5 Fakta Menarik Granada, Calon Penguasa Baru La Liga

Oleh Gregah pada 01 Nov 2019, 08:45 WIB
Granada

Bola.com, Jakarta Siapa yang menyangka tim sekalas Granada dapat bersaing di jalur juara La Liga musim ini. Tim asal Andalusia tersebut sempat menempati posisi puncak klasemen La Liga pada pekan kesepuluh.

Berisikan skuat seadanya, Granada mampu menunjukan ekstitensinya di papan atas La Liga. Bahkan El Grana mampu menaklukan Barcelona dengan skor 2-0 pada pekan kelima La Liga.

Musim ini saatnya bagi Granada menunjukan bahwa mereka adalah yang terbaik se-Andalusia. Padahal dalam beberapa terakhir, baik Sevilla maupun Real Betis selalu menjadi yang tim terbaik di Andalusia.

Granada belum pernah merengkuh gelar La Liga sepanjang sejarah berdirinya klub tersebut. Prestasi terbaik Granada adalah menjadi runner-up di Copa del Rey pada musim 1958-59.

Sebelum berbicara soal peluang Granada meraih gelar La Liga musim ini, ada baiknya untuk mengenal lebih jauh klub asal Andalusia tersebut. Berikut kami rangkum lima fakta menarik mengenai Granada, sang kuda hitam La Liga:

 

2 of 6

Dimiliki Oleh Investor China

Granada
Direksi Granada CF. (Dok. Granada CF)

Saat ini, Granada dimiliki investor asal China yang bernama Jiang Lizhang. Investor berusia 38 tahun tersebut telah membeli sebagian besar saham Granada dengan nilai 37 juta euro.

Jiang Lizhang juga memiliki saham mayoritas di Parma dan Chongqing Dangdai Lifan. Tak hanya memiliki klub sepak bola, Jiang Lizhang juga memiliki tim NBA, Timberwolves.

3 of 6

Nuevo Los Carmenes, markas Granada

Nuevo Los Carmenes, markas Granada
Suporter di Nuevo Los Carmenes, markas Granada, membentangkan spanduk bergambang kartun animasi Captain Tsubasa. (Dok. Twitter/Granada CF)

Granada menempati Nuevo Los Carmenes sejak tahun 1995. Stadion yang berada di daerah Andalusia tersebut mampu menampung 19336 orang.

Tak hanya jadi markas dari Granada saja. Sesekali timnas Spanyol menempati stadion tersebut. Tercatat sudah tiga kali timnas Spanyol menempati Nuevo Los Carmenes. Terakhir kali timnas Spanyol menempati stadion tersebut saat berhadapan dengan Macedonia pada November 2016. Pada laga tersebut, timnas Spanyol mampu menekuk tamunya dengan skor 4-0.

4 of 6

Tak Pernah Tembus Lima Besar La Liga

ilustrasi logo la liga
Ilustrasi logo La Liga Spanyol. (dok. Google)

Granada belum pernah mencicipi gelar selama berkompetisi di La Liga. Tercatat, prestasi terbaik Granada adalah menepati posisi keenam La Liga pada musim 1971-72 dan 1973-74.

5 of 6

Enrique Porta, Peraih El Pichichi dari Granada

Enrique Porta
Pelatih Granada, Enrique Porta, saat masih aktif bermain sebagai pesepak bola. (Dok. Granada CF)

Enrique Porta adalah satu-satunya pemain Granada yang meraih trofi El Pichichi. Pemain kelahiran Zaragoza tersebut meraih gelar tersebut pada musim 1971-72. Pada musim tersebut, Enrique Porta mencetak 20 gol bagi Granada.

6 of 6

Julukan Klub

Granada CF memiliki beberapa julukan, diantaranya Nazaries, El Grana, El 5001, Matagigantes, dan Rojiblancos. Nama Nazaries adalah nama yang paling sering digunakan klub tersebut yang mewakili Dinasti Nazaries yang memerintah daerah Granada pada abad ke-13 hingga ke-15. Pada dinasti tersebut, dibangunlah suatu istana indah yang bernama Alhambra. (Bola.com/Tegar Juel)

Sumber: Berbagai Sumber

Lanjutkan Membaca ↓