7 Kejadian Menarik di Pentas La Liga Akhir Pekan Lalu

Oleh Nurfahmi Budi pada 05 Sep 2019, 09:30 WIB
FOTO: Barcelona Tertahan saat Tandang ke Markas Osasuna

Bola.com, Jakarta - Jornada 3 La Liga 2019-2020 memunculkan beberapa fakta menarik, sekaligus mengejutkan. Satu di antaranya adalah raihan skor identik dua raksasa, Real Madrid dan Barcelona.

Dua rival abadi tersebut sama-sama berstatus tim tamu pada akhir pekan lalu. Barcelona gagal menang di markas Osasuna dan Real Madrid tak sanggup membawa pulang tiga angka dari kandang Villarreal. Pertandingan tersebut berakhir 2-2.

Hasil pertandingan tersebut membuat peta persaingan di papan atas La Liga berubah. Secara tak terduga, beberapa tim yang sempat tak menuai atensi, kini ada di atas Real Madrid dan Barcelona. Mereka di antaranya Athletic Bilbao, Sevilla dan Levante.

Berikut ini beberapa peristiwa menarik yang berada di lingkup La Liga sepanjang akhir pekan lalu:

1. Atletico Madrid Berada di Puncak Klasemen Sementara

Atletico Madrid menjadi satu-satunya tim yang sanggup memertahankan catatan 100 persen kemenangan di pentas La Liga 2019-2020. Pada jornada 3, mentalitas luar biasa pasukan Diego Simeone mampu membalikkan skor.

Pada laga kontra Eibar, Atletico Madrid sempat kalah skor 0-2. Namun, determinasi tinggi membuat mereka unggul 3-2. Hasil tersebut membuat Los Rojiblancos mengoleksi 9 poin, disusul Athletic Bilbao (7 poin) dan Sevilla (7 poin).

 

2 of 5

Torehan Rekor

Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati.
Penyerang muda Barcelona, Ansu Fati. (AFP/Josep Lago)

2. Torehan Rekor Ansu Fati

Ansu Fati kembali membuat kejutan. Kali ini, ia berstatus pemain termuda kedua yang bermain untuk Barcelona. Sementara itu, ia juga berstatus sebagai pencetak gol termuda di klub asal Catalan tersebut, yakni 16 tahun dan 304 hari.

Situasi tersebut tak lepas dari performa menawan saat Barcelona bersua Osasuna. Gol tersebut sekaligus membuat Ansu Fati mendapat gelar sebagai pencetak gol termuda ketiga sepanjang sejarah La Liga. Ia hanya kalah dari Fabrice Olinga (16 tahun dan 98 hari) serta Iker Muniain (16 tahun dan 289 hari).

 

3 of 5

Zona Liga Eropa

Liga Champions
Hasil drawing fase grup Liga Champions 2019-2020. Proses pengundian berlangsung di Monaco, Kamis (29/8/2019) malam WIB. (AFP / Valery Hache)

3. Tim-Tim di Pentas Liga Champions

Empat tim asal La Liga akan berjibaku pada fase grup Liga Champions, yakni Barcelona, Atletico Madrid, Real Madrid dan Valencia. Mereka sudah mengetahui para lawan pada babak menentukan tersebut.

Barcelona berada di grup ketat, karena berisi Borussia Dortmund, Inter Milan dan Slavia Praha. Sementara itu, Atletico Madrid kembali bertemu dengan Juventus, Bayer Leverkusen dan Lokomotiv Moskow.

Pengoleksi 4 gelar pada enam musim terakhir, Real Madrid berada satu grup bareng PSG, Club Brugge dan wakil Turki, Galatasaray. Terakhir, Valencia bersua Chelsea, Ajax dan Lille.

4. Tim-Tim di Pentas Liga Europa

Tiga tim asal La Liga, yakni Espanyol, Getafe dan Sevilla akan berjibaku di zona Liga Europa. Pada babak ini, Espanyol bergabung dengan CSKA Moskow, Ludogorets dan Ferencravos. Getafe akan berperang menghadapi tekanan Basel, Krasnodar dan Trabzonspor.

Sementara itu, Sevilla bersiap mendapat tantangan dari APOEL, Qarabah dan Dudelange. Mereka akan mulai beraksi pada awal bulan depan.

 

4 of 5

Penghargaan Individu

Selebrasi Eden Hazard Setelah Cetak Gol Perdana di Real Madrid
Gelandang Real Madrid, Eden Hazard berselebrasi dengan rekannya Karim Benzema setelah mencetak gol ke gawang Red Bull Salzburg pada laga persahabatan di Red Bull Arena, Austria (8/8/2019). Winger asal Belgia itu mencetak gol perdananya untuk klub barunya Real Madrid. (AFP Photo/Krugfoto)

5. Penghargaan untuk De Jong, Messi, dan Hazard

Tiga nama pesepak bola yang berkarier di pentas La Liga mendapat anugerah dari UEFA. Lionel Messi menjadi Penyerang Terbaik, Frenkie de Jong berstatus Gelandang Terbaik dan Eden Hazard mendapat sematan Pemain Terbaik Liga Eropa Musim 2018-2019.

Keberadaan para bintang dari Barcelona dan Real Madrid tersebut membuat kualitas La Liga semakin tinggi. Artinya, banyak pemain bertalenta sekaligus ternama, yang bakal semakin melirik untuk berkarier di pentas La Liga.

6. Debut Pemain Asal Skotlandia

Skotlandia bakal menorehkan sejarah di tanah Spanyol. Hal tersebut bisa terjadi ketika Alvaes mampu mendatangkan pemain berkebangsaan negeri Tar Tar tersebut, yakni Oliver Burke.

Andai mampu melakoni debut, Burke akan berstatus pemain pertama asal Skotlandia yang bermain di panggung La Liga sejak Alan Hutton melakukan itu bersama Real Mallorca pada 2013.

Kedatangan Burke menambah jumlah pemain asal kawasan Britania Raya di La Liga, yakni menjadi empat orang. Tiga lainnya adalah Kieran Trippier (Atletico Madrid), Gareth Bale (Real Madrid) dan Jack Harper (Getafe).

 

5 of 5

Debut Pemain Asal Jepang

Takefusa Kubo, Messi Jepang yang Resmi Jadi Pemain Madrid
Gelandang Jepang, Takefusa Kubo melakukan pemanasan saat sesi latihan jelang turnamen Copa America 2019 di Sao Paulo, Brasil (13/6/2019). Remaja sensasional Jepang yang dijuluki 'Messi Jepang' ini resmi bergabung dengan Real Madrid. (AFP Photo/Miguel Schincariol)

7. Debut Takefusa Kubo

Pemain asal Jepang, Takefusa Kubo melakoni debut di lapangan La Liga 2019-2020. Hal itu terjadi setelah ia masuk ke lapangan dari bangku cadangan saat Real Mallorca bersua Valencia.

Sayang, debut pemain pinjaman dari Real Madrid tersebut berakhir tak positif. Real Mallorca takluk dari Los Che dengan skor 0-2. Real Madrid meminjamkan Kubo ke Mallorca agar mendapatkan menit bermain lebih banyak dibanding andai bertahan di skuat Les Merengues.

Lanjutkan Membaca ↓