Real Madrid Kelebihan Pemain Non-Eropa

Oleh Aning Jati pada 04 Agu 2019, 11:45 WIB
Takefusa Kubo

Bola.com, Jakarta - Tak hanya badai cedera yang sedang menimpa Real Madrid. Klub raksasa Spanyol itu tampaknya juga dipusingkan dengan persoalan administrasi, menyangkut kuota pemain non-Eropa yang jumlahnya terlalu banyak.

As menulis, setiap kontestan La Liga hanya berhak mendaftarkan tiga pemain non-Eropa. Sementara Real Madrid saat ini tercatat punya lima pemain non-Eropa, yakni Eder Militao, Fede Valverde, Vinicius, Rodrygo, dan Takefusa Kubo.

Jika hanya tiga pemain yang bisa didaftarkan, siapa pilihan Zinedine Zidane?

Los Blancos sejauh ini tampaknya masih akan menggunakan cara sama seperti musim lalu untuk mengatasi situasi ini. Vinicius akan didaftarkan ke Real Madrid Castilla, begitu pula Rodrygo, sedangkan Kubo didaftarkan ke tim U-19.

Dengan begitu, Real Madrid punya satu sisa slot pemain non-Eropa di tim senior (dari jatah tiga pemain, baru terisi Militao dan Valverde, yang diprioritaskan Zidane masuk tim senior).

Menyikapi itu, nantinya hanya satu dari tiga pemain, yakni Vinicius, Rodrygo, termasuk Kubo (yang ada opsi didaftarkan ke tim Castilla), yang bisa dipanggil Zidane ke tim senior untuk pertandingan La Liga. 

Hal itu mengacu pada Pasal 227 regulasi umum RFEF, yakni setiap pemain U-23 yang didaftarkan ke tim usia muda bisa bermain untuk tim pertama untuk periode yang tidak terbatas.

Sementara menurut Undang-Undang Olahraga Spanyol 1990, Vinicius, Rodrygo, dan Kubo dinyatakan bisa bermain di ajang Copa del Rey dan Piala Super Spanyol, karena dari keduanya tak ada yang dikategorikan sebagai kompetisi profesional atau diselenggarakan oleh La Liga.

Real Madrid masih akan tetap menghadapi persoalan pemain non-Eropa yang melebihi kuota ini sekalipun Valverde yang berasal dari Uruguay, sudah mendapatkan kewarganegaraan Spanyol. Pemain berusia 21 tahun itu diketahu sudah mengurus kewarganegaraan Spanyol sejak April lalu.

2 of 2

Pemain di Liga Champions

Rodrygo Goes
Penyerang Real Madrid Rodrygo Goes berpose dengan memegang bola saat dirinya diperkenalkan secara resmi di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Selasa (18/6/2019). Pemain asal Brasil tersebut secara resmi telah bergabung dengan Real Madrid. (AP Photo/Manu Fernandez)

Sedangkan untuk Liga Champions, Real Madrid tak bisa mendaftarkan Vinicius, Rodrygo, dan Kubo di daftar tim B, karena ketiganya masih belum dua tahun membela Los Blancos.

Sementara list A, juga menimbulkan masalah. Pasalnya, hanya 25 pemain yang boleh didaftarkan dan Zidane sekarang punya 28 pemain, termasuk Andriy Lunin, James Rodriguez, Gareth Bale, dan Mariano.

Dari 25 pemain itu, setidaknya delapan pemain di antaranya harus sudah menerima pelatihan formatif di Spanyol, empat pemain buat mereka yang berasal dari pembinaan usia muda. List A untuk Liga Champions ini harus diserahkan sebelum 2 September 2019.

Sumber: As

Lanjutkan Membaca ↓