Polemik di Balik Rumitnya Kepindahan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid ke Barcelona

Oleh Liputan6.com pada 16 Jun 2019, 07:00 WIB
FOTO: Top Scorer Liga Spanyol Pekan ke-36, Lionel Messi Tak Terkejar

Jakarta Antoine Griezmann sudah memutuskan bakal angkat kaki dari Atletico Madrid pada musim panas ini. Namun, hingga kini pengumuman soal klub barunya belum muncul publik. Griezmann pun kabarnya berada dalam posisi yang sulit.

Sebenarnya sudah jelas ke mana Antoine Griezmann akan berlabuh, yaitu Barcelona. Namun, entah mengapa transfer tersebut belum juga tuntas. Negosiasi kedua klub dikabarkan berjalan alot, Atletico merasa dikhianati pemain terbaik mereka.

Beberapa waktu lalu, pimpinan Atletico, Gil Marin, mengklaim mengetahui ke mana Griezmann berlabuh sejak Maret lalu. Jelas, Barcelona merupakan satu-satunya opsi yang realistis. Ia bakal menemani Lionel Messi di lini serang Blaugrana.

Griezmann nyaris bergabung dengan Barcelona tahun lalu. Namun, setelah menggoda fans Atletico selama berbulan-bulan, striker asal Prancis ini pada akhirnya meneken kontrak baru - yang ternyata mencantumkan klausul rilis lebih rendah, dari 200 juta euro jadi 120 juta euro.

Satu tahun berikutnya, Griezmann membuat pengumuman besar. Dia mengaku bakal meninggalkan Atletico Madrid. Keputusan itu sudah bulat dan tidak bisa diubah lagi. Griezmann mengatakannya langsung kepada media beberapa pekan sebelum akhir musim 2018-2019.

Pengumuman Antoine Griezmann ini ternyata merepotkan dirinya sendiri. Pemangkasan klausul rilis Griezmann tersebut baru berlaku per 1 Juli mendatang, yang berarti sampai saat ini dia masih terikat klausul rilis kontrak sebesar 200 juta euro.

2 of 2

Biaya Transfer

Analis sepak bola Eropa, Duncan Castles, yakin kedua klub masih beradu pendapat soal biaya transfer Griezmann. Barcelona yakin menebus Griezmann dengan klausul baru sebesar 120 juta euro, tapi Atletico bersikeras tetap di angka 200 juta euro dengan alasan kesepakatan Barca dan Griezmann dibuat sebelum 1 Juli.

"Griezmann mendapatkan gaji 20 juta euro di Atletico. Sementara itu, Atletico seperti yang kita ketahui beberapa pekan lalu, sedang mencoba memastikan dia bisa pergi ke Barcelona dengan kesepakatan 200 juta euro, yang merupakan klausul rilisnya sekarang, bukan klausul 120 juta euro yang sah mulai 1 Juli nanti," kata Castles kepada Daily Star.

"Mereka berpendapat bahwa dia sudah mengumumkan kepergiannya dari klub. Penyebabnya, keputusan pergi itu sudah dibuat ketika klausul besar masih berlaku, Atletico ingin mendapatkan uang itu."

Biarpun demikian, kepindahan Griezmann ke Barcelona hanya masalah waktu. Cepat atau lambat, meski harus menunggu 1 Juli, Barcelona bakal mendapatkan penyerang Prancis itu.

Sumber: Bola.net

Lanjutkan Membaca ↓