Sukses


Ronald Koeman Dianggap Cocok Tangani Barcelona

Bola.com, Barcelona - Direktur Olahraga Barcelona, Eric Abidal, menyebut Ronald Koeman memenuhi kriteria untuk duduk di kursi pelatih Los Cules. Meski begitu, Abidal menghormati Ernesto Valverde yang saat ini menangani El Barca.

Koeman menghabiskan enam tahun di Barcelona sebagai pemain, sebelum akhirnya menjadi asisten Louis van Gaal dari 1998 hingga 2000. Dalam beberapa pekan terakhir, dia santer disebut akan kembali ke Barca.

Hal tersebut tak lepas dari keberhasilan Ronald Koeman mendongkrak performa Timnas Belanda. Menangani Belanda pada Februari 2018, pelatih 56 tahun tersebut berhasil membawa timnya ke final UEFA Nations League 2018-2019 dan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Meski begitu, Koeman tak bisa menangani Barcelona dalam waktu dekat. Pasalnya, dia memiliki klausul khusus dalam kontraknya, yakni dapat menangani Blaugrana setelah Piala Eropa 2020.

Situasi tersebut membuat Ernesto Valverde semakin berada di bawah tekanan. Valverde santer disebut berada diambang pemecatan setelah Tim Catalan tampil kurang meyakinkan.

Pada musim lalu, Lionel Messi dkk. hanya meraih trofi La Liga. Mereka kalah 1-2 dari Valencia pada partai final Copa del Rey, sedangkan di Liga Champions kalah agregat 3-4 dari Liverpool pada semifinal.

Memasuki musim ini, Barcelona juga beberapa kali kesulitan memetik kemenangan. Dari 16 pertandingan yang sudah dijalani di seluruh ajang, Barca menelan tiga kekalahan, tiga hasil imbang, dan menang dalam 10 laga.

 

2 dari 2 halaman

Sosok yang Ideal

Eric Abidal menilai Ronald Koeman merupakan sosok yang ideal untuk melatih Barcelona. Selain pernah menjadi pemain, Koeman juga menerapkan taktik umpan-umpan pendek dan total football kepada setiap tim yang ditanganinya.

"Daftar pelatih potensial untuk klub ini sangat pendek. Informasi tentang klausul di kontrak Koeman secara umum telah diketahui. Tetapi, ini bukan keputusannya, melainkan klub," ucap Abidal.

"Koeman memenuhi kriteria (untuk melatih Barcelona), tetapi saya belum berbicara dengan siapa pun (tentang jabatan pelatih) karena saya sangat menghormati Ernesto Valverde," lanjutnya.

Sumber: ESPN

Video Populer

Foto Populer