Fakta Unik dan Cerita Sisi Lain Gelandang Anyar Barcelona, Frenkie de Jong

Oleh Ario Yosia pada 21 Jul 2019, 11:00 WIB
Senyum Semringah Frenkie de Jong Jadi Pemain Baru Barcelona

Bola.com, Jakarta - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, percaya Frenkie de Jong akan cepat beradaptasi dengan tim. De Jong dianggap sudah memiliki gaya permainan Blaugrana di dalam dirinya.

Barcelona menggaet De Jong dari Ajax Amsterdam. Gelandang internasional Belanda ini telah bergabung untuk pramusim Barcelona yang dimulai pekan ini.

Valverde mengatakan bahwa setiap pemain memiliki caranya sendiri di lapangan. Dia berharap para pemain anyar seperti De Jong menyadari bahwa adaptasinya akan mendapat perhatian.

"Mereka (para pemain baru) tahu para penggemar sangat senang dan apa yang kami ingin mereka lakukan sekarang adalah masuk ke dalam dinamika tim secepat mungkin," ujar Valverde kepada Barca TV, seperti dilansir Tribal Football.

"De Jong adalah pemain A tahun lalu, dan dalam beberapa tahun terakhir, telah berada di level tinggi. Dia memiliki tahun yang hebat tahun lalu, seluruh timnya melakukannya," terang pelatih yang memasuki musim ketiga menangani Barcelona ini.

 Valverde mengakui kedatangan De Jong ke Camp Nou diharapkan memberi energi segar di lini tengah Blaugrana. Sejak sadar De Jong telah menunjukkan permainan yang bagus bersama Ajax.

"Kami juga membangun untuk masa depan dan dia memiliki masa depan. Dia adalah pemain berkualitas dan kami tahu dia memiliki sedikit gaya bermain kami," papar Valverde.

Barcelona memboyong Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam seharga 75 juta euro. Pemain berusia 21 tahun ini juga menandatangani kontrak bersama Barcelona hingga 2024. Berikut ini cerita sisi lain De Jong:

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 of 5

Momen-momen Penting dalam Karier

Senyum Semringah Frenkie de Jong Jadi Pemain Baru Barcelona
Gelandang asal Belanda Frenkie de Jong mencium logo klub barunya saat pengenalan dirinya sebagai pemain Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). Frenkie de Jong sangat antusias bisa bermain dengan sang superstar, Lionel Messi. (AFP Photo/Lluis Gene)
  • 10 Mei 2015: Debut senior untuk Willem II, sebagai pemain pengganti melawan Den Haag dua hari sebelum ulang tahunnya yang ke-18.
  • 22 Agustus 2015: Bergabung dengan Ajax berusia 18 tetapi kemudian dipinjamkan kembali ke Willem II untuk paruh pertama musim berikutnya.
  • 25 Januari 2016: Gol profesional pertama saat Jong Ajax kalah 0-2 dari NAC Breda.
  • 21 September 2016: Debut di Ajax dalam pertandingan piala melawan mantan klub Willem II.
  • 6 September 2018: Debut di Timnas Belanda sebagai pemain pengganti saat De Oranje menang 2-1 melawan Peru dalam sebuah laga persahabatan.
  • 23 Januari 2019: Menandatangani kontrak dengan Barcelona dengan durasi lima tahun.
3 of 5

Kelebihan sebagai Pemain

Senyum Semringah Frenkie de Jong Jadi Pemain Baru Barcelona
Gelandang Frenkie de Jong menggiring bola saat bermain dengan anak-anak selama pengenalan dirinya sebagai pemain baru Barcelona di stadion Camp Nou, Spanyol (5/7/2019). (AFP Photo/Lluis Gene)

Frenkie de Jong adalah gelandang multifungsi dengan kekuatan di kaki kanan. Dia memiliki keseimbangan yang fantastis dan kemampuan menggiring bola yang oke, sementara cara ia mendistribusikan bola diuntungkan dengan dia selalu bermain dengan kepala tegak. Frenkie tipikal gelandang yang banyak melakukan akselerasi, memiliki mobilitas tinggi, pengontrol bola yang mumpuni, fasih menjalankan berbagai taktik, dan jago dalam mengambil keputusan. Dia bisa mengubah permainan dalam sekejap mata.

4 of 5

Diprediksi Akan Sulit Beradaptasi di Awal

Frenkie de Jong
Frenkie de Jong, resmi pindah dari Ajax ke Barcelona. (FC Barcelona)

Bermain dalam sistem permainan modern lini tengah Barcelona, De Jong di awal-awal akan mengalami masalah dalam penyesuaian style di Camp Nou. Dengan modal kualitas teknik dan keinginan kuat berkembang, lambatnya adaptasi bisa dipahami. Tipikal permainannya seperti kebanyakan pemain lulusan La Masia.

Namun, dia mungkin tidak masuk langsung ke tim mengingat dia bermain di posisi yang sama dengan Sergio Busquets. Tinggal bagaimana Ernesto Valverde mengatur agar kedua pemain bisa bermain satu lapangan. Konsekuensinya Ivan Rakitic, Philippe Coutinho, dan Arthur bakal dikorbankan.

5 of 5

Menambah Deretan Panjang Pemain Belanda di Barca

Tottenham Hotspur Kalahkan Ajax
Duel udara penyerang Tottenham Hotspur, Fernando Llorente dan pemain Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong pada laga kedua semifinal Liga Champions 2018/19 di Stadion Johan Cruyff, Rabu (8/5). Tottenham secara dramatis merebut tiket final Liga Champions setelah menaklukkan Ajax 3-2. (AP/ Martin Meissner)

De Jong menambah panjang daftar pemain Ajax Amsterdam yang pindah ke Barcelona. Ronald Koeman, Patrick Kluivert, Zlatan Ibrahimovic dan Luis Suarez tercatat sebagai pemain yang pindah ke klub lain dulu sebelum merapat ke Camp Nou.

Johan Cruyff, Johan Neeskens, dan Frank de Boer pemain yang langsung menyeberang  dari Amsterdam ke Catalan.

Cruyff, tentu saja, adalah kakek dari mereka semua, memenangkan semua di Ajax dan juga Barcelona. Dia adalah eksponen utama Total Football untuk klub dan negaranya Belanda dan menikmati kesuksesan di Barcelona sebagai pemain dan pelatih.

Lanjutkan Membaca ↓