Hanya 2 Pemain Barcelona yang Bebas Cedera Musim Ini, Sisanya Rapuh

Oleh Aning Jati pada 17 Mar 2020, 11:50 WIB
Diperbarui 17 Mar 2020, 11:50 WIB
Antoine Griezmann

Bola.com, Jakarta - Saat ini Barcelona memang berada di puncak klasemen sementara La Liga 2019-2020. Namun, sepanjang musim ini, penampilan Lionel Messi dkk. tak cukup meyakinkan sebagai sebuah tim raksasa.

Dalam beberapa pekan sebelum La Liga dihentikan sementara akibat virus Corona, Barcelona terlibat persaingan sengit dengan rival abadi, Real Madrid.

Blaugrana bahkan beberapa pekan harus lengser dari singgasana, memberi tempat pada Los Merengues.

Hingga pertandingan ke-27, Barcelona sudah menelan lima kekalahan. Lebih banyak ketimbang Real Madrid.

Sepanjang musim, pemberitaan tentang Barcelona juga lebih mencuat dari sisi di luar lapangan, seperti pemecatan pelatih Ernesto Valverde hingga perseteruan sang megabintang, Lionel Messi, dengan Direktur Olahraga, Eric Abidal.

Di Liga Champions musim ini, tim besutan Quique Setien ini juga belum aman karena ditahan 1-1 oleh Napoli pada leg pertama babak 16 besar.

Tak sedikit yang menilai, Barcelona mengalami penurunan permainan. Ada yang menyebut, hal itu ditengarai seiring penurunan performa Lionel Messi.

Namun, ada fakta lain yang mungkin bisa jadi penyebab Barcelona musim ini tak terlihat garang. Itu adalah cedera pemain.

As menulis, sepanjang musim ini hanya dua pemain saja yang bisa benar-benar dikatakan bebas cedera, fit, dan bisa dimainkan setiap saat. Sisanya, keluar masuk meja perawatan. Bahkan, ada yang hingga tiga kali.

Dua pemain itu adalah rekrutan Barcelona pada musim panas tahun lalu, Antoine Griezmann dan Frenkie De Jong. 

2 dari 2 halaman

Pemain Muda Juga Cedera

Frenkie de Jong
Frenkie de Jong. (AFP/Josep Lago)

Griezmann sempat mengalami cedera pergelangan kaki pada pramusim. Namun, ia sudah fit saat memasuki musim baru. 

Keduanya selalu bisa masuk skuad dalam setiap pertandingan. Namun, keduanya terkadang tidak bermain atau kurang mendapat menit bermain, yang lebih disebabkan alasan teknis alias strategi pelatih semata.

Sepanjang musim ini Barcelona harus terus berurusan dengan cedera pemain. Total, ada 16 pemain yang harus absen dengan alasan cedera atau sakit. 

Bahkan ada pula yang mengalami cedera serius, seperti Ousmane Dembele, yang harus menepi hingga musim 2019-2020 berakhir.

Luis Suarez dan Neto juga harus naik meja operasi untuk menyembuhkan cedera yang dialami.

Yang lain, tidak membutuhkan operasi, namun terpaksa harus absen dalam beberapa pertandingan, semisal Lionel Messi, Athur Melo, hingga Jordi Alba.

Marc Andre Ter Stegen, Sergio Busquets, Ivan Rakitic, juga bermasalah dengan cedera sepanjang musim ini.

Tak hanya pemain senior, bahkan pemain muda semacam Ansu Fati juga harus menghadapi cedera tendon di lutut kanannya, yang memaksanya absen dalam beberapa pertandingan.

Sumber: As

Lanjutkan Membaca ↓
7 Stadion La Liga Dengan Penonton Terbanyak, Suporter Barcelona Kalahkan Real Madrid