Sukses


Ikut Berjuang Melawan Virus Corona, Eks Pemain Celta Vigo Jadi Pegawai Apotek

Barcelona - Mantan pemain Celta Vigo, Toni Dovale, ikut membantu negaranya, Spanyol, saat wabah virus Corona. Dalam situasi seperti ini, pria berusia 29 tahun tersebut mempraktikkan kemampuannya yang lain di luar bermain sepak bola.

Seperti dilansir Marca, Dovale yang musim lalu memperkuat Navy FC di Liga Thailand, kembali ke negaranya saat wabah virus Corona baru muncul di Wuhan, China pada akhir tahun lalu. Dovale pulang kampung karena kompetisi di Negeri Gajah Putih itu sudah berakhir. 

"Saya tiba di Galicia sebelum Natal, ketika musim di Thailand sudah selesai. Dan sekarang, saat kompetisi hendak bergulir kembali, semua ini terjadi," kata Dovale kepada Radio Marca.

"Pertama-tama mereka menempatkan orang-orang dari Eropa dalam karantina, lalu mereka melarang kamu masuk, sekarang sudah meledak di sini," ujar Dovale menambahkan. 

Sejak pertama kali ditemukan akhir tahun lalu, penyebaran virus Corona terus meluas ke berbagai negara. Hingga saat ini, kasusnya sudah ditemukan di lebih dari 150 negara.

Data terbaru yang diterbitkan John Hopkins University, Kamis (26/3/2020), jumlah korban virus Corona sudah mencapai 472.026 orang dengan jumlah kematian sebanyak 21.308 jiwa. 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 3 halaman

Jual Masker

Spanyol juga terpapar virus ini dengan jumlah kasus sebanyak 49.515 orang dan 3.647 kematian. Untuk menghambat penularan virus ini, pemerintah Spanyol memutuskan untuk menerapkan lockdown. Warganya diminta untuk bertahan di rumah dan sejumlah fasilitas umum ditutup.

Selain penjual bahan kebutuhan pokok, pemerintah masih mengizinkan apotek beroperasi. Dovale yang memiliki bekal ilmu kedokteran tidak menyiakan kesempatan ini. Seperti dilansir dari AS, dia kemudian memanfaatkan waktu luangnya dengan bekerja di apotek milik keluarga di Galicia.  

"Saya belajar kedokteran beberapa tahun lalu dan sedang mencari waktu magang, tapi belum sempat karena saya  di luar negeri dan ini sebuah momen baik untuk mengulurkan tangan, membantu, dan berkontribusi dengan cara apapun yang saya bisa, seperti warga lainnya," kata Dovale. 

"Saya lebih piawai menggocek bola daripada menjual masker tapi ini situasi berbeda di mana kami belum pernah lihat sebelumnya dan kita semua harus mengambil peran masing-masing," bebernya.

 

3 dari 3 halaman

Berharap Pandemi Segera Mereda

Meski menikmati profesi barunya, Dovale berharap pandemi global virus Corona bisa segera teratasi. Dengan demikian, dia bisa kembali lagi ke profesi terbaiknya, yakni sebagai pesepak bola. 

"Yang kami inginkan adalah kembali ke rutinitas dan kehidupan normal. Dalam kasus saya, bermain di Thailand. Tapi sekarang saya harus membantu di tempat lain dan saya merasa bangga akan hal itu dan saya berusaha untuk memberi kontribusi," beber jebolan akademi sepak bola Barcelona, La Masia itu. 

 

Sumbe asli: AS, Marca

Disadur dari: Liputan6.com (Marco Tampubolon, published 26/3/2020)

Video Populer

Foto Populer