Sukses


Segera Diputuskan, Ini Opsi untuk Duel Barcelona Vs Real Madrid

Bola.com, Barcelona - Panasnya situasi keamanan dan politik di Catalunya berdampak pada El Clasico Barcelona vs Real Madrid. Muncul kabar bahwa laga ini akan digelar tanpa penonton atau jadwal yang diundur.

Duel Barcelona vs Real Madrid akan digelar pada jornada ke-10 La Liga 2019/2020, Sabtu (26/10/2019) yang akan datang di Camp Nou. Namun, sejauh ini belum ada kepastian apakah laga tersebut masih bisa digelar sesuai jadwal atau tidak.

Sebab, saat ini situasi politik di Catalunya tengah memanas. Bakal ada protes besar-besaran dan aksi pemogokan yang dilakukan oleh publik di Catalan. Mereka protes pada keputusan Mahkamah Agung Spanyol.

Sebelumnya, Mahkamah Agung Spanyol menjatuhkan hukuman penjaga kepada sembilan aktivis pro kemerdekaan Spanyol. Mereka mendapat hukuman antara sembilan hingga 13 tahun penjara. Hukuman ini ditentang keras oleh publik Spanyol.

Barcelona sudah jadi representasi dari jati diri warga Catalan sejak lama. Laga kandang Barcelona acap kali menjadi panggung disuarakannya gerakannya Catalan merdeka. Pemain Barcelona juga ada yang mendukung Catalunya merdeka.

2 dari 3 halaman

Khawatir Ricuh

Menyusul kondisi politik yang kian panas, laga El Clasico ditakutkan bakal jadi ajang protes bagi para pendukung kemerdekaan Catalan. Karena itu, ada kabar jadwal laga ini akan ditunda.

Dikutip dari Cadena SER, pihak La Liga dan RFEF sedang mempertimbangkan opsi untuk menunda pertandingan El Clasico. Mereka mengajukan tanggal 4 dan 18 Desember 2019 sebagai jadwal baru laga Barcelona vs Real Madrid. Laga akan tetap digelar di Camp Nou.

Opsi menunda laga muncul setelah pihak Barcelona dan Real Madrid menolak ide pemindahan venue laga. Sebelumnya, La Liga mengajukan opsi laga akan digelar di Bernabeu. Real Madrid dan Barcelona telah menolak ide tersebut.

 

Sumber: AS

Disadur oleh: Bola.net, penulis Asad Arifin, published 17/10/2019

3 dari 3 halaman

Segera Buat Keputusan

Pihak kepolisian di Catalan tidak keberatan untuk menggelar laga El Clasico sesuai dengan jadwal. Walau, kepolisian juga mengakui ada potensi gangguan keamanan yang besar jika El Clasico digelar sesuai jadwal.

Dikutip dari AS, ada pula opsi agar laga El Clasico edisi pertama ini digelar dengan pintu tertutup atau tanpa penonton. Hal serupa pernah terjadi pada 2017 lalu, saat itu, Barcelona harus menjamu Las Palmas tanpa penonton.

Pada waktu itu, ada polemik terkait referendum kemerdekaan Catalan. Lantaran dikhawatirkan akan terjadi gangguan keamanan di laga kandang Barcelona, pihak La Liga membuat keputusan bahwa laga Barcelona vs Las Palmas harus digelar tanpa penonton.

Sementara itu, dikutip dari AS, pihak La Liga dan RFEF akan membuat keputusan terkait laga El Clasico dalam 48 jam ke depan.

Video Populer

Foto Populer