Sukses


Barcelona dan Dilema Pemain Kunci yang Menua

Bola.com, Barcelona - Barcelona masih digdaya dengan menguasai puncak klasemen La Liga 2020. Sebelum kompetisi dihentikan sementara karena pandemi virus corona, El Barca unggul dua poin atas Real Madrid yang menempati peringkat kedua. 

Namun, Barcelona punya masalah. Para serdadu Barcelona sudah menua. Para pemain kunci Barcelona sudah berusia di atas 30 tahun.

Barcelona sempat dalam krisis pada musim 2019-2020. Krisis itu lantas berdampak pada pergantian pelatih. Ernesto Valverde dipecat dan digantikan Quique Setien.

Barcelona berada di momen buruk saat gagal total di Piala Super Spanyol. Lalu, ada juga momen buruk saat mereka menelan kekalahan dari klub seperti Granada dan Levante di pentas La Liga.

Klub asal Catalan itu kemudian juga kalah dari Real Madrid, musuh bebuyutan klub. Namun, hingga pekan ke-27, saat La Liga ditangguhkan karena virus corona, Barcelona berada di puncak klasemen dengan 58 poin.

Jurnalis Marca, Carlos Gonzalez, punya pandangan menarik terkait skuad Barcelona musim 2019-2020. Di balik performa di lapangan yang tetap kompetitif, Barcelona kini dihuni para serdadu setia tetapi sudah mulai menua.

Lionel Messi akan berusia 33 tahun pada Juni 2020. Luis Suarez kini juga sudah 33 tahun. Lalu, ada Sergio Busquets (32 tahun pada Juli), dan Gerard Pique yang sudah memasuki usia 33 tahun. Mereka adalah pilar kunci Barcelona.

"Mereka mulai berada di tahun-tahun terakhir sebagai pemain," tulis Carlos Gonzalez, Sabtu (21/3/2020). 

"Keempat pemain itu sulit digantikan, lihat saja masalah yang dihadapi Barcelona dalam menemukan duet ideal bagi Gerard Pique di pertahanan," sambung Carlos Gonzalez.

Gerard Pique masih menjadi andalan di posisi bek tengah. Sedangkan Samuel Umtiti dan Clement Lenglet harus bergantian menjadi rekan duetnya. Satu lagi, Barcelona juga kelabakan saat Luis Suarez mengalami cedera.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Mencari Pengganti Messi

Barcelona juga kesulitan mencari pengganti Sergio Busquets. Frenkie de Jong belum juga dianggap bisa bermian di level yang sama dengan Busquets. Barcelona terus dikaitkan dengan nama gelandang lain sebagai penggantinya.

Selain itu, menurut Carlos Gonzalez, pertanyaan paling besar untuk Barcelona adalah siapa pengganti Lionel Messi? Harus diakui ketergantungan Barcelona pada Lionel Messi sudah sangat akut dan bakal sulit diganti pemain lain.

"Menggantikan Messi yang akan menjadi masalah, secara logis. Anda tidak akan menemukan pemain lain seperti dia tetapi, secara realistis, Neymar mungkin adalah yang terbaik berikutnya," kata Carlos Gonzalez.

Sumber: Marca

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published: 21/3/2020)

Video Populer

Foto Populer