Sukses


Torehan Spesial Bocah 16 Tahun di Barcelona

Bola.com, Barcelona - Ansu Fati menorehkan catatan spesial bersama Barcelona. Pemain berusia 16 tahun itu menjadi pesepak bola muda kedua yang memperkuat Barca di La Liga.

Hal itu ditorehkan Ansu ketika Los Cules bersua Real Betis pada laga pekan kedua La Liga di Camp Nou, Minggu (25/8/2019). Cederanya Lionel Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele, membuat Ansu masuk dalam daftar pemain Barcelona.

Saat pertandingan berjalan 78 menit, Ansu Fati mendapat kesempatan untuk tampil. Dia masuk menggantikan peran Carlez Perez di lini depan.

Dengan bermain pada laga tersebut, Ansu masuk dalam buku sejarah Tim Catalan. Pemain asal Guinea-Bissau tersebut berstatus sebagai pesepak bola muda kedua yang memperkuat Barcelona, dalam usia 16 tahun 298 hari.

Dia hanya terpaut 20 hari dari Vicenc Martinez yang menjadi pemain termuda yang membela Blaugrana di La Liga. Martinez menorehkan hal tersebut pada musim 1941-1942, atau 78 tahun silam.

"Ansu pemain yang berkualitas, dia cepat dan dia memanfaatkan ruang dengan baik. Saya tahu dia benar-benar muda," ujar pelatih Barca, Ernesto Valverde.

"Dia pemain termuda yang pernah saya berikan debutnya. Tetapi, jika kita tidak melihat berapa usia pemain lain dalam skuat, kita juga tidak akan melihat usianya. Kami lihat apa yang bisa dia berikan untuk Barcelona dan dia mengejutkan kami semua," papar Valverde.

2 dari 3 halaman

Bantu Barcelona Menang

Meski tak mencetak gol, Ansu turut membantu Barcelona meraih kemenangan 5-2 atas Real Betis. Kelima gol Los Cules dicetak Antoine Griezmann pada menit ke-41 dan 50', Carles Perez menit ke-56, Jordi Alba menit ke-60, dan Arturo Vidal pada menit ke-77.

Sementara itu, sepasang go Real Betis disarangkan Nabil Fekir pada menit ke-15 dan Loren Moron pada menit ke-79.

"Saya melihat orang tua saya dan keluarga saya (di tribune), semua orang yang telah menemani saya sampai titik ini dalam karier saya," jelas Ansu.

"Saya berada di sana di lapangan, saya tidak bisa memercayainya. Saya ingin menikmati momen ini. Sebenarnya saya sangat gugup sebelumnya, tetapi saya hanya punya kata-kata terima kasih untuk semua orang: klub, manajer, suporter, yang memberi saya sambutan baik," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Dibanderol Rp 1,5 Triliun

Tak ingin kehilangan satu di antara aset masa depannya, Barcelona memperpanjang kontra Ansu Fati. Los Cules mengikat si pemain hingga 30 Juni 2022.

Selain itu, Barca juga memiliki opsi untuk memperpanjang kontra Ansu hingga dua tahun. Manajemen Barcelona memagari Ansu dari buruan klub lain dengan klausul pelepasan yang mencapai 100 juta euro (Rp 1,5 triliun).

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer