4 Gaya Unik Selebrasi Lionel Messi dan Artinya

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 30 Okt 2019, 11:05 WIB
Kaleidoskop Bola.com 2017, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Barcelona sukses menang telak atas tamunya Real Valladolid dengan skor 5-1 pada laga pekan ke-11 La Liga, Rabu (30/10/2019) di Camp Nou. Lionel Messi berhasil mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut, pada menit ke-34 dan ke-75.

Gol pertama Messi dicetak melalui sepakan tandangan bebas. Pemain asal Argentina itu melepaskan tendangan dari jarak 22 meter dengan memakai kaki kirinya.

Gol melalui tendangan bebas tersebut merupakan yang ke-50 selama kariernya di sepak bola. Adapun 44 gol di antaranya ia catatkan bersama Barcelona dan enam gol untuk Timnas Argentina.

Pada laga melawan Real Valladolid, Lionel Messi tak lupa melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya. Messi juga melakukan selebrasi dengan mengangkat tangannya ke langit.

Selain selebrasi mengangkat tangan ke langit, Messi kerap melakukan gaya lain saat merayakan gol. Setiap gaya selebrasi tersebut juga mempunyai arti.

Berikut Bola.com merangkum dari Sokkaa.com, 4 gaya selebrasi Lionel Messi yang mempunyai arti khusus.

2 of 5

1. Memukul Kepalanya Sendiri

Pada Liga Champions 2018-2019, saat Barcelona melawan Tottenham Hotspur, Lionel Messi merayakan gol dengan tarian aneh. Pemain berjuluk La Pulga itu memukul kepalanya sendiri beberapa kali.

Konon, gaya selebrasi tersebut merupakan permintaan khusus dari anaknya, Mateo. Pemain berusia 32 tahun itu dikenal kerap memikirkan anak-anaknya saat pertandingan penting.

3 of 5

2. Menunjuk Jari ke Langit

Selebrasi menunjuk jari ke langit bisa dibilang perayaan paling ikonik di sepak bola. Satu di antara pemain yang kerap melakukan perayaan dengan gaya tersebut ialah Lionel Messi.

Messi melakukan gaya tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada neneknya yang bernama Celia. Sang nenek merupakan orang pertama yang mengajarkan Messi menendang bola.

Selain itu, Celia menjadi orang yang pertama yang membela Messi ketika banyak orang berpikir cucunya tersebut lemah. Celia bisa dibilang sosok yang paling percaya terhadap Messi.

4 of 5

3. Memperlihatkan Nama Jersey

FOTO: Gaya Cristiano Ronaldo saat Tiru Selebrasi Lionel Messi
Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, menyindir bintang Barcelona, Lionel Messi, dengan meniru gaya selebrasi sang rival usai mencetak gol pada leg pertama Piala Super Spanyol 2017 di Camp Nou, Minggu (13/8/2017). (Kolase foto-foto dari AFP)

Perayaan melepas jersey dan memperlihatkannya ke penonton pernah dilakukan Messi saat mencetak gol di Santiago Barnebeu pada laga El Clasico 2017.

Gaya selebrasi tersebut kabarnya dilakukan Messi untuk mengingatkan para penggemarnya bahwa ia adalah yang terbaik, bahkan lebih baik daripada Cristiano Ronaldo.

Menariknya, Ronaldo melakuan selebrasi serupa saat mencetak gol di Camp Nou.

5 of 5

4. Mencium Lambang Barcelona

Lionel Messi mungkin menjadi satu di antara pemain yang memiliki jiwa loyalitas tinggi. Saat ini, Barcelona menjadi satu-satunya tim yang pernah ia bela sepanjang kariernya.

Wajar jika Messi pernah mencium lambang El Barca saat merayakan gol. Hal tersebut ia lakukan sebagai bentuk cintanya kepada klub asal Catalan itu.

Lanjutkan Membaca ↓