pesaingnya. Mereka berada di puncak klasemen dengan nilai 57, unggul tujuh poin atas Atletico Madrid di peringkat kedua.

5 dari 6 halaman

Versus Real Madrid

Selepas duel melawan Sevilla, Barcelona langsung bersua sang rival abadi, Real Madrid, pada 2 Maret 2019. Menghadapi pertandingan di Santiago Bernabeu tersebut, Barca sedang dalam kepercayaan diri tinggi karena sukses membungkam Madrid dengan skor 3-0 di stadion yang sama pada leg kedua semifinal Copa del Rey.

Barca yang tampil dengan skuat terbaiknya kembali berhasil mempermalukan Los Blancos di hadapan pendukungnya sendiri. Gol Ivan Rakitic pada menit ke-26 membuat Barcelona mendulang tiga poin penuh.

Berkat hasil positif tersebut, Blaugrana masih kukuh berada di urutan teratas dengan nilai 60. Mereka unggul hingga tujuh poin atas Atletico di posisi kedua, dan 12 poin atas Real Madrid di peringkat ketiga.

6 dari 6 halaman

Versus Atletico Madrid

Barcelona menghadapi sang rival terdekat, Atletico Madrid, pada pekan ke-31 di Camp Nou, 6 April 2019. Barca berambisi mendulang tiga poin demi memperlebar jarak dari Los Rojiblancos.

Akan tetapi, tak mudah bagi skuat Catalan untuk membungkam Atletico. Padahal, tim tamu harus bermain dengan 10 orang setelah Diego Costa diganjar kartu merah pada menit ke-28.

Saat pertandingan menyisakan lima menit lagi, Barcelona berhasil mencetak dua gol lewat aksi Luis Suarez (85') dan Lionel Messi (86'). Los Cules pun mengakhiri pertandingan dengan skor 2-0.

Hasil itu mempertegas posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga. Mereka berhasil mendulang 73 poin, memimpin hingga 11 poin atas Atletico di peringkat kedua.

Sumber: Sport, Transfermarkt

Video Populer

Foto Populer