Lucas Vidal : Mars Terbaru La Liga Berasal dari Semua Nilai Di Lapangan

Oleh Nurfahmi Budi pada 17 Sep 2019, 06:30 WIB
Real Madrid Vs Levante

Bola.com, Jakarta - Lucas Vidal tak bisa lepas dari ornamen La Liga sepanjang musim ini. Ia menjadi bagian dari kegembiraan sebuah pesta sepak bola di ranah Spanyol berkat gubahan musik yang membuatnya menyelesaikan mars terbaru La Liga.

La Liga resmi meluncurkan mars terbaru pada 23 Juli 2019, di Madrid. Komposisi musik gubahan Lucas Vidal langsung memantik atensi publik di Spanyol dan seantero dunia. Bagaimana tidak, ia membuat mars La Liga tersebut di tiga kota dari tiga negara berbeda, plus penggunaan detak jantung calon bayi.

Walhasil, Komposisi musik ini diaransemen sedemikian rupa sehingga mampu menghadirkan seluruh suara para penggemar sepak bola ketika mendukung tim kesayangan. Karya musik tersebut direkam di Madrid, Praha, dan London.

Selain itu, alunan musik yang menawan itu melibatkan 130 musisi yang berasal dari 20 negara. Pada sesi wawancara via telpon dengan Bola.com, gagasan ini kali pertama muncul di Madrid.

Madrid menjadi tempat perekaman demo awal dan elemen-elemen tambahan. Paduan suara yang terdengar dalam lagu ini direkam di Smecky Music Studios di Praha.

Sementara itu, bagian orkestra direkam di Abbey Road Studios, London. Proyek ini tak sembarangan, karena digarap para musisi kawakan yang telah memiliki segudang pengalaman dan terlibat dalam pembuatan soundtrack film, seperti Star Wars, Jurassic Park, dan The Avengers.

 

2 of 2

Komentar Presiden

Javier Tebas
Presiden La Liga, Javier Tebas (kanan) saat menghadiri SPORTELAsia 2018, di Hotel Shangri-La, Singapura, Rabu (14/3/2018) malam. (SportelAsia)

Kepada Bola.com, Lucas Vidal mengakui inspirasi dari gubahan mars terbaru La Liga tersebut berasal dari beragam aspek di lingkup sepak bola. Ia menyebut di sana ada semangat tim yang loyal, team work, fairplay dan nilai-nilai di lapangan pertandingan La Liga.

Keberagaman berkualitas tinggi itu pula yang mendasari perekaman di tiga kota. Lucas mengungkapkan, terpilihnya tiga kota tersebut karena masing-masing memiliki fungsi istimewa.

"Tiga kota itu punya dereta musisi dan penggila musik yang luar biasa. Di sana banyak talenta, dan sudah terbukti. Tentang Abbey Road?, tak perlu jawaban panjang, karena di sana adalah studio terbaik," jelas Lucas Vidal.

Sang komposer menganggap, sepak bola dan musik adalah sesuatu yang saling terhubung. "Keduanya sama-sama memengaruhi emosi kita, dan itulah yang akan kita rasakan ketika mendengar mars terbaru La Liga tersebut," tegas Lucas Vidal.

Presiden La Liga, Javier Tebas menegaskan, gubahan komposer Lucas Vidal memiliki arti penting dalam perjalanan kompetisi. "Hasilnya merepresentasikan identitas La Liga," tegasnya.

Lanjutkan Membaca ↓