Sukses


Statistik Membuktikan Real Madrid Mendominasi Barcelona di Camp Nou

Bola.com, Jakarta - Partai El Clasico jilid pertama pada musim ini berakhir tanpa pemenang. Barcelona, yang berstatus tuan rumah pada laga yang dimainkan di Camp Nou, Kamis dini hari WIB (19/12/2019), gagal menaklukkan tim rival, Real Madrid.

Pertandingan La Liga pekan ke-17 ini berakhir dengan skor 0-0.

Barcelona, yang bermain tanpa Sergio Busquets, bahkan terlihat kurang gereget sepanjang pertandingan. Lionel Messi dkk. minim peluang. Hal ini yang jadi sorotan, mengingat mereka tampil di depan puluhan ribu pendukung fanatik.

Sebaliknya, Real Madrid justru lebih mendominasi. Pasukan asuhan pelatih Zinedine Zidane itu tercatat lebih lama menghabiskan waktu di area pertahanan Barcelona. 

Hanya, seperti disampaikan Zidane, Gareth Bale dkk. gagal mengoversikan sejumlah peluang menjadi gol lantaran kurangnya sentuhan penyelesaian akhir.

Melihat dari statistik, Real Madrid memang pantas jika dinilai lebih mengontrol jalannya pertandingan El Clasico kali ini.

Kendati, dari sisi penguasaan bola, Barcelona unggul dari Real Madrid. Blaugrana mencatatkan 52,3 persen dan Los Blancos 47,7 persen.

Untuk lebih jelasnya, berikut deretan statistik tersebut, yang dikutip Bola.com dari Marca:

2 dari 2 halaman

Statistik Barcelona Vs Real Madrid

- Real Madrid melepas tembakan dua kali lebih banyak dari Barcelona (11 tembakan, empat di antaranya mengarah ke gawang, dibandingkan lima milik Barcelona, dengan hanya dua di antaranya mengarah ke sasaran)

- Los Blancos tercatat mempunyai sepak pojok tiga kali lebih banyak dari Blaugrana (enam dibandingkan dua milik Barcelona)

- Permainan lebih sering terjadi di area Barcelona (lebih dari 60 persen dalam 90 menit pertandingan)

- Real Madrid mampu mencatatkan umpan silang ke arah kotak penalti lawan, tiga kali lebih banyak ketimbang tuan rumah (32 kali berbanding delapan yang dibukukan Barcelona)

- Real Madrid memiliki persentase operan lebih bagus (88.3 operan sukses ketimbang 87,2 persen milik Barcelona)

- Tim tamu memiliki catatan pemulihan penguasaan (ball recovery) lebih baik dibandingkan tuan rumah (55 berbanding 51 milik Barcelona)

Sumber: Marca

Video Populer

Foto Populer