Kabar Terbaru 6 Jebolan Akademi Barcelona yang Debut di Era Pep Guardiola

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 17 Nov 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 19 Nov 2019, 17:17 WIB
Gelandang Barcelona Sergio Busquets dan Pep Guardiola (beinsports)

Bola.com, Jakarta- Pep Guardiola bisa dibilang menjadi satu di antara pelatih paling sukses di Barcelona. Tim asal Catalan itu menikmati kejayaannya saat dinakhodai Pep Guardiola pada 2008 hingga 2012.

Selama kurang lebih empat musim di Barcelona, Pep Guardiola sukses mempersembahkan 14 trofi. Beberapa di antaranya merupakan gelar paling bergengsi di daratan yakni dua trofi Liga Champions dan tiga gelar La Liga.

Tak hanya itu, Pep Guardiola menjadi pelatih pertama yang mampu merengkuh enam trofi sekaligus dalam satu musim. Guardiola mengakui jika keberhasilan Barcelona mendominasi Spanyol dan Eropa tak lepas dari peranan akademi sepakbola mereka, La Masia.

Yap, La Masia memang sering melahirkan bintang-bintang hebat. Satu di antaranya ialah mega bintang El Barca saat ini, Lionel Messi. Tentunya sebuah kebanggan bagi seorang Pep Guardiola bisa meraih gelar bersama dengan pemain binaan akademi sendiri.

Namun, Lionel Messi bukanlah pemain akademi yang menjalani debut di tim senior Los Cules pada masa Pep Guardiola. Siapa saja pemain jebolan La Masia yang jalani debut di era Pep Guardiola?

Berikut Bola.com merangkum dari Give Me Sports, pemain jebolan La Masia yang menjalani debut di tim utama Barcelona saat era Pep Guardiola.

2 of 8

1. Oier Olazabal

Oier Olazabal
Oier Olazabal (google)

Oier Olazabal Paredes memulai karier sepak bola dengan bergabung bersama Barcelona youth academy saat berusia 16 tahun.

Yap, Sejak 2007 hingga tahun 2013, Oier menjadi pemain dalam Barcelona B, sedangkan pada tahun 2008 ia akhirnya memulai debutnya di tim utama Barcelona dalam pertandingan melawan AC Alcoyano dalam laga Copa del Rey yang berakhir imbang 2-2 pada 2 Januari 2008.

Kemudian pada 2017, Oier memtuskan bergabung dengan klub La Liga lainnya, Levante. Sayang, pada musim 2019-2020 ini ia harus banyak melewatkan pertandingan bersama Levante karena cedera yang dialami.

3 of 8

2. Alberto Botia

Juventus vs Olympiakos
Duel antara Paul Pogba dengan Alberto Botia di laga Juventus kontra Olympiakos. (AFP/Marco Bertolerro)

Alberto Botia mengawali kariernya di dunia sepakbola saat masih berumur 8 tahun. Kala itu, ia bermain untuk CD Beniel sebelum bergabung dengan Real Murcia.

Kemudian pada 2003 ia belajar di akademi Barcelona, La Masia. Kemudian pada Mei 2009, Botia menjalani debutnya di skuat utama Barcelona.

Kala itu, masuk menggantikan Gerard Pique pada babak kedua saat Barcelona ditahan imbang 1-1 oleh Deportivo de La Coruna di laga terakhir La Liga.

Setelah itu, Botia bermain untuk banyak tim seperti Sporting Gijon, Sevilla, Valencia, Olympiacos hingga Al-Hilal. Saat ini, ia masih bermain di Liga Arab Saudi bersama Al-Wehda.

4 of 8

3. Marc Muniesa

marc-muniesa-130703b.jpg
Marc Muniesa

Marc Muniesa merupakan pemain yang mempunyai perkembangan cukup cepat di akademi Barcelona, La Masia. Pada Mei 2009, Marc Muniesa sudah menjalani debut bersama skuat utama Barcelona yang saat itu masih berusia 17 tahun 53 hari.

Kemdian pada 2012, pemain berpaspor Spanyol itu mendapatkan perpanjangan kontrak bersama El Barca. Namun, satu tahun kemudian ia hengkang ke Premier League untuk bergabung dengan Stoke City.

Lima musim kemudian Marc Muniesa kembali ke La Liga untuk bergabung dengan Girona. Saat ini, pemain berusia 27 tahun itu bermain di Liga Qatar bersama Al-Arabi.

5 of 8

4. Victor Sanchez

Espanyol, Barcelona, La Liga
Pemain FC Barcelona, Andres Iniesta (kanan) mencoba melewati adangan pemain Espanyol, Victor Sanchez pada lanjutan La Liga santander di RCDE stadium, Cornella Llobregat, Spanyol, (4/2/2018). Espanyol dan Barcelona bermain imbang 1-1. (AP/Manu Fernandez)

Victor Sanchez sudah promosi ke tim utama Barcelona pada 2009. Di tim senior El Barca, ia bermain sebanyak delapan kali.

Pada 2011, Victor Sanchez bergabung dengan klub asal Swiss, Neuchatel Xamax. Satu musim kemudian Victor Sanchez kembali ke La Liga dan bergabung dengan Espanyol hingga saat ini.

6 of 8

5. Xavi Torres

xavi_torres_130417a.jpg
Xavi Torres

Xavi Torres mulai menimba ilmu di akademi Barcelona sejak 2007. Saat itu, ia beberapa kali diberikan kesempatan bermain di skuat utama Barcelona.

Namun, pada 2009 Xavi Torres memilih hengkang ke Malaga. Selain Malaga, banyak klub yang pernah dibela Xavi Torres, yakni Levante, Getafe, Real Betis, Sporting Gijon, Perth Glory hingga Elche.

Saat ini, pemain berusia 32 tahun itu bermain bersama Marc Muniesa di Al-Arabi.

7 of 8

6. Thiago Alcantara

thiago-alcantara-130517c.jpg
Thiago Alcantara

Di antara lima pemain di atas, mungkin nama Thiago Alcantara bisa dibilang yang paling banyak dikenal para pencinta sepak bola. Thiago Alcantara merupakan playmaker yang serba bisa.

Namun, ia gagal bersaing dengan pemain lainnya di lini tengah Barcelona. Kondisi tersebut membuat ia dijual pada 2013 ke Bayern Munchen.

Hingga saat ini, Thiago Alcantara masih membela Die Rotten.

8 of 8

Dua Pemain lain

Gerrard Pique dan Sergio Busquets
Gerrard Pique dan Sergio Busquets setelah kekalahan 0-4 dari Liverpool dalam laga leg kedua semifinal Liga Champions di Anfield (8/5/2019). (AFP/Oli Scarff)

Dua jebolan akademi Barcelona yang menjalani debut di era Pep Guardiola ialah Gerard Pique dan Sergio Busquets. Saat ini, kedua pemain masih berseragam Los Cules.

Guardiola memutuskan untuk membawa pulang Pique ke Barcelona dari Manchester United. Berstatus pemain baru ia langsung nyetel dengan Carles Puyol di lini belakang.

Sedangakan Busquets, saat ini masih kerap menjadi pilihan utama Ernesto Valverde di lini tengah.

 

Sumber: Give Me Sports

Lanjutkan Membaca ↓