4 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Bintang Baru Barcelona: Ludovit Reis

Oleh Ario Yosia pada 07 Jun 2019, 17:30 WIB
Ludovit Reis

Bola.com, Jakarta - Raksasa La Liga, Barcelona, telah menyelesaikan proses kepindahan pemain asal klub Groningen, Ludovit Reis. Groningen mengumumkan sang pemain telah menyepakati kontrak hingga 2022, plus opsi perpanjangan dua tahun.

Barcelona sepakat dengan banderol dari manajemen Groningen untuk pemain berusia 18 tahun tersebut, yakni 8 juta euro atau sekitar Rp129 miliar. Angka tersebut lebih mahal dari penawaran perdana Barcelona terhadap Ludovit Reis, yakni 2,5 juta euro.

Berstatus anggota baru, bukan berarti Ludovit Reis akan langsung menjadi anggota tim utama Barcelona. Tim pelatih Los Azulgrana memiliki rencana lain, yakni 'menyekolahkan' sang pemain ke tim Barcelona B.

Seperti diketahui, tim Barcelona B menjadi bagian dari 'kawah Candradimuka' para pemain muda Blaugrana. Ludovit Reis bakal merasakan bermain bersama Ferrán Sarsanedas dkk, setidaknya dalam setahun ke depan.

Barcelona yakin Ludovit Reis akan berkembang jika mendapat tempaan di tim Barcelona B. Pada musim depan, tim 'cadangan' Barcelona tersebut akan berlaga di Segunda Division B.

Sosok Ludovit Reis menjadi magnet publik Eropa setelah tampil prima bersama Groningen sepanjang musim lalu. Ia bermain 33 laga dengan koleksi satu gol dan satu assist. Ludovit Reis merasakan debut sebagai pemain profesional pada Oktober 2017.

Sekadar informasi, gol Ludovit Reis ke gawang Sparta Rotterdam di liga domestik, menjadi catatan rekor tersendiri. Ia berstatus pemain pertama kelahiran abad ke-21 yang mencetak gol di pentas Eredivisie. Kini, Barcelonistas berhadap Reis akan tampil bagus dan menunjukkan potens bersama tim kedua Barcelona.

Mau kenal lebih dalam Ludovit Reis dan apa yang membuat Barca kepincut mendatangkannya? Berikut adalah empat hal yang patut diketahui mengenai sang pemain.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 5

Sosok yang Disiplin

Sebagai pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan, kemampuan untuk menjaga emosi dan kedisiplinan dalam sebuah pertandingan dan sepanjang sebuah musim kompetisi adalah sesuatu yang sangat penting, dan harus dikuasai secepat mungkin.

Ludovit Reis nampak sudah memiliki kedisiplinan yang memuaskan bagi pemain yang baru berusia 18 tahun. Sepanjang kompetisi Eredivisie dengan Groningen dalam 28 pertandingan, ia hanya mendapatkan lima kartu kuning dan mengakhiri musim tanpa mendapatkan satupun kartu merah.

3 of 5

Kemampuan Bertahan yang Bagus

Terdapat tiga bagian penting yang harus menjadi kemampuan utama bagi seorang pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan, seperti Ludovit Reis, yaitu mengumpan bola, tackle, dan memotong umpan yang diberikan oleh lawan.

Sepanjang musim 2018-2019, Reis mencatatkan kesuksesan umpan sebesar 74,8%, 3,5 tackle per pertandingan, dan 2,3 pemotongan umpan per pertandingan.

4 of 5

Bisa Bermain di 2 Timnas

Memiliki dua kewarganegaraan adalah sesuatu yang umum dalam dunia sepak bola, hal ini dapat memberikan pengaruh yang signifikan bagi karier pemain tersebut dalam tingkat internasional.

Ludovit Reis memang berstatus sebagai warga negara Belanda dan sudah pernah tampil untuk tim nasional mereka pada tingkat U19, tetapi ia juga dapat membela Slovakia karena orang tuanya adalah warga negara tersebut.

5 of 5

Pencinta Liverpool

Setiap pemain sepak bola profesional tentu memiliki klub impian yang ingin dibelanya, dan hal yang sama juga berlaku bagi Ludovit Reis sejak mengawali kariernya dengan Groningen pada 2017.

Pemain berusia 18 tahun itu memiliki impian untuk bermain dengan Liverpool, klub yang menyingkirkan tim yang akan dibelanya musim depan, Barcelona, pada babak semifinal Champions League 2018-2019.

Sumber: 90min 

Lanjutkan Membaca ↓