Tersingkir dari Copa del Rey, Real Madrid dan Barcelona Ulangi Catatan 65 Tahun Lalu

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 07 Feb 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 07 Feb 2020, 16:45 WIB
Real Madrid Vs Barcelona
Striker Barcelona, Lionel Messi, bersitegang dengan bek Real Madrid, Sergio Ramos, pada laga La Liga di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu (2/3). Real Madrid takluk 0-1 dari Barcelona. (AP/Manu Fernandez)

Bola.com, Jakarta - Real Madrid dan Barcelona sama-sama gagal melaju ke semifinal Copa del Rey 2019-2020. Kedua klub secara mengejutkan kalah dari lawan-lawannya di babak perempat final Copa del Rey Jumat (7/2/2020) dini hari WIB.

Bermain di Santiago Barnabeu, El Real harus takluk dengan skor 3-4 dari Real Sociedad. Bahkan, Real Madrid harus tertinggal 0-3 terlebih dulu sebelum mengakhiri laga menjadi 3-4 untuk keunggulan tim tamu.

Empat gol Real Sociedad dilesakkan Martin Odegaard pada menit ke-22, Alexander Isak pada menit ke-54 dan 56', dan Mikel Merino pada menit ke-69'. Sedangkan gol balasan Real Madrid dicetak Marcelo pada menit ke-59, Rodrygo pada menit ke-81 dan Nacho pada menit ke-90'+3.

Kekalahan tersebut membuat Real Madrid gagal mengejar tiga gelar musim ini. Nasib, serupa pun dialami Lionel Messi dkk. pada babak perempat final Copa del Rey 2019-2020.

Melawat ke kandang Atletic Bilbao, Stadion San Memes, Barcelona harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor tipis 1-0.

Satu-satunya gol pada laga tersebut dicatatkan Inaki Williams pada menit ke-90'+3. Inaki Williams berhasil mengarahkan bola ke sudut kiri gawang El Barca yang tak bisa dijangkau Marc-Andre Ter Stegen.

Kekalahan dari Atletic Bilbao membuat Barcelona mengikuti langkah Real Madrid, yakni tersingkir dari pentas Copa del Rey. Hasil minor yang diperoleh El Real dan El Barca di ajang Copa del Rey sekaligus mengulangi catatan buruk 65 tahun lalu.

Dilansir dari Twitter Opta Jose, kali terakhir Barcelona dan Real Madrid sama-sama tersingkir dari ajang Copa del Rey adalah pada 29 Mei 1955.

 

2 dari 2 halaman

Tersingkir di Semifinal

Kala itu, El Real disingkirkan Sevilla, sedangkan Barcelona harus dihentikan oleh Athletic Bilbao. Namun, 65 tahun lalu Barcelona dan Real Madrid tersingkir di semifinal.

Dengan kegagalan di ajang Copa del Rey 2019-2020, Barcelona dan Real Madrid fokus dalam perburuan gelar La Liga. Saat ini, El Real masih menjadi pemuncak klasemen sementara dengan 49 poin.

Skuat asuhan Zinedine Zidane unggul tiga angka atas Barcelona yang berada di urutan kedua klasemen La Liga. Dengan selisih poin yang tidak terpaut jauh, tentunya akan membuat rivalitas keduanya untuk meraih gelar juara akan berlangsung sengit hingga akhir kompetisi.

Selain perburuan trofi La Liga, Barcelona dan Real Madrid masih berpeluang merengkuh gelar Liga Champions. Pada babak 16 besar, El Real akan menghadapi juara Premier League musim lalu, Manchester City.

Sedangkan, skuat asuhan Quique Setien akan bersua wakil Italia, Napoli. Patut dinanti kiprah kedua klub besar tersebut tentunya, baik di La Liga atau Liga Champions.

 

Sumber: Sportskeeda, Twitter.

Lanjutkan Membaca ↓