Ansu Fati Masuk Buku Sejarah Barcelona

Oleh Rizki Hidayat pada 01 Sep 2019, 12:45 WIB
Osasuna v Barcelona - La Liga - Ansu Fati

Bola.com, Pamplona - Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati, menorehkan prestasi membanggakan bersama Tim Catalan. Ansu menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah El Barca di La Liga.

Los Cules bersua Osasuna pada laga pekan ketiga La Liga musim ini di Estadio El Sadar, Sabtu (31/8/2019). Bermain di kandang lawan, Barcelona harus puas meraih hasil sama kuat 2-2.

Blaugrana sempat tertinggal lebih dulu setelah Roberto Torres mencetak gol pada menit ketujuh. Namun, Barca berbalik unggul berkat gol yang disarangkan Ansu Fati pada menit ke-51 dan Arthur menit ke-64.

Akan tetapi, Barcelona gagal mempertahankan keunggulan tersebut hingga akhir pertandingan. Pada menit ke-81, Torres kembali membobol gawang Los Cules, kali ini lewat titik putih.

Gol yang dicetak Ansu Fati akan tercatat dalam sejarah Barcelona. Sebab, dia adalah pencetak gol paling muda dalam sejarah klub asal Catalan. Ansu mencetak gol pada usia 16 tahun 304 hari.

Dikutip dari Opta, dengan usianya kini, Ansu Fati bahkan lebih muda dari Lionel Messi saat mencetak gol pertama. Messi berusia 17 tahun dan 331 hari saat mencetak gol pertamanya untuk tim senior Barca.

Ansu Fati juga lebih muda dari Bojan Krkic yang mencetak gol untuk tim senior Barcelona pada usia 17 tahun 53 hari.

 

2 of 2

Pemain Termuda Ketiga

Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati.
Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati. (AFP/Josep Lago)

Sementara itu, dalam sejarah La Liga, ada dua pemain yang punya catatan usia lebih muda ketika mencetak gol dibanding dengan Ansu Fati. Dua pemain tersebut yakni Fabrice Olinga dan Iker Muniain.

Fabrice Olinga mencetak gol di La Liga pada usia 16 tahun 98 hari. Sementara itu, Iker Muniaian, sang bintang Athletic Bilbao, mencetak gol pertama di La Liga ketika masih berusia 16 tahun dan 289 hari.

Sebelumnya, Ansu Fati juga mencatatkan sejarah bersama Barcelona. Tampil ketika bersua Real Betis pada 25 Agustus lalu, Ansu menjadi pemain paling muda yang memperkuat tim senior El Barca, yakni dalam usia 16 tahun 298 hari.

Sumber asli: Opta

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Asad Arifin/Published 01/09/2019)

Lanjutkan Membaca ↓