Faktor Pendorong Kebangkitan Real Madrid di La Liga

Oleh Liputan6.com pada 29 Jan 2020, 22:00 WIB
Diperbarui 29 Jan 2020, 22:00 WIB
Real Madrid

Jakarta - Real Madrid sepertinya sangat berambisi mengejar trofi La Liga musim ini. Skuat asuhan Zinedine Zidane ini berhasil menduduki puncak klasemen sementara usai mengalahkan Real Valladolid 1-0, Senin lalu (27/1/2020).

Kemenangan ini begitu penting, Real Madrid harus bisa memanfaatkan kesempatan usai Barcelona takluk 0-2 dari Valencia sehari sebelumnya. Tentu, pertandingan seperti ini bisa membuat para pemain tertekan.

Madrid jelas kesulitan, tapi gol semata wayang Nacho di menit ke-78 membuktikan betapa ketatnya pertandingan itu. Usai mencetak gol, Nacho berlari menuju bangku cadangan untuk memeluk sang pelatih.

Pelukan Nacho ini ternyata begitu berarti bagi para pemain Real Madrid. Ini juga membuktikan hubungan spesial yang dibangun Zidane dengan pemain-pemainnya. Nacho bukan pemain inti, tapi kesempatan yang diberikan Zidane sungguh berarti baginya.

2 dari 4 halaman

Arti Pelukan Nacho

Nacho
Nacho mencetak gol kemenangan Real Madrid (AFP)

"Pelukan Nacho dengan Zidane merupakan pelukan dari seluruh tim," ujar sang kapten, Sergio Ramos.

"Kami memimpin, tapi kami tahu jalan masih panjang dan bakal ada banyak pertandingan sulit."

Masih teringat jelas bagaimana Madrid melangkah terseok-seok awal musim ini. Nasib mereka benar-benar berubah usai takluk 0-1 di kandang Real Mallorca pada akhir Oktober 2019 lalu.

Sejak saat itu, Madrid terus memenangi pertandingan sulit, melaju kencang, sampai menjuarai Supercopa de Espana. Lonjakan performa inilah yang merupakan bukti kualitas Madrid.

Ucapan Ramos di atas membuktikan kekompakan tim, semuanya bersatu di bawah Zidane. Lalu, gol Nacho membuktikan komitmen setiap pemain, bahkan pemain yang lebih sering menghabiskan waktu di bangku cadangan.

Ramos pun memegang peran kunci dalam kebangkitan Madrid ini. Dia memimpin pertahanan tangguh yang hanya kebobolan 13 gol dari 21 pertandingan.

3 dari 4 halaman

Poin Penting

Real Madrid Penuh Canda di Sesi Latihan Terbuka
Pemain Real Madrid, Sergio Ramos, Nacho Fernandez, pemain Lucas Vazquez dan Dani Carvajal menghadiri sesi latihan terbuka untuk umum di fasilitas latihan Ciudad Real Madrid, Valdebebas, Senin (30/12/2019). Real Madrid akan menghadapi Getafe pada pertandingan La Liga di laga pembuka tahun 2020. (OSCA

Ucapan Ramos didukung oleh salah satu petinggi Los Blancos, Emilio Butragueno. Menurutnya, kemenangan tersebut begitu penting dan merupakan hasil dari kekompakan tim.

"Ini tiga poin yang sangat penting. Tim sedang melaju apik, solid, meyakinkan, dan kami harus memanfaatkan momen ini," ungkap Butragueno.

"Yang penting adalah tim dan saya setuju dengan Ramos. Tim kami sangat menyatu, mereka membantu satu sama lain dan mereka semua menyadari tugas-tugasnya."

"Tujuannya adalah kemenangan, tidak penting siapa yang mencetak gol," tandasnya.

 

Sumber asli: Marca

Disadur dari: Bola.net/Liputan6.com (Richard Andreas/Achmad Yani, Published 29/1/2020)

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓