Sukses


Reaksi Quique Setien dengan Krisis di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Pelatih Barcelona, Quique Setien, mengajak skuatnya untuk tetap tenang menyikapi kondisi terkini. Barcelona boleh dibilang "mendadak" dilanda krisis menyusul pertikaian sang megabintang, Lionel Messi, dengan Direktur Olahraga, Eric Abidal.

Presiden Klub Barcelona, Josep Maria Bartomeu, sampai mempersingkat perjalanan bisnisnya di Brussel, dan pulang ke Barcelona untuk menggelar rapat mendadak dengan mengundang seluruh jajaran direksi, termasuk Abidal.

Setien mencoba mendinginkan suasana sesuai kapasitasnya sebagai pelatih kepala. As menulis, sesi latihan pada Rabu (5/2/2020), terlihat lebih santai dengan atmosfer kondusif.

Pemain tertawa-tawa, meski datang ke lapangan dengan ekspresi serius.

Saat ini Barcelona sedang bersiap menghadapi Athletic Bilbao dalam laga tandang perempat final Copa del Rey, Jumat dini hari WIB (7/2/2020).

Ketika menggelar sesi konferensi pers jelang pertandingan itu, atensi kalangan media justru lebih terarah ke krisis dadakan Barcelona yang melibatkan Messi versus Abidal tersebut.

Mau tak mau, Setien ikut angkat bicara.

"Hal-hal yang Anda (jurnalis) sebutkan cukup signifikan, tapi itu tidak memengaruhi saya dan saya akan berusaha memastikan hal itu memengaruhi pemain sesedikit mungkin. Kami berbicara tentang masalah itu (Messi vs Abidal) selama satu menit. Kami harus fokus pada permainan; itulah perhatian utama kami. Saya tertarik dengan sepak bola; segala sesuatu di luar itu adalah sesuatu yang tidak bisa saya kendalikan," tutur Setien di hadapan awak media.

Ini situasi yang memengaruhi Anda (media), tapi bukan saya. Saya fokus pada sepak bola. Yang membuat saya tertarik adalah memberi pemain saya apa yang mereka butuhkan untuk menang. Ada masalah di setiap klub di dunia. Ada hal-hal yang tidak bisa saya kendalikan. Bicara saja dengan saya tentang sepak bola; sisanya tidak menarik minat saya. Sisanya tidak membantu saya dalam pekerjaan saya," imbuh pelatih yang membesut Barcelona sejak medio Januari lalu itu.

2 dari 2 halaman

Netral

Akibat mengkritik pemainnya, kini Eric Abidal disebut berada di ujung tanduk. Kariernya di jajaran manajemen klub Barcelona bisa saja tinggal menghitung waktu. Apalagi, ini melibatkan Lionel Messi.

Selama ini Messi dikenal jarang bereaksi dengan kritikan, apalagi yang datang dari internal klub. 

Di sisi lain, aksi "serangan balasan" Messi terhadap Abidal dikabarkan mendapat dukungan penuh dari rekan satu timnya, termasuk pemain-pemain asal Prancis yang dikenal dekat dengan Abidal sebagai sesama kolega.

Sementara Setien mencoba bersikap netral.

"Messi punya pengalaman dan pengetahuan untuk memutuskan apa yang dilakukannya. Saya tak akan memberitahu Messi bagaimana dia harus menjalani hidupnya, atau siapa pun, untuk persoalan apa pun. Tugas saya adalah untuk membuat pemain datang bekerja dengan gembira. Sisanya, tak bergantung pada saya," ucap suksesor Ernesto Valverde itu.

Sumber: As

Video Populer

Foto Populer