5 Pemain Berbanderol Mahal yang Digaet Barcelona

Oleh Ario Yosia pada 19 Jul 2019, 08:00 WIB
Senyum Semringah Frenkie de Jong Jadi Pemain Baru Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona baru saja menggaet Antoine Griezmann dari Atletico Madrid dengan mahar sebesar 120 juta euro. Mereka pun menjadi klub sepakbola pertama yang menghabiskan 1 miliar euro untuk transfer pemain dalam lima tahun terakhir.

Ini sangat kontras dengan tradisi mereka sebelumnya yang sering mempromosikan pemain La Masia. Lulusan akademi seperti Lionel Messi, Xavi, Victir Valdez, Carldes Puyol, Andres Iniesta dan Gerard Pique pernah menjadi tulang punggung dari kesuksesan Barcelona.

Namun, membeli pemain mahal tentunya bukan semata-mata kesalahan klub. Barcelona juga harus berevolusi atau mereka akan tertinggal dari tim-tim seperti Manchester City, Real Madrid dan PSG.

Setelah kedatangan Griezmann, ini berarti tiga dari 10 pemain termahal dalam sejarah saat ini ada di Barcelona. Raksasa La Liga itu tentu berharap mereka bisa mengantarkan klub meraih kesuksesan.

Berikut ini lima rekrutan termahal dalam sejarah Barcelona seperti dilansir Sportskeeda.

2 of 6

Frenkie de Jong

Senyum Semringah Frenkie de Jong Jadi Pemain Baru Barcelona
Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong menjuggling bola saat pengenalan dirinya di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Barcelona memboyong Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam seharga 75 juta euro (Rp1,19 triliun). (AFP Photo/Lluis Gene)

Setelah tampil mengesankan bersama Ajax pada musim 2018-2019, Frenkie de Jong pindah ke Barcelona. Biaya transfer pemain Belanda itu mencapai 75 juta euro.

Pemain berusia 22 tahun itu sangat berbakat dengan bola di kakinya. Karenanya, De Jong sepertinya tidak akan mengalami banyak kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan Barcelona.

De Jong diharapkan bisa menampilkan performa terbaiknya selama berada di Camp Nou. Jika mampu bermain bagus secara konsisten, pemain internasional Belanda itu bisa menjadi tulang punggung Barcelona selama bertahun-tahun.

3 of 6

Luis Suarez

Top Scorer La Liga Pekan 37
Luis Suarez (AP/Manu Fernandez)

Luis Suarez sudah menjadi striker kelas dunia sebelum pindah ke Barcelona. Raksasa La Liga itu kemudian memboyongnya dengan biaya yang mencapai 75 juta pounds.

Suarez mengawali kariernya di Barcelona dengan lambat karena harus menjalani hukuman larangan bermain selama empat bulan. Namun, pemain Uruguay itu mengakhiri musim pertamanya dengan mencetak 25 gol di semua kompetisi.

Pada musim berikutnya, pemain berusia 32 tahun itu mencetak 40 gol di La Liga, memenangkan Sepatu Emas Spanyol, menjadikannya pemain pertama dan satu-satunya yang memenangkan penghargaan itu selain Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi sejak 2009.

Secara total, Suarez sudah mencetak 177 gol dari 247 penampilan untuk Barcelona. Selain itu, ia juga sudah memenangkan 13 trofi di klub.

  

4 of 6

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele - Barcelona
Ousmane Dembele menyumbang satu gol saat Barcelona mengalahkan Real Sociedad 2-1 dalam lanjutan Liga Spanyol di Estadio Municipal de Anoeta, Sabtu (15/9/2018) malam WIB. (twitter.com/FCBarcelona)

Setelah Neymar pindah ke PSG pada musim panas 2017, Barcelona membutuhkan penggantinya. Mereka kemudian mendatangkan Ousmane Dembele dengan biaya yang mencapai 97 juta pounds.

Namun, karier pemain Prancis itu di Camp Nou sering diganggu oleh cedera. Sementara masalah kebugaran dan masalah disiplin terus menghambat perkembangannya di Spanyol.

Akibatnya, Dembele sejauh ini masih belum mampu menunjukkan penampilan terbaiknya secara konsisten selama dua musim terakhir. Meski tampil mengesankan dalam beberapa kesempatan, ada indikasi sang pemain bisa meninggalkan klub dalam waktu dekat.

5 of 6

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann
Antoine Griezmann dan Presiden Barcelona, Josep Bartomeu, saat sesi perkenalan resmi, Minggu (14/7/2019). (Bola.com/Dok. FC Barcelona)

Barcelona pada akhirnya berhasil mendatangkan Antoine Griezmann pada musim panas ini. Mereka mengaktifkan klausul rilis sang pemain yang mencapai 108 juta pounds (120 juta euro).

Pemain berusia 28 tahun itu sebelumnya merupakan bintang utama Atletico Madrid selama lima musim. Ia berhasil membantu klub memenangkan Liga Europa, Piala Super Eropa dan Piala Super Spanyol.

Kedatangan Griezmann tidak diterima oleh sebagian pendukung Barcelona. Meskipun begitu, Griezmann diharapkan bisa membantu Barcelona memenangkan Liga Champions mengingat biaya transfernya yang cukup besar.

6 of 6

Philippe Coutinho

Philippe Coutinho saat ini merupakan pemain termahal dalam sejarah Barcelona. Hal itu terjadi setelah Barcelona menebusnya dari Liverpool sebesar 146 juta pounds pada Januari 2018.

Kedatangan Coutinho diiringi dengan ekspektasi yang sangat besar. Sebab, pemain asal Brasil itu dianggap sebagai penerus jangka panjang bagi Andres Iniesta di lini tengah Blaugrana.

Namun, penampilan Coutinho selama membela Barcelona belum terlihat konsisten. Setelah 18 bulan berada di klub, Coutinho dikabarkan bisa meninggalkan klub dan saat ini tengah dikaitkan dengan Liverpool dan PSG.

Sumber: Bola.net

Barcelona Vs Manchester United
Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho, melakukan selebrasi usai membobol gawang Manchester United pada laga Liga Champions 2019 di Stadion Camp Nou, Selasa (16/4). Barcelona menang 3-0 atas Manchester United. (AP/Joan Monfort)
Lanjutkan Membaca ↓