Presiden Barcelona Tegaskan Gaet Hiroki Abe Bukan karena Alasan Bisnis

Oleh Aning Jati pada 29 Jul 2019, 05:15 WIB
Dikontrak Barcelona, Begini Aksi Striker Jepang Hiroki Abe

Bola.com, Jakarta - Presiden klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu menegaskan keputusan klubnya meminang Hiroki Abe murni berlandaskan olahraga. Bartomeu sekaligus menyentil klub-klub Eropa yang dianggap mendatangkan pemain-pemain asal Asia hanya untuk motif bisnis atau memperluas pasar.

Bartomeu menjelaskan, Abe saat ini memang masih ditempatkan di tim reserved, namun Barcelona berencana menjadikan mantan bintang Kashima Antlers itu sebagai pemain berpengaruh di La Liga.

"Ini murni keputusan olahraga, karena dia punya bakat dan dia punya pengalaman unyuk jadi pemain penting dalam tim kami," ujar Bartomeu kepada Kyodo News.

Secara khusus, Bartomeu berharap laga ekshibisi yang dilakoni Barcelona ke Jepang dalam rangkaian tur pramusim kali ini, bisa kian meningkatkan pergerakan pemain dari Jepang ke Eropa, dan sebaliknya.

Seperti diketahui, sudah banyak eks bintang-bintang di liga Benua Biru, hijrah ke J-League. Sebut saja Andres Iniesta, Lukas Podolski, David Villa, hingga yang terbaru, Thomas Vermaelen.

"Saya yakin pemain-pemain Jepang baru lainnya akan datang, dan juga, pemain-pemain dari Eropa akan datang ke Jepang," ucapnya.

Bartomeu juga merespons kekecewaan fan Los Blancos yang merasa klub mereka kalah cepat untuk merekrut kembali wonderkid Jepang lainnya, Takefusa Kubo. Kubo, jebolan La Masia, justru memilih gabung rival abadi Barcelona; Real Madrid.

2 of 2

Merespons Transfer Kubo ke Real Madrid

Hiroke Abe
Hiroke Abe saat memperkuat Kashima Antlers. (Bola.com/Dok. AFC)

Bartomeu memenangkan fan yang kecewa dengan mengatakan langkah Real Madrid itu sebagai hal biasa di dunia sepak bola, dan secara keseluruhan merupakan hal positif dalam konteks relasi sepak bola Jepang-Eropa.

"Secara personal saya senang, karena itu berarti ada pemain Jepang lain yang datang dan bermain di Eropa," katanya.

"Kubo memang berlatih dalam gaya Barcelona, tapi itu tak berarti dia tak bisa bermain buat klub lain. Itu kabar bagus, bahwa ada makin banyak pemain Jepang gabung klub top di Eropa," ucap Bartomeu.

Barcelona resmi mengikat Abe dengan kontrak selama empat tahun pada medio bulan ini. Kabarnya, Barcelona merogoh kocek 2 juta euro (Rp31,3 miliar) untuk mendatangkan Abe dari Kashima Antlers. 

Sumber: Japan Times

Lanjutkan Membaca ↓