Luis Suarez Absen dari Barcelona Selama 4 Bulan

Oleh Aning Jati pada 13 Jan 2020, 06:30 WIB
Diperbarui 13 Jan 2020, 06:30 WIB
Luis Suarez

Bola.com, Jakarta - Luis Suarez telah menjalani operasi di bagian lututnya di Catalunya pada Minggu waktu setempat (12/1/2020). Striker Barcelona itu berada di bawah pengawasan Dr. Ramon Cugat. Pada Minggu malam WIB atau setelah operasi dilakukan, Barcelona merilis pernyataan resmi: Suarez absen sekitar empat bulan.

Dengan begitu, Suarez bakal menepi dari lapangan hijau hingga Mei 2020. Bisa jadi, striker asal Uruguay itu bakal absen hingga La Liga musim ini berakhir.

Pasalnya, sesuai jadwal, La Liga 2019-2020 bakal tuntas digulirkan pada akhir Mei. Mengacu pada jadwal yang sudah dirilis, Barcelona akan menutup La Liga musim ini dengaan menjalani laga tandang ke markas Deportivo Alaves, 24 Mei 2020.

Kepastian ini tentu jadi pukulan buat Barcelona. Kendati masih berada di puncak klasemen sementara La Liga 2019-2020, Blaugrana sedang tidak dalam performa terbaik. 

Mereka baru saja gagal tampil di final Piala Super Spanyol setelah kalah 2-3 dari Atletico Madrid (10/1/2020). Posisi Blaugrana sebagai pemuncak klasemen juga rawan tergusur pesaing abadi, Real Madrid, yang sama-sama mengoleksi poin 40 dari 19 pertandingan, namun Los Blancos kalah selisih gol.

Sebelum absen panjang, Suarez sudah tampil dalam 23 pertandingan sepanjang musim ini di berbagai ajang. Ia mencetak 14 gol, dengan perincian, 11 gol dilesakkan di La Liga dan tiga gol di Liga Champions.

Barcelona mengungkap, Suarez merupakan kolektor assist terbanyak di La Liga musim ini dengan total tujuh assist.

Luis Suarez mengalami cedera parah saat turun menghadapi Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol yang dimainkan di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah (10/1/2020).

2 dari 2 halaman

Buru Pengganti?

Barcelona Vs Eibar
Striker Barcelona, Luis Suarez, melakukan selebrasi usai membobol gawang Eibar pada laga La Liga 2019 di Stadion Ipurua, Sabtu (19/10). Barcelona menang 3-0 atas Eibar. (AP/Alvaro Barrientos)

Seiring cedera yang dialami Suarez, Barcelona terpaksa mengubah rencana. Manajemen dikabarkan mulai memburu pemain untuk menggantikan posisi striker berusia 32 tahun tersebut pada bursa transfer musim dingin Januari ini.

Padahal, sebelumnya Los Cules memastikan tidak akan belanja pemain pada bursa transfer kali ini.

Marca menulis, pada pekan ini manajemen klub akan mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan apakah mereka membutuhkan striker baru.

Dengan absennya Suarez, saat ini Barcelona hanya punya dua penyerang, yakni Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Meski youngster seperti Ansu Fati dan Carles Perez juga bisa saja diandalkan.

Sumber: Barcelona, Marca

Lanjutkan Membaca ↓