3 Hal Menarik pada Bursa Transfer Pemain di Panggung La Liga

Oleh Nurfahmi Budi pada 05 Sep 2019, 10:15 WIB
Starting XI Termahal pada Bursa Transfer Musim Panas 2019

Bola.com, Jakarta - La Liga telah merampungkan bursa transfer pemain musim panas 2019. Situs La Liga menyebut, 150 pemain terlibat dalam perpindahan yang melibatkan 20 klub peserta musim ini.

Beberapa catatan mengemuka dari proses yang berakhir tiga hari lalu. Paling mencolok adalah kehadiran banyak nama beken yang 'bersedia' mencicipi karier di tanah Spanyol.

Barcelona dan Real Madrid tetap menjadi sorotan, meski ternyata ada beberapa klub lain yang sanggup mencuri perhatian. Hal itu berkaitan dengan langkah-langkah tim di luar dua rival abadi tersebut.

Berikut ini beberapa catatan menarik terkait hasil dari aktivitas bursa transfer pemain di La Liga 2019-2020:

 

2 of 4

1. Transfer Yang Menarik

Eks Penyerang MU Berlabuh ke Sevilla
Penyerang Javier Hernandez 'Chicharito' berpose bersama presiden Sevilla Jose Castro (kanan) dan direktur olahraga selama presentasi resminya di Sport City of Sevilla (2/9/2019). Pemain asal Meksiko ini menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun bersama Los Rojiblancos. (AFP Photo/Cristina Quicler)

Aktivitas bursa transfer musim panas di La Liga memiliki beberapa 'deal' yang menarik. Satu di antaranya adalah kehadiran Javier Hernandez ke Sevilla. Kepindahan eks bomber Manchester United tersebut tergolong mengejutkan. Maklum, tak banyak desas-desus yang mengaitkan Chicharito dengan tim asal Andalusia tersebut.

Bagi Chicharito, aroma La Liga tak begitu asing. Ia pernah berkostum Real Madrid pada 2014-2015. Selain Chicharito, nama Jason dan Kenedy yang memilih berlabuh di Getafe juga membetot perhatian publik.

Getafe mendatangkan Jason dari Valencia, sedangkan Kenedy berasal dari pinjaman Chelsea. Duo pemain tersebut akan memberi warna bagi Getafe, yang pada musim ini juga akan bermain di pentas Eropa.

Satu yang tak kalah menarik perhatian adalah kehadiran Alphonse Areola di Real Madrid. Ia datang sebagai bagian dari barter dengan Keylor Navas yang dikirim Real Madrid ke Paris-Saint Germain (PSG). Areola pernah merasakan keganasan La Liga saat bermain bareng Villarreal pada 2015-2016.

Kepindahan Rafinha ke Celta Vigo juga menjadi catatan tersendiri bagi para penggemar La Liga. Ia seperti simbol bagi beberapa pemain alumni akademi Celta,yang memutuskan kembali. Sebelumnya, sudah ada Santi Mina dan Denis Suarez, yang kembali dari perantauan.

Bagi Rafinha, berada di Celta menjadi momen yang istimewa. Semua itu berlatar sang ayah, Mazinho, yang juga pernah bermain bagi Celta Vigo.

 

3 of 4

Transfer Terbesar

Debut Frenkie de Jong di La Liga 2019-2020
Debut Frenkie de Jong dalam kakalahan Barcelona 0-1 dari Athletic Bilbao di Stadion San Mames, Sabtu (17/8/2019) dini hari WIB. Doc: FC Barcelona

Jika Sahabat Bola.com berbicara tentang transfer terbesar di La Liga, nama Frenkie de Jong tak mungkin terpisahkan. De Jong datang ke Barcelona dengan segumpal harapan. Meski masih mendapat kritikan tajam akibat tak selalu maksimal pada tiga laga awal musim ini, De Jong memiliki potensi menjadi kekuatan inti Barcelona.

Selain De Jong, ada Eden Hazard yang seolah merealisasikan prediksi banyak pihak ketika bergabung dengan Real Madrid. Hazard bakal membuat lini penggempur El Real sempat 'sangar'.

Nama Borja Iglesias juga masuk ke daftar transfer yang menonjol di La Liga. Pada musim lalu, alias periode debut di La Liga, ia sudah mencetak 17 gol. Hal itu pula yang membuat Real Betis tertarik menggunakan jasa eks bomber Espanyol tersebut.

Dua nama terakhir yang menjadi berita besar adalah aksi pembelian Barcelona untuk Antoine Griezmann. Sedangkan Atletico Madrid masuk ke jajaran ini setelah mampu merayu Joao Felix untuk bergabung.

 

4 of 4

Klub Yang Menjanjikan

Senyum Joao Felix Saat Diperkenalkan Jadi Pemain Atletico Madrid
Gelandang Atletico Madrid, Joao Felix tersenyum saat berpose dengan jersey klub barunya selama perkenalan dirinya di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid (8/7/2019). Pemain Portugal ini resmi diboyong Atletico seharga 126 juta euro dengan kontrak selama tujuh tahun. (AP Photo/Manu Fernandez)

Kebijakan antarklub di La Liga yang berbeda pada bursa transfer musim panas 2019 membuat kuantitas aksi jual-beli berbeda. Khusus musim ini, Sevilla bisa disebut sebagai sang raja.

Sevilla menjadi klub tersibuk. Total, Sevilla mendatangkan 13 pemain ke Ramon Sanchez Pizjuan. Para penggawa baru tersebut antara lain Diego Carlos, Jules Kounde, Sergio Reguilon, Moanes Dabbur, Joan Jordan, Fernando, Nemanja Gudelj, Oliver Torres, Rony Lopes, Luuk de Jong, Lucas Ocampos, Javier Hernandez dan Bono.

Situas lain yang tak boleh dianggap remah adalah Real Sociedad. Mereka memerkuat lini serang dengan mendatangkan dua pemain muda asal Skandinavia, yakni Martin Odegaard dan Alexander Isak, serta pesepak bola kawakan, Portu.

Aksi Real Sociedad tak berhenti di situ saja. Mereka merekrut kiper Alex Remiro, bek kiri Nacho Monreal dan bek tengah, Modibo Sagnan.

Atletico Madrid tak kalah aktif. Satu yang jadi pembeda, Atletico Madrid seolah sedang melakukan peremajaan. Mereka melepas Antoine Griezmann, Diego Godin, Lucas Hernandez, Rodri, Juanfran dan Filipe Luis.

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone melakukan pembelian besar-besaran. Hal itu tercermin dari kedatangan Joao Felix, Mario Hermoso, Felipe, Kieran Trippier, Marcos Llorente, Renan Lodi dan Hector Herrera.

 

Lanjutkan Membaca ↓