Barcelona Memburu Bintang Berusia 20 Tahun Asal Belanda

Oleh Nurfahmi Budi pada 28 Des 2019, 17:40 WIB
Diperbarui 28 Des 2019, 17:40 WIB
Logo dan ilustrasi Barcelona

Bola.com, Jakarta - Barcelona mulai bergerak mengincar pemain meski bursa transfer musim dingin 2020 belum dibuka. Raksasa La Liga Spanyol tersebut tengah mendekati PSV Eindhoven, agar melepas aset mereka, Donyell Malen.

Diario Sports menulis, Barcelona kepincut dengan permainan menawan bomber Timnas Belanda berusia 20 tahun tersebut. Sepanjang musim ini, ia sudah mencetak 11 dari 14 pertandingan. Artinya, sifat lapar di area penalti lawan tergolong efektif.

Nama Donyell Malen mulai mencuat musim lalu di Eredivisie. Latarnya tak lain kemampuannya dalam mengobrak-abrik lini pertahanan lawan. Meski hanya 10 gol pada 2018-2019, namun konsistensi bermain membuat performa terus meningkat.

Sebelum jatuh ke pelukan PSV Eindhoven, Donyell Malen adalah produk akademi junior Ajax Amsterdam. Ia dilego ke tim muda Arsenal, dan sempat bersinar di liga domestik maupun kompetisi Eropa.

Sayang, penampilan bagus tersebut tak membuat Arsenal ingin mengontrak Donyell Malen secara profesional. The Gunners justru melepas Donyell Malen ke PSV, yang membuat banyak fans Arsenal marah besar karena dianggap melepas talenta bermasa depan cerah.

Kekhawatiran fans Arsenal terbukti di Belanda. Donyell Malen muncul sebagai satu di antara bomber ganas di Eredivisie. Total, ia menyumbang 17 gol bagi PSV. Momen yang membuatnya menjadi bahan perbincangan orang adalah ketika mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

 

2 dari 2 halaman

Lima Gol

logo barcelona
Logo Barcelona dalam ukuran besar jelang final Liga Champions antara Barcelona melawan Juventus di Berlin, 6 Juni 2015. (AFP/Kay Nietfeld)

Peristiwa itu terjadi ketika PSV menang 5-0 atas Vitesse pada medio September 2019. Dalam daftar top skorer Liga Belanda musim ini, koleksi golnya sejajar dengan beberapa nama besar seperti Myron Boadu (AZ Alkmaar), Steven Berghuis (Feyenoord) dan Bryan Linssen (Vitesse).

Ia hanya terpaut satu gol dari sang pemuncak pencetak gol, yakni Cyriel Dessers dari Heracles Almelo. Barcelona membutuhkan sepak terjang Donyell Malen guna menggantikan peran Luis Suarez.

Sumber : Diario Sport

 

Lanjutkan Membaca ↓