Berkat Setien, Riqui Puig Punya Jejak Tiru Xavi Hernandez di Barcelona

Oleh Nurfahmi Budi pada 23 Mar 2020, 14:28 WIB
Diperbarui 23 Mar 2020, 14:28 WIB
Riqui Puig

Bola.com, Jakarta - Barcelona dianggap tepat memilih Quique Setien sebagai pelatih kepala. Satu di antara penguat pendapat tersebut adalah keberadaan beberapa pemain muda yang mulai mendapat kesempatan bermain.

Pendapat tersebut telontar dari Sport.es, yang menyatakan Quique Setien punya potensi membangun Barcelona dari para pemain La Masia. Seperti diketahui, La Masia adalah akademi sepak bola Barcelona yang telah memberikan banyak prestasi bagi raksasa Spanyol tersebut.

Kini, setelah era Xavi Hernandez, Andres Iniesta dkk, Barcelona tak terlalu banyak mendapatkan alumni La Masia yang naik kelas. Dua nama yang mampu mencuri perhatian adalah Ansu Fati dan Riqui Puig.

Nama terakhir menjadi pembahasan tersendiri di beberapa media yang terafiliasi dengan Barcelona. Sport.es menyebut, Puig sudah berada di jalan yang tepat guna mengikuti jejak sang senior, Xavi Hernandez.

Sementara itu, El Mundo Deportivo menganggap kualitas Puig tinggal menunggu waktu agar bisa menjadi komando bagi Barcelona. Kehadiran Quique Setien bisa menjadi jalan yang benar.

 

2 dari 3 halaman

Talenta Puig

Riqui Puig
Riqui Puig, gelandang muda Barcelona yang memukau di pramusim ICC (AP Photo/Mark J. Terrill)

Talenta Riqui Puig sudah tergambar dalam beberapa kesempatan, terutama di tim Barcelona B. Ia dianggap sebagai perwujudan Xavi. Bentuk fisik Riqui Puig yang mirip dengan Sang Jenderal, dianggap sebagai permulaan.

Namun, Sport.es meyakini, corak permainan pemuda berusia 20 tahun tersebut memiliki ciri khusus. Ia berlatar talenta alami, punya visi bagus dan sikap personal yang tak cepat puas namun rendah hati.

Komposisi tersebut membuat publik menganggap Riqui Puig punya DNA Barcelona. Terkait hal itu, pemilik nama Ricard 'Riqui' Puig Marti ini memang sudah 'dekat' dengan Xavi. Puig lahir di Matadepera, kota yang bersebelahan dengan Terrasa, tempat lahir Xavi.

Pada usia 14 tahun, Riqui Puig menjadi bagian dari Akademi La Masia. Ia melakoni debut pada Februari 2018 bersama Barcelona. Sejak saat itu, ia mencuri perhatian, terutama ketika berlaga di kompetisi junior UEFA.

Pada UEFA Youth League musim lalu, ia mencetak tiga gol dan tiga asis ketika Barcelona meraih trofi. Riqui Puig memimpin rekan-rekannya menaklukkan Manchester City pada babak semi final dan Chelsea di laga final.

 

3 dari 3 halaman

Modal Trofi

Chelsea Vs Barcelona
Gelandang Barcelona, Riqui Puig, berusaha melewati striker Chelsea, Pedro, pada laga pramusim di Stadion Saitama, Jepang, Selasa (23/7). Chelsea menang 2-0 atas Barcelona. (AFP/Charly Triballeau)

Berkat trofi tersebut, plus permainan nyaris seperti Xavi, tim pelatih Barcelona senior mencobanya. Dia pernah dijajal Ernesto Valverde ketika Barcelona bersua Huesca dan RC Celta.

Quique Setien memberi kesempatan Puiq bermain pada pertengahan Januari lalu, ketika menggantikan peran Ivan Rakitic. Ia menjadi bagian penting ketika Lionel Messi mencetak gol kemenangan ke gawang Granada.

Kini, Quique Setien bakal menjadi sentral dari pengembangan karier Puig. Maklum, Barcelona masih memiliki sederet penggawa lini tengah yang berkualitas tinggi, seperti Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Arthur Melo, Arturo Vidal dan Ivan Rakitic.

Sumber: Sport.es, El Mundo

Lanjutkan Membaca ↓