3 Transfer Bintang Dunia Pemicu Kontroversial yang Melibatkan Barcelona

Oleh Luthfie Febrianto pada 16 Jul 2019, 09:00 WIB
Antoine Griezmann

Jakarta - Antoine Griezmann telah resmi pindah dari Atletico Madrid ke Barcelona pada akhir pekan lalu. Kepindahan pemain asal Prancis tersebut menimbulkan kontroversi.

Rumornya, Atletico Madrid bakal menuntut Barcelona. Pasalnya, tim asuhan Diego Simeone itu mencium ada siasat licik yang dilakukan Barcelona untuk mendapatkan tanda tangan Griezmann.

Pasalnya, Los Blaugrana, sebutan Barcelona, sudah menemui kata sepakat dengan Griezmann sejak Maret 2019. Namun demikian, Barcelona tidak mau menebus Griezmann pada Maret lalu, karena klausul jualnya masih 200 juta euro.

Dari sini, Atletico Madrid menilai Barcelona telah melakukan siasat licik karena menunggu klausul Griezmann berubah menjadi 120 juta euro sekitar Rp 1,8 triliun per 1 Juli.

Atletico Madrid bakal melaporkan hal ini kepada FIFA dan meminta 80 juta euro lagi kepada Barcelona karena sudah 'mendapatkan' Griezmann sejak Maret lalu.

Sejatinya, Barcelona bukan kali pertama terlibat transfer kontroversial. Seperti dilansir Sportskeeda, berikut tiga transfer kontroversial yang melibatkan Barcelona.

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 4

Luis Figo ke Real Madrid

Luis Figo anggap kemenangan Sepp Blatter adalah kekalahan seluruh sepakbola dunia. (AP Photo/Matt Dunham, File)
Luis Figo . (AP Photo/Matt Dunham, File)

Perpindahan pemain dari Barcelona ke Real Madrid atau sebaliknya lumrah saja terjadi. Meskipun, kedua klub punya sejarah rivalitas yang kental di Spanyol.

Namun perpindahan Luis Figo pada Juli 2000 tak termasuk kategori lumrah tersebut. Pasalnya, transfer legenda tim nasional Portugal itu berbau kontroversi.

Figo disebut telah menyetujui perjanjian pra-kontrak dengan Real Madrid sebelum transfer resmi diumumkan. Malah, ada klausul menyebut Figo akan terkena denda 26 juta euro andai tidak bergabung.

Selain itu, Figo juga sempat berujar bahwa ia akan bertahan di Barcelona untuk musim berikutnya. Namun kata-kata Figo ternyata menguap begitu saja.

Pada tanggal 24 Juli 2000, Figo resmi diumumkan sebagai pemain baru Real Madrid dan memecahkan rekor transfer dunia saat itu, 62 juta euro. Sejak saat itu, Figo menjadi musuh nomor satu fans Barcelona.

3 of 4

Neymar dari Santos

Pesepak Bola Dunia yang Jadikan Sang Ayah Sebagai Agen
Neymar Jr. (AFP/ Anne-Christine Poujoulat)

Pesona Neymar di atas lapangan hijau ternyata sanggup membuat Barcelona melakukan banyak hal, termasuk mengakali pajak transfernya. Ya, pihak Barcelona akhirnya harus membayar denda sekitar 4,4 juta pound sterling atas aksi curangnya tersebut.

Barcelona mentransfer Neymar pada musim 2013. Awalnya, harga transfer Neymar tak diungkap ke publik oleh Barcelona.

Namun investigasi pada Januari 2014 menyebut Barcelona harus membayar sekitar 86 juta euro. Barcelona juga diketahui termasuk 40 juta euro kepada orangtua Neymar.

Transfer ini kemudian memicu mundurnya Presiden Barcelona, Sandro Russell.

4 of 4

Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund

Barcelona, Sevilla, Piala Super Spanyol
Gelandang Barcelona. (AP/Mosa'ab Elshamy)

Transfer kontroversial lainnya adalah Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund. Blaugrana mendatangkan pemain asal Prancis ini dengan harga 105 juta euro.

Kontroversi sebetulnya lebih kepada sosok Dembele. Pasalnya, ia sempat mogok latihan dari Dortmund.

Hal tersebut lalu memicu kemarahan dari pelatih dan pihak klub. Dortmund pun langsung menghukum pemain berusia 22 tahun tersebut.

"Ousmane Dembele absen dari sesi latihan BVB hari ini tanpa izin dan tampaknya memutuskan secara sukarela untuk melakukan itu. Tentu saja, perilaku buruk semacam ini akan dihukum," Direktur Olahraga Dortmund Michael Zorc.

Pada akhirnya, Dembele tetap pindah ke Barcelona. Dua musim di Barcelona, Dembele baru mencetak 18 gol dari 65 penampilan.

Lanjutkan Membaca ↓