Eden Hazard dan 6 Pemain Premier League yang Gabung ke Real Madrid

Oleh Rizki Hidayat pada 08 Jun 2019, 19:30 WIB
Eden Hazard - Liga Europa

Bola.com, Jakarta - Eden Hazard resmi hengkang dari Chelsea dan melanjutkan kariernya bersama Real Madrid. Hazard akan diperkenalkan sebagai pemain Madrid pada Kamis (13/6/2019).

Demi bisa meminang gelandang Timnas Belgia itu, manajemen El Real kabarnya harus mengeluarkan dana hingga 150 juta poundsterling (Rp 2,7 triliun). Selain itu, dia juga menerima gaji 400 ribu poundsterling (Rp 7,2 miliar) per pekan dari Madrid.

"Real Madrid dan Chelsea telah menyepakati transfer Eden Hazard. Sang pemain akan bergabung bersama klub dalam lima musim kedepan, sampai 30 Juni 2024," bunyi pernyataan resmi Los Blancos.

Bisa bergabung ke Real Madrid, Eden Hazard mengaku bahagia. Bagi pemain 28 tahun tersebut, Madrid adalah klub impiannya sejak kecil.

"Untuk semua teman dan keluarga saya di Chelsea, Anda tahu jika sata akan bergabung dengan Real Madrid," tulis Hazard di akun Facebook pribadinya.

"Bukan rahasia lagi jika merupakan mimpi saya untuk bermain bersama Real Madrid sejak saya masih kecil," lanjutnya.

Dengan rampungnya proses transfer ini, Eden Hazard mengikuti jejak pemain Premier League lain yang juga hengkang ke Real Madrid. Mayoritas pemain tersebut memiliki karier yang gemilang bersama El Real.

Berikut ini adalah enam pemain Premier League yang pernah bergabung dengan Real Madrid:

 

2 of 6

Steve McManaman

Steve McManaman
Steve McManaman. (AFP/Christophe Simon)

Tampil apik bersama Liverpool dan dicap sebagai pemain Inggris terbaik sepanjang masa, membuat Steve McManaman masuk dalam daftar belanja Real Madrid pada bursa transfer musim panas 1999.

Dia akhirnya hengkang ke Madrid pada 1 Juli 1999 dengan status bebas transfer. Real Madrid tak perlu mengeluarkan dana sepeser pun untuk mendapatkan McManaman, karena kontraknya bersama Liverpool telah berakhir.

Steve McManaman mampu menjadi satu di antara pilar penting El Real di lini tengah. Dia berhasil mencetak 14 gol dari 152 pertandingan di seluruh ajang.

McManaman juga turut membantu Real Madrid meraih enam gelar juara, dengan rincian dua trofi La Liga, satu Piala Super Spanyol, dua gelar Liga Champions, dan satu titel Piala Super Eropa.

3 of 6

David Beckham

david beckham
Mantan gelandang Real Madrid, David Beckham. (AFP/Pedro Armestre)

Terlibat perselisihan dengan manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson, menjadi satu di antaranya penyebab Beckham hengkang ke Real Madrid pada musim panas 2003.

Gelandang asal Inggris itu ditebus Madrid dengan banderol 37 juta euro (Rp 598 miliar). Dia pun sepakat menandatangani kontrak berdurasi empat musim.

Menjadi bagian dari era Los Galacticos, David Beckham hanya mampu mempersembahkan dua gelar juara, yakni La Liga dan Piala Super Spanyol. Dia juga mencetak 20 gol dari 155 penampilan di seluruh ajang.

4 of 6

Michael Owen

Gareth Bale Terbaik dari 6 Pencetak Gol Inggris Raya di La Liga Spanyol
Pemain asal Inggris, Michael Owen, mencetak 13 gol selama berseragam Real Madrid pada saat berkompetisi di La Liga Spanyol. (AFP/Pedro Armestre)

Berhasil mengoleksi 158 gol dan membantu Liverpool meraih enam gelar juara membuat Real Madrid kepincut dengan Owen. Dana 12 juta euro (193 miliar) dikeluarkan El Real demi bisa menebus Owen dari The Reds pada 13 Agustus 2004.

Akan tetapi, perjalanan karier pemain asal Inggris itu bersama Madrid tak berjalan mulus. Meski mencetak 16 gol dari 45 pertandingan di seluruh ajang, Michael Owen akhirnya dilepas ke Newcastle United pada 24 Agustus 2005.

5 of 6

Ruud Van Nistelrooy

Ruud Van Nistelrooy 09
Penyerang Real Madrid Ruud Van Nistelrooy merayakan gol ke gawang Sevilla pada pertandingan Liga Spanyol di Stadium Santiago Bernabeu, Spanyol, Minggu (6/5/2007). (EPA/Ballestreros)

Setelah lima musim membela Manchester United, Ruud Van Nistelrooy menerika tawaran dari Real Madrid pada 15 Juli 2006. Nistelrooy ditebus Madrid dari MU dengan nilai transfer yang mencapai 14 juta euro (Rp 226 miliar).

Pemain asal Belanda itu berhasil menjadi sosok penting di lini depan El Real. Dia mampu mencetak 64 gol dari 96 pertandingan di seluruh ajang, plus membantu Madrid meraih tiga gelar juara.

6 of 6

Cristiano Ronaldo

Lima Kali Juara Liga Champions, Cristiano Ronaldo Cetak Rekor Baru
Penyerang Real Madrid Cristiano Ronaldo menggendong trofi sambil menunjukkan lima jarinya usai menjadi juara Liga Champions di Stadion NSK Olimpiyskiy, Ukraina (26/5). (AP/Pavel Golovkin)

Kabar ketertarikan Real Madrid kepada Cristiano Ronaldo menjadi topik panas pada bursa transfer awal musim 2009-2010. Setelah berbagai spekulasi, Madrid akhirnya menebus Ronaldo dari Manchester United pada 1 Juli 2009.

Manajemen Los Blancos menggelontorkan dana hingga 94 juta euro untuk mendapatkan tanda tangan CR7. Harga tersebut membuat Ronaldo menjadi pemain dengan nilai transfer termahal di dunia pada saat itu.

Dana tak sedikit yang digelontorkan Real Madrid mampu ditebus Cristiano Ronaldo dengan performa apik di lapangan. Dia berhasil mencetak 450 gol dan 131 assist dari 438 pertandingan di seluruh ajang.

Ronaldo juga turut membantu Los Blancos merengkuh 15 gelar juara, termasuk dua trofi La Liga dan empat gelar Liga Champions.

Sumber: Sportsmole, Transfermarkt

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Lanjutkan Membaca ↓